sobat!

Jangan Dibuang, Ternyata Ini 9 Manfaat yang Ada Pada Jantung Pisang


Penduduk di Asia Tenggara serta Asia Selatan terbiasa memakai jantung pisang sebagai sayuran. Ada yang menjadikannya bahan utama lodeh, abon, kari, serta hidangan lezat lainnya.

Untuk kamu yang vegetarian, jantung pisang dapat dijadikan pengganti daging sebab rasanya serta teskturnya punya kemiripan. Penelitian menemukan banyaknya potensi manfaat jantung pisang guna kesehatan.

Baca Juga :

Jantung pisang termasuk bahan makanan yang kaya nutrisi seperti kalsium, serat, tembaga, kalium, magnesium, zat besi, serta vitamin E. Penasaran manfaat lain dari jantung pisang? Cek dibawah ya.

1. Bantu Redakan Infeksi Bakteri
Jantung pisang pula disebut dapat membantu meredakan infeksi bakteri. Sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan jika ekstrak jantung pisang dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bacillus subtilis, Bacillus cereus, serta Escherichia coli, dengan alami.

2. Makanan yang Baik untuk Diet
Jantung pisang hanya mengandung sedikit kalori, karbohidrat, maupun protein di dalamnya. Namun, makanan ini tinggi serat, sehingga bakal membuat kamu kenyang lebih lama. Faktor-faktor tersebutlah yang membuatnya baik sebagai asupan bagi kamu yang sedang diet.

3. Tinggi Kandungan Antioksidan
Kandungan vitamin, flavonoid, serta protein yang dipunyai jantung pisang, membuatnya mepunyai efek antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terdapat pada ekstrak jantung pisang, dipercaya dapat menstabilkan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung serta kanker.

4. Baik untuk Penderita Diabetes
Manfaat jantung pisang yang satu ini dapat didapatkan dari pengolahan ekstraknya. Mengonsumsi ekstrak jantung pisang dengan rutin selama 30 hari dalam jumlah tertentu, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
Ingin panen pisang jadi lebih mudah? Kemas saja dengan Waring Sayur, cek harganya disini!
5. Bantu Kurangi Perdarahan Saat Haid
Perempuan yang mengalami perdarahan cukup banyak saat haid, mengonsumsi jantung pisang yang sudah dimasak bersama dengan 250 ml yogurt dinilai dapat mengatasinya.
Sebab, kombinasi kedua makanan tersebut dapat meningkatkan produksi hormon progesteron, yang dapat membantu meredakan perdarahan berlebihan saat haid.

6. Meredakan Gejala Menstruasi
Mengonsumsi jantung pisang yang dikukus dengan yogurt serta kelapa parut, dipercaya dapat membantu guna meredakan gejala PMS. Kandungan probiotik serta serat di dalam jantung pisang, bakal membantu mengurangi gangguan pada saluran pencernaan serta mencegah pembengkakan.

7. Baik untuk Kesehatan Pencernaan
Jantung pisang baik guna kesehatan pencernaan, sebab makanan ini mengandung serat, baik yang larut maupun yang tidak. Serat yang mudah larut, dapat membantu meredakan peyakit irritable bowel syndrome. Sementara itu, serat yang tidak larut, dapat membantu mengatasi konstipasi kronis.

8. Memperlambat Proses Penuaan
Jantung pisang mepunyai nutrisi fitokimia (vitamin, flavonoid, serta protein) tinggi yang mempunyai sifat antioksidan. Sebagai informasi, antioksidan ini dapat mengurangi stres serta mendukung kulit memperlambat proses penuaan.

9. Mengatur Gula Darah
Dengan mengonsumsi jantung pisang, gula darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Ini sebab jantung pisang mengandung serat tinggi yang dapat mendukung tubuh memecah makanan lebih lambat, sehingga mencegah lonjakan gula darah. (Editor: A)
Jangan Dibuang, Ternyata Ini 9 Manfaat yang Ada Pada Jantung Pisang Jangan Dibuang, Ternyata Ini 9 Manfaat yang Ada Pada Jantung Pisang Reviewed by Pak Tani on Februari 20, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :
Beli juga!

Chat
Now