limcorporation
Subscribe Newsletter

9 Rempah-rempah Populer yang Sering Ada di Makanan Khas Indonesia

Rempah-rempah merupakan salah satu kekayaan utama Indonesia yang sudah lama dikenal oleh seluruh dunia. Banyak negara yang kerap mengimpor tanaman-tanaman tersebut dari negara Indonesia.

Kini rempah-rempah Indonesia banyak dipakai untuk produk obat tradisional, farmasi, bumbu masakan, sabun, parfum dan lain-lainnya. Indonesia sendiri dikenal sebagai produsen tanaman rempah yang kualitasnya terbaik.

Baca Juga :

Salah satu ciri masakan khas Indonesia yakni banyaknya rempah-rempah yang ada didalamnya. Ingin tahu macam rempah-rempah apa saja yang sering ada dalam makanan khas Indonesia? Berikut beberapa daftarnya.

Kunyit

Kunyit atau nama ilmiahnya ialah curcuma longa, sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan seperti pepes, gulai, semur, serta yang paling terkenal yakni pada makanan nasi kuning.

Lada

Lada kerap digunakan untuk bumbu membuat sup serta berbagai olahan tumisan, yang mana bisa memberikan efek hangat pada tubuh ketika kita mengonsumsinya.

Cengkeh

Cengkeh adalah jenis rempah asli Indonesia sudah sejak dulu amat dicari oleh negara barat sebab banyak digunakan untuk bumbu masakan pedas dan juga bahan pembuatan rokok kretek.

Pala

Maluku menjadi rumah dari pala, sebab memang tanaman ini dapat tumbuh subur di Pulau Banda, Maluku. Selain sering dijadikan bumbu masakan, pala mengandung minyak atsiri yang jadi komponen campuran untuk parfum serta sabun.

Kayu Manis

Sering dipakai sebagai tambahan pada roti, kayu manis menjadi rempah Indonesia yang tergolong banyak di ekspor. Kayu manis yang punya aroma khas ini banyak dijumpai di Kabupaten Kerinci serta Kabupaten Merangin, Jambi.

Plastik sungkup merupakan plastik bening yang digunakan sebagai penutup semaian bibit atau tanaman. Cek harga terbaru plastik sungkup disini.

Kemiri

Di negara Indonesia sendiri, daerah dengan penghasil kemiri terbanyak ada di Provinsi NTT. Jenis rempah ini masih berkerabat dekat dengan singkong serta masuk dalam famili kastub-kastuban.

Wijen

Wijen banyak diolah menjadi salah satu komponen penting minyak nabati dengan cara mengekstrak bijinya. Wijen adalah bahan penting guna menghias onde-onde dan juga makanan lainnya agar nampak cantik dan punya cita rasa gurih.

Jahe

Rempah-rempah yang satu ini punya aroma khas yang sangat harum waktu dicium. Tidak hanya populer sebagai bumbu dapur, jahe pula dikenal dengan baik sebagai salah satu tanaman herbal yang berkhasiat.

Ketumbar

Banyak jenis makanan tradisional Indonesia yang sering menggunakan bumbu masak ini. Dengan memakai ketumbar, aroma makanan bakal lebih harum, lembut serta nampak nyata. 

9 Rempah-rempah Populer yang Sering Ada di Makanan Khas Indonesia 9 Rempah-rempah Populer yang Sering Ada di Makanan Khas Indonesia Reviewed by Pak Tani on September 10, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk