limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

5 Bahan Untuk Atasi Hama Tanaman Hias Beserta Cara Membuatnya!


Menanam dan mengoleksi tanaman hias memang menjadi hobi yang sangat populer belakangan ini. Apalagi saat pandemi, menanam bisa dijadikan salah satu kegiatan positif selama di rumah saja. Tetapi satu permasalahan yang muncul yaitu hama yang menyerang tanaman hias tersebut. Namun jangan khawatir sebab ada cara sederhana untuk menghilangkan hama di tanaman hias. Nah, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Puntung Rokok


Untuk membasmi hama pada tanaman hias yang pertama yaitu memakai puntung rokok sebagai pestisida alami. Alasan puntung rokok digunakan untuk membasmi hama ini karena kandungan nikotin yang ada di dalamnya. Betul, kandungan nikotin inilah yang mampu menurunkan nafsu makan si hama dengan cara mengganggu sistem saraf pusatnya. Adapun kelebihan lainnya dari puntung rokok yaitu gampang terurai di alam sehingga lebih ramah lingkungan.

Pembuatannya juga terbilang mudah, Anda tinggal sediakan sekitar 1 ons limbah puntung rokok, 1 sendok teh sabun colek dan sekitar 7 liter air. Jika semua bahan sudah terkumpul, bersihkan puntung rokok kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 7 hari. Tujuannya untuk mengeluarkan zat-zat yang ada di dalam putung rokok tersebut.

Bila sudah direndam selama 7 hari, saring air rendaman kemudian tambahkan sabun colek ke dalamnya dan aduk menjadi satu kemudian masukkan ke dalam botol spray. Nah, pestisida alami dari puntung rokok siap digunakan, Anda bisa semprotkan pada tanaman supaya terhindar dari hama seperti belalang, kutu dan juga ulat.


Soda Kue


Cara berikutnya yakni menggunakan soda kue untuk membasmi hama. Untuk membuatnya sangat mudah, Anda tinggal campurkan soda kue dengan sabun kemudian di semprotkan ke tanaman hias. Kedua bahan ini mampu mengatasi hama seperti jamur hitam, kutu, serangga dan beberapa hama lainnya.

Bukan hanya itu, campuran ini juga bisa dipakai untuk mengusir semut dengan cara mencampurkan soda kue bersama bordo. Dan keuntungannya, pestisida alami ini bisa menjaga pH tanah supaya tetap seimbang. Karena pH yang seimbang akan lebih baik untuk mencegah berbagai hama yang menyerang tanaman hias.

Bawang Putih


Pernakah terpikir dibenak Anda, menggunakan bawang putih untuk membasmi hama? Selain jadi bumbu masakan, ternyata bawang putih juga bisa dipakai sebagai salah satu bahan pembasmi hama. Untuk membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal haluskan 4 sampai 5 bawang putih kemudian masukkan ke dalam air 1 liter. Jika sudah, tambahkan sabun herbal sebanyak 4 sampai 5 tetes.

Langkah selanjutnya yaitu menyaring campuran supaya ampasnya terpisah, kemudian simpan cairan di dalam botol kaca ditutup rapat. Untuk pemakaiannya di tanaman yaitu tinggal encerkan cairan tersebut menggunakan 2 ½ gelas air. Kemudian semprotkan pada tanaman yang terserang hama, campuran ini bisa membasmi berbagai hama seperti siput, kupu-kupu putih, semut, kutu daun, rayap dan juga kumbang.

Daun Pepaya


Anda juga bisa memakai daun pepaya sebagai pembasmi hama tanaman hias. Kandungan alkaloid, glikosida dan enzim papain yang ada di dalamnya mampu mengendalikan hama seperti ulat bulu, aphids dan juga rayap. Membuatnya pun cukup mudah, yaitu siapkan daun pepaya sekitar 1 kg kemudian blender dengan campuran air sampai teksturnya berubah seperti bubur.

Bila sudah segera tuangkan ke dalam wadah dan tambahkan 1 liter air, jangan lupa aduk hingga merata dan diamkan selama 2 malam. Apabila sudah didiamkan selama 2 malam lanjutkan dengan penyaringan dan masukkan ke dalam botol penyemprot, dan pembasmi hama dari daun pepaya siap digunakan.

Kapur Sirih


Bahan dan cara terakhir yaitu dengan menggunakan kapur sirih yang bisa Anda gunakan untuk membasmi tanaman hias dengan cara sangat mudah. Pertama siapkan 100 gr kapur sirih dan 1 liter air kemudian aduk hingga merata. Jika sudah tercampur rata masukkan ke dalam botol penyemprot untuk segera di aplikasikan ke tanaman hias. Karena adanya zat fenol dan kavokol yang terkandung di dalam kapur sirih mampu membunuh hama pengisap seperti tungau. Nah, tertarik untuk mencoba cara membasmi hama dengan bahan-bahan dia atas.
5 Bahan Untuk Atasi Hama Tanaman Hias Beserta Cara Membuatnya! 5 Bahan Untuk Atasi Hama Tanaman Hias Beserta Cara Membuatnya! Reviewed by Yoyon Oke on Februari 25, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk