sobat!

Bukan Sampah, Ternyata 7 Kulit Buah Ini Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Buah memang telah terbukti akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Kulit buah-buahan yang umum menjadi limbah dapur Anda, ternyata bisa bermanfaat bagi banyak hal terutama guna kesehatan.

Baca Juga :

Hal ini tak terlepas dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah yang pula dimiliki oleh kulit buah. Bahkan, ada juga beberapa buah yang nutrisi kulitnya melebihi daging buahnya. Apa saja daftar buah tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kulit Jeruk

jeruk

Di balik rasa daging buahnya yang asam manis menyegarkan, ternyata kulit buah yang satu ini pula mempunyai segudang manfaat guna kesehatan. Kulit jeruk mempunyai kandungan antioksidan yang berguna guna menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Tak cuma itu, kulit jeruk pula berkhasiat melancarkan pencernaan, mencegah sembelit serta mengatasi masalah pernafasan serta kesehatan mulut serta tenggorokan.

2. Kulit Lemon

lemon

Buah yang menyegarkan satu ini tentu mempunyai banyak manfaat guna kesehatan serta kecantikan. Namun, tahukah Anda jika kulit lemon pula menyimpan segudang manfaat guna kesehatan Anda.

Kandungan vitamin C, senyawa pektin, potassium serta antioksidan yang ada dalam kulit buah-buahan yang satu ini mempunyai manfaat guna mencegah kanker, menghilangkan racun, memperkuat tulang serta gigi, menurunkan berat serta badan serta kolesterol.

3. Kulit Kiwi

kiwi

Kulit kiwi dipercaya mengandung serat serta vitamin E yang tinggi. Kandungan serat yang ada di dalam kulit kiwi, bahkan 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan daging buahnya.

Jika Anda ingin mencoba makan kulit kiwi pastikan mencuci kulitnya hingga bersih. Selain itu, disarankan guna menghilangkan bulu-bulu halusnya dengan cara digosok dengan tisu ataupun handuk. Jika telah bersih, Anda bisa memakannya langsung dengan buahnya.

4. Kulit Nanas

nanas

Siapa sangka, di balik kulitnya yang tebal, keras, serta pula tajam nanas mempunyai kulit yang kaya akan nutrisi, loh. Seperti; enzim bromelain, vitamin C, hingga serat.

Kabarnya, mengkonsumsi kulit nanas bisa mengatasi gangguan pencernaan serta perut kembung. Selain itu, kandungan enzim bromelain yang ada di dalam kulit nanas pula bisa membantu tubuh mencerna protein, mengatasi masalah demam, asam urat, hingga radang sendi. 

Waring sayur sangat cocok untuk pengemasan panen buah dan sayur. Anda butuh waring sayur? Cek harganya dulu disini yuk!

5. Kulit Apel

apel

Tak semua orang tahu bahwa khasiat kesehatan pada buah apel terletak pada kulitnya. Sebab kulit apel mengandung beberapa zat baik untuk tubuh diantaranya yaitu quercetin, antioksidan, asam folat, kalsium serta flavonoid.

Kulit buah-buahan yang satu ini mempunyai khasiat guna melindungi serangan kanker, kesehatan jantung serta pencernaan, mengatasi anemia, kesehatan tulang serta gigi, kesehatan mata, masalah pernapasan serta khasiat kesehatan lainnya.

6. Kulit Mangga

mangga

Buah mangga ialah salah satu buah yang mempunyai banyak penggemar. Dengan rasa daging buahnya yang terkadang asam serta manis, kulit buah-buahan yang satu ini pula menyimpan banyak manfaat guna kesehatan.

Kulit mangga mempunyai banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin C serta vitamin E. Sebab kandungannya itulah, kulit mangga mempunyai manfaat guna meremajakan kulit, melancarkan peredaran darah, diabetes, serta obat cacing.

7. Kulit Pisang

pisang

Ekstrak kulit pisang ternyata bisa mengatasi depresi, serta membantu memproduksi hormon yang bisa mengatasi stres. Selain itu, kandungan lutein pula bisa menurunkan risiko katarak.

Lantas, bagaimana cara untuk mengolahnya? Cukup rebus kulit pisang dalam air mendidih sekitar 10 menit. Sesudah itu, saring hingga air bersih dan minum air rebusannya. (Editor: A)

Bukan Sampah, Ternyata 7 Kulit Buah Ini Punya Manfaat Bagi Kesehatan Bukan Sampah, Ternyata 7 Kulit Buah Ini Punya Manfaat Bagi Kesehatan Reviewed by Pak Tani on Maret 09, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

NOTICE

dari telah membeli
Rating Pembeli :