sobat!

Mengejutkan! Ini 7 Fakta Tumbuhan Bisa Hidup Seperti Manusia & Hewan


Sudah sejak lama, tumbuhan dianggap sebagai urutan pertama dari rantai makanan. Tumbuhan merupakan produsen yang mungkin setiap hari dimakan oleh organisme herbivora dan omnivora termasuk manusia dan hewan. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, pakar ahli sudah menemukan banyak sekali fakta tentang tumbuhan yang sebelumnya tak terpikirkan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa tumbuhan mempunyai otak seperti hewan, walau tak berbentuk organ. Bukan hanya itu, tumbuhan juga dikatakan bisa melihat sesuatu hal dan mempunyai sebuah memori dalam tubuhnya. Lho, kok bisa? Yuk, kita simak penjelasannya dibawah!

1. Tumbuhan Mempunyai Otak

Maksud otak pada tumbuhan ini bukanlah otak dalam wujud organ sebetulnya. Yang dimaksud otak pada tumbuhan yaitu berupa ujung akar dan juga bagian meristem yang mengatur semua kerja sel ketika menyangkut bahan makanan, kemudian mengolah dan menyebarkan hasilnya ke seluruh bagian batang sampai menjadi bunga dan buah.

Dengan sebuah hasil penelitian terbaru dari pakar ahli menemukan fakta bila beberapa gen pada tumbuhan mempunyai kemiripan pada manusia. Dan tumbuhan juga mampu memproduksi sel neurotransmitter seperti dopamine dan serotonin yang ada pada manusia.


2. Mampu Melindungi Diri Sendiri di Alam Liar

Kemampuan yang dimiliki oleh manusia dan hewan salah satunya yaitu mampu melindungi dirinya sendiri. Apabila ada bahaya mereka akan menghindar atau memangkasnya dengan sekuat tenaga. Ternyata, hal semacam ini juga dimiliki oleh beberapa tumbuhan di alam liar. Contohnya mawar yang mempunyai duri untuk pertahanan diri.

Tak hanya itu, beberapa tumbuhan juga mempunyai pertahanan diri berupa lendir atau bahkan lem. Contoh tumbuhan yang mempunyai lendir atau lem ini yaitu kubis Brussel. Bila ada serangga meletakkan telor di atas daunnya, maka secara otomatis lendir tersebut akan mengubah komposisi kimianya. Dan dampaknya yaitu telor tak akan bisa menetas karena mengalami kerusakan sel.

3. Mampu Mengirim Sinyal Bahaya ke Populasinya

Jenis tumbuhan yang mampu hidup di lingkungan yang sangat ekstrem salah satunya yakni akasia. Umumnya tumbuhan ini hidup di lingkungan liar seperti gurun sampai sabana. Tumbuhan akasia yang sering dimakan oleh jerapah ini umumnya akan langsung mengirim sinyal bahaya kepada tumbuhan akasia di sekitarnya. Ketika jerapah mulai makan, sebuah zat tannin akan keluar untuk melindungi dirinya. Selang beberapa saat, tannin akan menyebar dibawa angin, kemudian memberi tahu akasia lain untuk segera memproduksi zat ini.

Tak hanya akasia, tumbuhan maple juga melaksanakan hal yang sama. Apabila ada predator yang tiba-tiba menyerang ia segara mengeluarkan semacam zat kimia yang menyebar di udara. Zat inilah yang akan diterima pohon maple lain hingga mereka langsung dalam mode siaga.

4. Mempunyai Mata Untuk Menerima Cahaya

Mungkin kita selalu beranggapan bila sesuatu yang bisa melihat pasti mempunyai mata seperti manusia, dan segala jenis hewan. Dan tanpa adanya organ ini melihat merupakan sesuatu hal yang sangat mustahil. Tetapi tumbuhan yang tak mempunyai mata secara nyata juga melihat sebuah cahaya yang datang dan mengenai batangnya.

Pada bagian tumbuhan terdapat banyak sekali reseptor cahaya yang bekerja dengan sangat baik. Karena adanya reseptor inilah yang membuat tumbuhan bisa tumbuh dengan baik atau tumbuh dengan mengalami kelainan. Tak hanya itu, reseptor ini juga bertugas mengumpulkan cahaya matahari untuk digunakan sebagai bahan utama fotosintesis.


5. Mempunyai Memori

Salah satu pakar ahli telah melakukan percobaan pada tumbuhan putri malu, dengan memegang tumbuhan tersebut beberapa kali sampai mengerut. Percobaan tersebut dilakukan berulang-ulang beberapa kali sampai membuat tanaman putri malu ini berhenti menguncup meski beberapa kali disentuh.

Pada akhirnya ia membuat sebuah dugaan bila tumbuhan sebetulnya mempunyai sebuah memori. Sebab dari hasil percobaannya dengan memegang tumbuhan putri malu secara berulang-ulang dan terbukti tak memberikan bahaya akan diabaikan oleh putri malu. Tumbuhan tersebut menyimpan memori instan sampai saat ada rangsangan baru yang masuk ia bisa tahu apakah itu berbahaya atau tidak.

6. Mampu Berkomunikasi

Bisa saja kita beranggapan bila tumbuhan tak dapat berkomunikasi sebab tak bergerak atau bahkan bicara. Akan tetapi, tumbuhan mampu melaksanakan komunikasi dengan baik kepada sesamanya. Terkadang mereka mengeluarkan semacam feromon untuk memberitahu akan adanya bahaya. Bukan itu saja, terkadang tumbuhan juga mengeluarkan enzim tertentu yang merupakan wujud dari sebuah tangisan.

Apabila tumbuhan menangis dengan caranya, maka predator seperti serangga akan menghindar. Dan serangga tersebut akan pergi dan beralih ke tumbuhan lainnya. Bukan hanya menangis, tumbuhan juga bisa berteriak dengan sangat kencang dan membuat banyak serangga pergi.

7. Mempunyai Sebuah Perasaan

Sebetulnya tumbuhan mempunyai sebuah perasaan sama halnya dengan manusia dan hewan. Terdapat beberapa tumbuhan bisa mengalami stres bila mengalami perlakukan yang tak baik. Contoh, tumbuhan dicabut dan akan ditempatkan ke lokasi yang baru dan mengalami stres serta tak mau berbunga hingga berbuah.

Ada juga beberapa tanaman yang terkadang mendadak mati bila mengalami situasi yang tak baik. Sebab dengan menerima rangsangan dari luar kemudian memprosesnya dalam tubuh sampai akhirnya bisa memberikan apa yang namanya respons.

Nah itulah beberapa fakta yang menunjukkan, bahwa tumbuhan ternyata mirip juga seperti manusia dan hewan. Tumbuhan juga bisa melindungi diri sampai punya sebuah perasaan. Jadi untuk Anda yang suka dengan tumbuhan, jangan lupa untuk dirawat dan diperhatikan dengan baik, ya!
Mengejutkan! Ini 7 Fakta Tumbuhan Bisa Hidup Seperti Manusia & Hewan Mengejutkan! Ini 7 Fakta Tumbuhan Bisa Hidup Seperti Manusia & Hewan Reviewed by Yoyon Oke on Februari 22, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

NOTICE

dari telah membeli
Rating Pembeli :