Kupas Tuntas Rahasia Optimalnya Pemanenan Tanaman di Lahan Sempit


Ingin tau cara membuat kebun minimalis di rumah yang bisa diisi sayur dan buah-buahan? Hobi berkebun di rumah itu hanya bisa dikerjakan mereka yang punya halaman luas saja. Itu hanya mitos saja kok! Berkebun ini merupakan kegiatan bagi siapa saja, termasuk mereka yang punya rumah dengan lahan mungil sekalipun.

Jangan pernah berpikir bahwa luas lahan rumah merupakan hambatan untuk menyalurkan hobi berkebunmu di rumah. Saat ini makin banyak orang yang aktif menyalurkan kegemerannya tersebut dengan membuat kebun minimalis berukuran 1 m². Selain mereka yang sudah profesional, desain kebun seperti ini juga sudah dimanfaatkan para pemula yang suka berkebun. Tertarik untuk membuatnya di rumah? Coba perhatikan tips & trik berikut ini.

Kebun Minimalis, Bagaimana Sih Desain dan Sistemnya?

Mungkin sebagian besar orang masih bingung mengenai kebun super mini ini. Kebun minimalis ini di beberapa negara lain dikenal dengan sebutan square foot garden yang merupakan sebuah metode simpel untuk membuat kebun yang kecil, tertata, dan juga tinggi produktivitas. Hasil dari kebun itu sendiri bukan untuk dijual, tetapi untuk memenuhi keperluan dapur sehari-hari.

Untuk konsep dasarnya yaitu membuat sebuah bidang untuk berkebun dengan ukuran 4’ by 4’ atau 4’ by 8. Pola bidang kebun itu sendiri dibagi menjadi beberapa lahan dengan ukuran masin-masing 1-foot square. Setiap bagian atau lebih bisa ditanami satu bibit sayuran khusus. Biasanya bidang kebun ini dibuat meninggi dengan boks kayu, jadi tak serta merta bergabung dengan tanah halaman.

Sesudah square foot garden, muncul juga square meter garden atau kebun ukuran 1 m². Konsepnya juga hampir sama, tetapi ukurannya saja yang berbeda. Seperti yang kita ketahui, satuan untuk mengukur panjang yang sering digunakan di Indonesia yaitu meter. Karena itulah desain kebun mini yang pas untuk dibuat yaitu square meter garden. Untuk bidang kebunnya sendiri bisa dibeli sesuai dengan ukuran tersebut.

Kelebihan dan Keuntungan Punya Kebun Minimalis di Rumah

Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, pastinya Anda perlu tahu dulu mengenai keuntungan serta kekurangan dari desain kebun satu ini. Jika sudah paham, pastinya Anda juga bisa tahu hal apa saja yang harus dipertimbangkan dan disesuaikan dari rumah. Untuk selengkapnya, simak poin-poinnya di bawah ini.

Kelebihan Punya Kebun Mungil
1. Gampang diurus sebab ukurannya kecil.
2. Lebih cepat dan memberikan banyak hasil.
3. Gampang dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
4. Jika tanah yang dipakai adalah tipe mix soil, maka potensinya terkena hama di musim panen pertama sangat minim.

Kekurangan Punya Kebun Mungil
1. Pilihan sayuran yang bisa ditanam terbatas. Tak bisa menanam sayur berukuran besar dan memakan lahan seperti asparagus, jagung, atau labu.
2. Terkadang bisa memakan biaya lebih besar sebab tak memanfaatkan bahan yang sudah ada.
3. Tanah untuk menanam tak dalam sebab dibuat di dalam wadah buatan.
4. Harus sering disiram sebab tanah lebih gampang kering.

BACA JUGA:
Mengintip Sistem Pertanian Efektif dan Unik di Singapura, Penasaran?
Underwater Farm, Inovasi Bercocok Tanam di Dalam Laut yang Memukau
Cantik Tapi Beracun, 9 Jenis Tanaman Ini Bisa Mengancam Kesehatan Loh

Cara Membuat Kebun Minimalis di Rumah

Sesudah membeli dan membuat bidang kebunmu, saatnya melaksanakan langkah-langkah di bawah ini:

1. Memilih Bibit Sayuran yang Sesuai

Bukan hanya bibit sayuran dengan hasil yang besar, cukup banyak pilihan lain yang bisa ditanam. Beberapa bibit yang bisa ditanam antara lain:
* Kol
* Tomat
* Timun
* Lettuce
* Lobak
* Serta rempah-rempah masak.
Ingat pilihlah tanaman yang benar-benar cocok dengan suhu lingkungan rumah. Tak hanya itu, jika Anda kurang telaten merawat tanaman. Lebih baik tanamlah bibit yang perawatannya tak terlalu rumit.

2. Mengatur dan Menanam Bibit

Sebab lahan menanam yang Anda punya cukup sempit, buatlah segmen-segmen untuk membagi tempat menanam bibit. Terkhusus segmen yang berdekatan untuk menanam bibit yang sama. Jika tak dipisah, Anda akan kesulitan dalam hal perawatan dan juga pemanenan.

Pastikan jarak setiap segmen tak begitu dekat supaya setiap bibit bisa tumbuh dengan baik dan memperoleh nutrisi serta sinar matahari yang cukup. Sesudah membagi beberapa segmen bidang pada kebun minimalis tersebut, laksanakan proses grouping. Maksud grouping disini adalah membedakan tanaman sesuai dengan cara mereka tumbuh.

3. Perawatan Kebun Minimalis

Apabila sudah menentukan segmen dan melaksanakan grouping, Anda bisa menanam bibit yang sudah dipilih. Pada sisi lain, ingat juga bahwa setiap tanaman tersebut perlu perawatan supaya bisa tumbuh dengan baik. Hal yang harus Anda kerjakan yaitu seperti pemberian pupuk dan juga penyiraman. Tanaman yang Anda tanam mempunyai jenis yang berbeda-beda, tetapi mereka semua adalah sayuran.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Untuk pemberian pupuk coba guanakan yang umum dipakai untuk jenis tanaman sayuran. Sementara itu untuk pengairannya, pakailah alat simpel seperti botol semprotan atau botol yang ujungnya Anda lubangi. Kebun minimalis yang ukurannya kecil tentu tak butuh pengairan yang begitu banyak seperti dengan selang atau gayung.

Proses perawatan dalam bertanam di kebun minimalis dengan ukurannya yang mungil memerlukan kreativitas yang tinggi. Jika Anda tak mempunyai bidang tanam dengan ukuran satu meter persegi, berimprovisasilah. Anda bisa memakai botol-botol bekas dan menaruhnya di halaman berukuran kecil sekalipun. Botol plastik ini mampu membuat bibit Anda tumbuh dengan baik dan sehat juga.

Selain kreativitas, diperlukan juga ketelatenan untuk merawat tanaman pada kebun minimalis. Meskipun begitu, semuanya tak akan membuatmu gigit jari kok, karena hasil yang bisa dituai cukup menjanjikan. Dan tumbuhan tersebut juga tentu bebas pestisida dan aman dikonsumsi. Hemat lahan, sehat, hemat uang.

Demikian pembahasan artikel tentang Mengulik Rahasia Optimalnya Hasil Panen di Lahan Sempit, Mau Tau?, semoga bermanfaat.

Kami Lim Corporation menyediakan dan melayani pemesanan serta pembelian Plastik Pertanian & Perkebunan, dengan harga murah dan bahan yang berkualitas. Info lebih lanjut mengenai produk silakan hubungi admin kami pada hari dan jam kerja via:
Email: limcorporation2009@gmail.com
Phone: 031–8830487
SMS/CALL/WA: 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3
Kupas Tuntas Rahasia Optimalnya Pemanenan Tanaman di Lahan Sempit Kupas Tuntas Rahasia Optimalnya Pemanenan Tanaman di Lahan Sempit Reviewed by Yoyon Oke on Oktober 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.