limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

Panduan Lengkap Ternak Bebek Pedaging Bagi Pemula, Tertarik Mencoba?


Bebek sering dikenal sebagai hewan yang mempunyai daging dengan tekstur sedang serta sedikit berserat. Sajian makanan berbahan baku daging bebek kerap ditemui di masakan lokal Indonesia maupun makanan Tiongkok.

Ternyata, beternak bebek diuntuk menjadi 2, yakni beternak bebek petelur serta pedaging. Cara beternak bebek petelur terbilang lebih kompleks sebab melibatkan banyak hal.

Baca Juga :

Sedangkan beternak bebek pedaging lebih sederhana dengan keuntungan yang sedikit lebih banyak dibandingkan bebek petelur. Sehingga lebih gampang dikerjakan untuk pemula. Anda tertarik beternak bebek pedaging? Berikut tipsnya.

1. Membuat Kandang

Kandang termasuk tempat bebek tinggal serta beraktivitas setiap hari, sebabnya harus dirancang agar kondusif untuk pertumbuhan bebek. Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan jumlah bebek yang dipelihara. Anda bisa membuat kandang sederhana dari bambu atau kayu.

Kandang sebaiknya dibuat di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup, serta usahakan kandang dalam kondisi kering untuk menjaga kesehatan serta pertumbuhan bebek. Selain itu, kandang dibuat dengan bentuk panggung yang memungkinkan kotoran bebek jatuh ke bawah, sehingga kandang lebih gampang dibersihkan, serta mencegah bebek memakan kotorannya sendiri. 

2. Membeli Bibit (DOD)

Bibit termasuk salah satu penentu keberhasilan dalam beternak bebek. Oleh sebab itu, pastikan Anda membeli bibit yang sehat berkualitas dari penjual yang terpercaya. Ciri-ciri bebek yang sehat antara lain : bergerak aktif serta lincah, kakinya kokoh serta tak pincang, sudah berusia 4 hari, bulunya bersih serta kering, beratnya minimal 40 gram, nafsu makannya bagus, tak cacat, tak berpenyakit, tubuhnya tegap serta matanya jernih.

3. Pemberian Pakan

Saat DOD mulai tinggal di kandang box, berikan minuman berupa larutan gula merah selama satu jam selanjutnya. Setelah itu, ganti minuman dengan air putih yang dicampur vitamin untuk merangsang nafsu makan bebek. Satu jam kemudian, mulailah berikan pakan sedikit demi sedikit.

Perkembangan pertumbuhan bebek potong amat tergantung dengan pemberian pakan yang Anda berikan, serta frekuensi pemberian pakan bergantung pada usia bebek. Saat bebek berusia 1-14 hari, berikan pakan yang dicampur dengan sedikit air sebanyak 5 kali sehari.
Bingung atap kandang diberi apa? Pakai saja Plastik UV, klik disini untuk cek harganya.
4. Perawatan Ternak

Perawatan ternak bebek potong haruslah diperhatikan sedini mungkin agar mereka tak terjangkit oleh berbagai penyakit. Pada umumnya, tantangan terbesar dalam perawatan bebek potong ialah penyakit serta hama. 

Beberapa penyakit yang kerap menyerang bebek pedaging antara lain berak kapur, kelumpuhan, serta tak nafsu makan. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan perawatan kandang serta kebersihannya senantiasa terjaga. Selain itu, berilah vaksin berdasarkan dosis yang sudah ditentukan untuk bebek pedaging tersebut.

5. Masa Pemilihan Panen

Saat bebek berusia 35 hari, mulailah pilih bebek yang layak untuk diambil dengan cara golongkan berdasarkan kualitas serta ukurannya terlebih dahulu. Kosongkan serta bersihkan kandang untuk periode ternak bebek yang selanjutnya. (Editor: A)
Panduan Lengkap Ternak Bebek Pedaging Bagi Pemula, Tertarik Mencoba? Panduan Lengkap Ternak Bebek Pedaging Bagi Pemula, Tertarik Mencoba? Reviewed by Yoyon Oke on Januari 20, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk