limcorporation
Subscribe Newsletter

6 Fakta Unik Cincau, Si Kenyal yang Biasa Dijadikan Minuman Segar

Cincau ialah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun tumbuhan tertentu dalam air. Cincau paling banyak dipakai sebagai komponen utama minuman penyegar (contohnya dalam es cincau ataupun es campur).

Baca Juga :

Tak hanya sebagai pelengkap minuman pelepas dahaga, daun cincau ternyata mempunyai fakta unik lain yang mungkin belum Anda ketahui loh. Ingin tahu apa saja fakta tersebut? Cek dibawah ini ya!

1. Cincau mempunyai warna yang bervariasi, yakni hijau serta hitam

Usut punya usut, ternyata hal ini dipengaruhi oleh jenis tumbuhan yang dipakai untuk mengolah cincau. contohnya, M. procumbens, M. chinensis, M. palustris bakal menghasilkan cincau hitam, sedangkan Cylea barbata Myers bisa dipilih kalau ingin membuat cincau hijau.

2. Asal tempat dan alasan penamaan cincau

Tanaman cincau sendiri asalnya dari Asia Tenggara, yang merupakan tanaman rambat dari famili siwar-siwaran, tanaman ini banyak ditemukan tumbuh secara liar.

Penamaan cincau berasal dari dialek Hokkian yang dituturkan oleh kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Tepatnya di kata (xiancao), yang rupanya merujuk pada nama tumbuhan, yakni Mesona spp.

3. Pohon cincau mudah untuk ditemukan, ciri-cirinya tidak sulit dikenali

Cincau merupakan tumbuhan terna yang mudah merambat ataupun menjalar panjang, panjangnya bisa mencapai 10 meter.

Batangnya lunak serta di sekeliling batangnya ada duri-duri halus, daunnya berbentuk perisai serta bagiannya rata, bergerigi, ataupun berombak.

4. Cara pengolahan cincau dari daun hingga menjadi jelly

Daun tumbuhan bahan cincau diremas-remas atau bisa dihancurkan lalu direndam di dalam air hingga rendaman tersebut terbentuk menjadi gel yang kenyal.

Selain itu, soda kue pun juga bisa ditambahkan sebagai bahan pengawet agar cincau bisa lebih tahan lama sebelum Anda konsumsi.

Cincau bisa membentuk gel karena daun cincau mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Jaga tanaman Anda dengan paranet agar terhindar dari sinar matahari langsung ataupun terpaan hujan yang bisa saja merusak tanaman. Cek harga terbaru paranet disini.

5. Tata cara penyimpanan cincau dengan benar

Saat bakal menyimpan cincau, Anda tak perlu mencucinya dengan air. Nantinya cincau malah jadi terlalu berair serta tak bakal tahan lama.

Jadi biarkan cincau disimpan dalam keadaan kering di dalam wadahnya. Jangan sampai lupa menyimpan cincau di dalam kulkas.

Soalnya, cincau yang disimpan terlalu lama bisa jadi mengkerut atau kisut. Setidaknya, cincau bisa tahan sampai 1 minggu bila disimpan di dalam kulkas.

6. Manfaat yang diperoleh setelah mengonsumsi cincau

Daun cincau mempunyai kandungan alkoloid serta isokondrodendrin. Kedua zat tersebut mampu untuk mencegah adanya kanker serta tumor ganas.

Mengonsumsi olahan cincau juga bisa membantu menghilangkan sakit perut serta membersihkan bakteri dari sistem pencernaan.

Selain diatas, manfaat lain cincau meliputi: Mengobati malaria, Mengobati kembung, Mengurangi risiko diabetes, Menjaga kesehatan mata, serta Mengobati demam. (Editor: A)

6 Fakta Unik Cincau, Si Kenyal yang Biasa Dijadikan Minuman Segar 6 Fakta Unik Cincau, Si Kenyal yang Biasa Dijadikan Minuman Segar Reviewed by Pak Tani on April 21, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk