limcorporation
Subscribe Newsletter

Dijuluki Raja Buah, Ini 9 Jenis Durian yang Sedang Populer di Indonesia!


Bicara soal durian, Indonesia mempunyai banyak jenis durian. Tekstur buahnya yang halus serta lembut dengan rasa manis yang khas membuat durian jadi primadona. Buah durian banyak ditemukan di hampir seluruh Indonesia.

Tiap daerah mempunyai julukan tersendiri bagi durian, seperti orang Manado menyebut buah durian dengan duriang, sementara orang Toraja menyebutnya dengan duliang. Beda lagi dengan penyebutan buah durian di Ambon, durian umum disebut dengan doriang.

Kalau orang Jawa menyebut durian dengan nama duren, lain halnya dengan orang Sunda yang menyebut durian dengan kadu. Tak hanya namanya, ternyata jenisnya pun banyak. Berikut rangkum aneka jenis buah durian yang ada di Indonesia, check it out!

1. Durian Montong


Durian Montong ialah jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Cita rasa dari durian ini cenderung manis serta harum saat dibuka. Selain bentuknya lonjong tak beraturan, buah ini umumnya mempunyai berat hingga 13 kg.

2. Durian Bawor


Durian ini mempunyai kemiripan dengan durian montong. Harganya tak jauh beda dengan durian montong. Buahnya relatif tebal dengan biji yang kecil. Jadi hati-hati dalam memilih ya. Bisa saja kamu yang ingin jenis montong, justru diberi bawor oleh penjual.

3. Durian Tembaga


Salah satu durian termahal, Super Tembaga Bangka termasuk primadona di kalangan pecinta durian. Durian ini asalnya dari Sumatera Selatan. Rasa dagingnya manis-pahit. Ukurannya lebih kecil dari jenis lainnya, serta warna kulitnya hijau.

4. Durian Petruk


Asli dari Jepara, Jawa Tengah, durian petruk mempunyai bentuk yang lonjong serta rasanya begitu khas perpaduan antara manis serta pahit. Selain itu, durian ini populer di kalangan para petani sebab bijinya yang kecil namun dagingnya tebal.

Baca Juga :

5. Durian Mimang


Asalnya dari Banjarnegara, Jawa Tengah, durian ini punya ukuran yang amat kecil. Keunggulan dari durian ini ialah daging buahnya yang berwarna kuning keemasan serta menyegarkan mata. Namun durian ini punya kadar alkoholnya agak tinggi.

6. Durian Kunyit


Pada bulan Agustus 2019, durian ini memenangkan Kontes Durian Unggul di Kalimantan Barat. Durian yang tumbuh di Desa Sebongkuh, Kalimantan Barat ini, telah berusia lebih dari 100 tahun. Dalam setahun, pohon Durian Kunyit berbuah dua kali.

7. Durian Merah


Sesuai dengan namanya tentu durian ini mempunyai daging yang berwarna merah. Durian ini asalnya dari Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Durian Merah umumnya panen mulai bulan April-Mei. Wisatawan dapat mencicipi durian ini pada Festival Durian Songgon.

8. Durian Pelangi


Durian ini asalnya dari daerah Manokwari, Papua Barat. Daging buahnya mempunyai rasa yang manis, lezat, tebal daging buahnya serta khas aromanya. Warnapun unik, yakni campuran merah serta kuning. Durian ini tersebut amat adaptif disegala cuaca.

9. Durian Matahari


Durian ini asalnya dari Bogor, Jawa Barat. Keunggulannya terletak pada warna daging buah yang kuning cerah bak matahari. Aromanya tak terlalu tajam, dagingnya tergolong tebal, manis legit, serta tak beralkohol. (Editor: A)
Dijuluki Raja Buah, Ini 9 Jenis Durian yang Sedang Populer di Indonesia! Dijuluki Raja Buah, Ini 9 Jenis Durian yang Sedang Populer di Indonesia! Reviewed by Pak Tani on Januari 15, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk