HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Rumput Odot Dijadikan Pakan Ternak, Memang Apa Keunggulannya?


Peternakan merupakan salah satu kegiatan mengembangbiakkan dan pemeliharaan hewan ternak untuk memperoleh manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Jenis hewan yang banyak diternakkan di antaranya yaitu sapi, ayam, kambing, domba, dan babi. Untuk hasil peternakan di antaranya yaitu daging, susu, telur, dan bahan pakaian (seperti wol).

Bukan hanya itu, kotoran hewan juga mampu menyuburkan tanah dan tenaga hewan bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi dan untuk membajak tanah. Di dalam beternak terdapat faktor penting antara lain yaitu pemberian makanan, pemuliaan atau pengembangbiakan untuk mencari sifat-sifat unggul, pemeliharaan, penjagaan kesahatan serta pemanfaatan hasil.

Sebagian besar hewan ternak merupakan herbivor atau pemakan tumbuhan, adapun hewan ternak yang omnivor di antaranya yaitu ayam atau babi. Jenis hewan herbivora ada yang pemakan rumput, pemakan bahan bernutrisi tinggi seperti biji, buah, dan daun muda, serta pemakan berbagai macam bagian tumbuhan. Tak hanya itu, beberapa hewan ternak bisa digolongkan sebagai ruminansia atau pemamah biak, seperti sapi, domba, dan kambing.

Seiring dengan meningkatnya keperluan daging ternak, pakan ternak menjadi salah satu komponen yang menentukan kualitas daging ternak tersebut. Umumnya pakan ternak dipilih karena beberapa faktor seperti harga, kandungan, dan ketersediaannya. Rumput odot merupakan salah satu pakan ternak yang digemari karena keunggulannya.

BACA JUGA:
Dibalik Baunya yang Menyengat, Ternyata Buah Ini Sangat Berkhasiat
Mengulik Rahasia Optimalnya Hasil Panen di Lahan Sempit, Mau Tau?
Mengintip Sistem Pertanian Efektif dan Unik di Singapura, Penasaran?

Nama latin dari rumput odot yaitu Pennisetum Purpureum cv Mott. Rumput ini masih merupakan salah satu varietas dari spesies rumput gajah. Sebutan rumput odot yang lain yaitu rumput gajah dwarf atau drast elephant grass serta mott elephant grass yang merupakan julukannya dalam bahasa Inggris.

Rumput odot pertama kali dikembangkan oleh Dr. W. Hanna dari Georgia, Amerika Serikat. Selanjutnya, rumput ini dikembangkan lagi oleh Dr. Mott yang berada di Florida, Amerika Serikat. Oleh karena itu, nama Latin dari varian rumput ini menggunakan namanya.

Indonesia sudah mengenal rumput ini sejak 2007. Kemunculan varian rumput gajah ini diawali dengan masuknya bibit rumput odot dari Kanada. Sejak saat itu, produksi rumput odot sebagai pakan ternak terus digemari.

Keunggulan rumput odot dibanding jenis rumput lain adalah produktivitasnya yang cukup tinggi. Saat musim hujan, tekstur rumput odot akan menjadi lebih lunak daripada rumput lainnya. Tekstur ini sangat digemari ternak, terutama kambing dan domba.


Keunggulan rumput odot juga pada kandungannya yang baik sebagai pakan ternak. Rumput odot mengandung protein kasar yang rata-rata berjumlah 12—14 persen. Kandungan tertinggi protein pada rumput odot dapat mencapai 17 persen. Sementara itu, tingkat kecernaan rumput odot dapat menyentuh angka 65—70 persen dengan kandungan serat kasar mencapai 33,5 persen.

Produktivitas rumput odot juga termasuk tinggi. Di musim penghujan, Anda dapat melakukan hingga dua kali masa panen dengan jumlah anakan rumput mencapai 20 anakan. Interval pemotongan dapat dilakukan antara 30 sampai 40.

Budidaya rumput odot dapat dilakukan dengan perkembangbiakan metode vegetatif. Anda dapat menggunakan percabangan yang tampak tumbuh dengan paling baik. Pemotongan dilakukan dengan alat tajam (pisau dan sejenisnya) agar tidak terjadi luka pada rumput. Agar dapat tumbuh dengan baik, potong tanaman ini dengan panjang kurang lebih 30 cm untuk kemudian disetek. Anda dapat membudidayakan rumput ini dengan pola monokultur ataupun dengan menanamnya di sela-sela tanaman lain. Jarak yang dianjurkan untuk bertanam sekitar 50—75 cm untuk 2—3 setek.

Demikian pembahasan artikel tentang “Penggunaan Rumput Odot Untuk Pakan Ternak, Apa Keunggulan dan Manfaatnya?”, semoga bermanfaat.

Kami Lim Corporation menyediakan dan melayani pemesanan serta pembelian Plastik Pertanian & Perkebunan, dengan harga murah dan bahan yang berkualitas. Info lebih lanjut mengenai produk silakan hubungi admin kami pada hari dan jam kerja via:
Phone: 031–8830487
SMS/CALL/WA: 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumput Odot Dijadikan Pakan Ternak, Memang Apa Keunggulannya?"

Posting Komentar