Percantik Rumah dengan 5 Tanaman Hias Ini, Bisa Tumbuh di Media Air!


Tanaman merupakan organisme yang sengaja dibudidayakan di ruang ataupun media tertentu. Tanaman juga menjadi salah satu pilihan dekorasi yang dapat diletakkan di dalam rumah. Tak hanya menjadi hiasan yang menarik, tanaman di dalam rumah juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara.

Baca Juga :

Kamu mungkin berpikir bahwa merawat tanaman di rumah bukanlah hal yang mudah. Mulai dari pot, tanah, pupuk, serta lainnya sebagai media tanamnya. Namun, kini tak perlu khawatir lagi. Sekarang banyak pilihan tanaman air yang gampang untuk dirawat sebab hanya memerlukan vas serta air saja. Untuk daftar tanamannya, dapat cek info dibawah ini ya!


1. Apu-apu

Apu-apu, kapu-kapu, ataupun kayu apung dapat jadi pilihan tanaman hias yang cukup gampang perawatannya. mempunyai daun berwarna hijau dengan bentuk sekilas seperti mahkota. Ukuran daun apu-apu dapat mencapai panjang sekitar 2–10 cm dengan lebar antara 2–6 cm.

Dengan rambut-rambut akar membentuk struktur seperti keranjang yang dikelilingi gelembung udara sehingga meningkatkan daya apung dalam air. Kamu dapat menanam apu-apu di dalam vas, akuarium, ataupun kolam dengan air yang tenang. Perhatikan juga paparan sinar matahari sebab apu-apu membutuhkannya untuk tumbuh serta berkembang.

Tanaman apu-apu cenderung berkembang dengan cepat serta tahan banting sehingga tak gampang mati. Bahkan, kalau dibiarkan dapat tumbuh menjadi gulma. Selain dapat menjadi tanaman hias di rumah, apu-apu juga bermanfaat untuk membersihkan air dari logam serta kotoran. Jadi, sangat cocok ditanam dalam kolam ikan.


2. Aglaonema

Aglaonema ataupun yang lebih dikenal dengan nama Sri Rezeki serta Chinese Evergreen merupakan tanaman hias yang sangat populer. Tanaman ini mempunyai beragam warna ataupun corak daun yang berbeda dalam setiap jenisnya. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya menjadi hiasan yang menarik, aglaonema juga cukup gampang dirawat.

Meskipun dapat tumbuh subur di tanah, aglaonema juga dapat hidup dalam air. Hal ini sebab habitat asli aglaonema adalah di hutan hujan tropis. Area dengan intensitas penyinaran rendah serta kelembapan tinggi. Kamu dapat meletakkan aglaonema di teras rumah ataupun ruangan dengan akses cahaya yang dekat serta sirkulasi udara lancar.


3. Monstera

Monstera ataupun biasa disebut dengan janda bolong merupakan tanaman hias yang dapat kamu pilih. Sesuai namanya, tanaman ini seperti 'monster' sebab dapat tumbuh tinggi serta daun yang lebar. Mempunyai bentuk daun yang lebar dengan sobekan ataupun bolongan alami. Berwarna hijau pekat serta juga mengkilat. Monstera termasuk ke dalam tanaman yang tumbuh merambat ataupun menjalar. 

Meskipun biasa tumbuh dengan media tanam berupa tanah serta kompos, monstera juga dapat berkembang di dalam air. Namun, pastikan pencahayaan ataupun sinar mataharinya cukup agar monstera dapat tumbuh dengan baik. Monstera cukup tahan dengan serangan hama serta penyakit sebab beracun.

Akar, batang, daun, serta buah monstera mengandung asam oksalat yang tinggi sehingga dapat menyebabkan iritasi di mulut. Apabila kamu ingin menanam monstera di rumah usahakan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan, ya.


4. Anubias

Anubias merupakan tanaman air yang gampang tumbuh. Termasuk ke dalam tanaman semi darat sebab dapat hidup di darat maupun di air. Anubias biasanya digunakan sebagai hiasan pada vivarium (akuarium, paludarium, riparium, serta aquascape).

Dengan intensitas pencahayaan yang minim ataupun teduh agar daunnya terhindar dari algae. Kalau kamu tertarik menanam anubias di rumah, siapkan akuarium, air, serta media tanam seperti kayu ataupun batu.

Tempelkan akar-akar anubias pada kayu ataupun batu menggunakan benang jahit ataupun lem tanaman sebelum dimasukkan dalam akuarium. Tanaman anubias dapat tumbuh tanpa CO2 ataupun tambahan pupuk sehingga perawatannya tak rumit. kalau ditanam dalam akuarium pun, anubias tak akan dimakan oleh ikan. 


5. Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman rambat yang mempunyai akar gantung serta dapat melilit pada batang pohon. Bentuk daunnya mirip seperti sirih pada biasanya, yaitu berbentuk jantung hati. Namun, daun sirih gading berwarna hijau dengan campuran putih ataupun kuning seperti marmer. Sirih gading gampang tumbuh serta dirawat sebab dapat tumbuh subur di tanah maupun air sehingga cocok untuk dijadikan tanaman indoor.

Kalau tertarik menanam sirih gading, cukup sediakan vas ataupun botol yang diisi air sebagai media tanamnya. Sirih gading pun akan tumbuh subur serta tak gampang mati. Selain itu, menanam sirih gading di dalam rumah bermanfaat untuk menyerap racun serta memperbaiki kualitas udara. - A
Percantik Rumah dengan 5 Tanaman Hias Ini, Bisa Tumbuh di Media Air! Percantik Rumah dengan 5 Tanaman Hias Ini, Bisa Tumbuh di Media Air! Reviewed by Yoyon Oke on Desember 26, 2020 Rating: 5

2 komentar:

  1. Sangat Bagus Sekali Untuk Menambah Ilmu & Wawasan mengenai tanaman Hias

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.