10 Tanaman Buah Asli Indonesia yang Langka & Terancam Punah! Sudah Tau?


Memiliki tanah yang subur serta iklim tropis hampir segala jenis buah buahan bisa ditanam di Indonesia. Karena beragamnya jenis buah, ada beberapa buah asli Indonesia yang mulai jarang ditemukan, bahkan namanya pun hanya sedikit orang yang tahu.

Buah seperti anggur, jeruk, apel, durian dan pisang lebih dikenal dibandingkan buah buahan seperti buah rukam, mundu, kemang, menteng dan juga wanyi. Penyebab kurang dikenalnya beberapa buah tersebut salah satunya yaitu faktor kelangkaan, dimana tak semua daerah di Indonesia menghasilkan buah ini dan hanya masyarakat yang ada di daerah penghasil buah tersebut yang mengetahui namanya. Nah apa saja buahnya? Berikut ini daftar buah langka di Indonesia.

Buah Gandaria


Buah ini merupakan salah satu jenis buah langka di Indonesia yang bisa ditemukan di wilayah Sumatera. Gandaria ini mempunyai bentuk seperti buah mangga dengan ciri-ciri kulit berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kuning saat sudah matang. Rasa buah gandaria yaitu manis asam dengan daging buah yang berair.

Buah gandaria bisa dijadikan rujak dan juga sebagai campuran sambal gandaria. Selain buahnya, daun gandaria juga bisa dijadikan sebagai lalapan dan kayu pohonnya bisa dijadikan sebagai papan. Jika ingin mencicipi rasa buah dengan nama lokal Jatake ini, Anda bisa mencarinya sekitar bulan September sampai Desember.

Buah Bisbul


Buah Bisbul merupakan salah satu buah yang sudah mulai jarang ditemukan. Walaupun sudah dikatakan langka, buah bisbul masih bisa Anda temukan di daerah Bogor Selatan.

Ciri-ciri dari buah ini yaitu kulit buahnya yang berbulu dan mempunyai bentuk seperti buah kesemek. Untuk rasanya buah bisbul ini manis yang segar, mau mencicipi buah yang satu ini? Anda bia mencarinya saat masa panen tiba, yaitu antara bulan Maret sampai Mei.


Buah Kemang


Asal usul penamaan daerah Kemang yang ada di Jakarta berasal dari buah Kemang ini. Berdasarkan cerita, dulunya pohon buah ini banyak ditemukan di daerah Kemang, tetapi sekarang keberadaannya sulit ditemukan.

Buah kemang mempunyai bentuk seperti buah mangga, namun sedikit lebih lonjong dengan kulit yang sedikit tebal dan warnanya akan cokelat kusam saat sudah matang. Ciri khas buah ini yaitu aromanya yang wangi dengan tekstur buah yang berserat menyerupai daging buah sirsak serta rasa asam yang menyegarkan. Ingin mencicipi buah Kemang ini? Jangan khawatir, Anda masih bisa mencarinya di wilayah Bogor.

Buah Matoa


Apabila Anda tinggal di wilayah Timur Indonesia mungkin masih kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang dikenal dengan nama buah matoa ini memang asalnya dari wilayah Papua, Indonesia. Adapun beberapa manfaat yang dimiliki buah matoa ini, diantaranya yaitu:
- Mampu meningkatkan daya tahan tubuh
- Mencegah radikal bebas
- Bisa memelihara kesehatan kulit
- Dapat menurunkan darah tinggi
- Mampu mencegah munculnya jerawat

Bentuk buah ini sedikit lonjong dengan rasa buah yang manis legit beraroma segar dengan kulit buah cokelat kemerahan ketika matang. Ingin merasakan buah ini? Anda bisa mencarinya di antara bulan Juli hingga Oktober, sebab dibulan tersebut merupakan masa panen dari buah Matoa ini.

Buah Menteng


Untuk nama buah yang satu ini juga dijadikan nama daerah di Jakarta, buah tersebut yaitu buah menteng. Buah menteng atau nama lainnya buah kepundung ini merupakan buah langka yang asalnya dari Jawa dan Sumatera. 

Ciri-ciri buah menteng ini mempunyai kulit buah kuning kehijauan, daging buahnya berwarna ungu serta rasanya yang asam. Adapun beberapa manfaat dari buah menteng ini, diantaranya yaitu:
- Sebagai anti oksidan
- Membantu melancarkan sistem pencernaan
- Membantu mengurangi resiko Osteoporosis

Buah Mundu


Buah mundu adalah salah satu buah asli Indonesia yang juga tergolong dalam kategori buah langka yang masih bisa ditemukan di Jawa dan Sumatera. Buah ini juga dikenal sebagai apel jawa, bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian 500 mdpl.

Bila sudah matang kulit dan daging buah mundu akan berubah warna menjadi kuning dengan rasa buahnya yang manis asam segar. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari buah mundu yaitu:
- Bisa menurunkan demam
- Menjadi obat anti malaria
- Mengobati gondok
- Mampu mengobati sariawan dan menghilangkan bau mulut
- Untuk obat menyembuhkan luka

Buah Rukem


Buah rukem masih banyak ditemukan sampai tahun 90an, tetapi sekarang buah rukem ini semakin sulit ditemukan dan sudah jarang terdengar namanya. Ciri-cirinya yaitu memiliki kulit buah berwarna merah saat sudah matang, bagian dalam buah berwarna putih serta rasa buahnya yang asam.

Untuk nama buah ini bisa berbeda di setiap daerah, contohnya di Jawa buah ini disebut dengan buah rukem, di Kalimantan terkenal dengan nama buah klangtatahkutang, sedangkan di NTB buah ini lebih dikenal dengan sebutan buah Lobe Lobe.

Buah Buni


Keberadaan buah buni untuk sekarang ini sangat sulit ditemukan di Indonesia. Dengan bentuk buahnya seperti buah beri ini yang mempunyai warna kulit merah segar dengan rasa buah yang manis. Umumnya buah buni ini dijadikan bahan fermentasi minuman dan bisa juga diolah menjadi selai, dan adapun manfaat dari buah buni ini yaitu:
- Mampu meningkatkan daya tahan tubuh
- Menjaga kekebalan tubuh
- Melancarkan saluran pencernaan
- Mencegah terjadinya hipertensi

Buah Manau


Buah manau merupakan buah yang asalnya dari tanaman rotan, dan masih bisa ditemukan di daerah Bangka, Sumatera serta kalimantan. Rasa buah ini yaitu asam manis dan bentuk kulit buah bersisik menyerupai buah salak. Nama latin buah manau ini yaitu Calamus manan Miq biasa diolah menjadi asinan manau.

Buah Wanyi


Buah wanyi merupakan buah langka yang asalnya dari pedalaman hutan Kalimantan yang mempunyai masa panen sampai 3 tahun sekali. Berbentuk lonjong seperti buah mangga, dengan kulit buahnya berwarna hijau saat matang dengan daging buah yang berwarna putih serta rasanya yang manis beraroma buah nangka. Untuk buahnya mengandung banyak serat maka cocok untuk untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh.
10 Tanaman Buah Asli Indonesia yang Langka & Terancam Punah! Sudah Tau? 10 Tanaman Buah Asli Indonesia yang Langka & Terancam Punah! Sudah Tau? Reviewed by Yoyon Oke on Januari 21, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.