HUBUNGI KAMI

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Pahami Sebelum Memutuskan! Ini Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai


Beralihnya ke susu kedelai pada sebagian besar orang disebabkan alergi terhadap laktosa, yang merupakan karbohidrat utama dalam susu sapi. Kandungan laktosa dalam susu sapi, akan mengakibatkan masalah pencernaan bagi beberapa orang. Orang-orang yang intoleran (tidak toleran) terhadap laktosa disebabkan karena kekurangan enzim laktosa, yang diperlukan untuk memecah laktosa. Karena itulah yang membuat orang intoleran laktosa menghasilkan gas, kembung dan diare sesudah mengonsumsi beberapa bentuk produk susu sapi.

Oleh karena itu, susu kedelai dijadikan pengganti bagi beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi. Teknisnya, susu kedelai bukanlah susu seperti pada susu sapi, tetapi minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai. Susu kedelai juga populer di kalangan vegetarian, karena bahan dasarnya yang berasal dari tumbuhan.

Sekarang, banyak orang yang sengaja memilih susu kedelai dibandingkan susu sapi sebab manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Tapi manfaat kedelai sampai saat ini masih menjadi perdebatan, meskipun diterima secara umum bahwa susu kedelai mengandung sejumlah besar senyawa yang sangat sehat.

Perbedaan Susu Kedelai dan Susu Sapi

Antara susu kedelai dan susu sapi perbedaan utamanya adalah sumbernya, yaitu tumbuhan dan hewan. Satu cangkir susu kedelai yang masih murni, belum mengalami pengayaan mengandung hampir 7 gr protein, 4 gr karbohidrat, 4,5 gr lemak dan tak mengandung kolesterol.

Walaupun susu kedelai mengandung vitamin B, tetapi susu ini bukan merupakan sumber B12 dan tak memberikan asupan kalsium yang signifikan. Dari  dijadikannya sebagai pengganti susu sapi, semua produsen susu kedelai menawarkan versi yang sudah diperkaya dengan kalsium, vitamin E, B12, vitamin D dan nutrisi lainnya.

Dan sedangkan susu sapi menyediakan karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak. Untuk setiap cangkir, semua susu sapi mengandung 8 gr protein dan 12 gr karbohidrat. Ini juga merupakan sumber yang kaya nutrisi lainnya.

Secangkir susu sapi bisa memberikan 30% dari kebutuhan kalsium sehari-hari orang dewasa, dan sekitar 50% vitamin B12 dan riboflavin, serta diperkaya dengan vitamin D untuk memfasilitasi penyerapan kalsium, dan juga vitamin A. Jadi susu sapi dianggap sebagai makanan yang lengkap.

Baca Juga:
Mengenal Manfaat Tanaman Vetiver Untuk Tanah dan Kesehatan, Penasaran!
Ingin Nutrisi Tercukupi Saat Diet Vegetarian, Ikuti 5 Cara Ini!
Budidaya dengan Media Tanam Batu Split, Emang Bisa!


Keunggulan Susu Sapi Perah

Dalam tahap penanganan, susu sapi ini mengalami proses pasteurisasi, yakni proses dimana susu dipanaskan untuk membunuh bakteri, enzim dan protein yang tak menguntungkan.

Kandungan dalam susu sapi ini kaya dengan enzim dan benar-benar berisi 22 asam amino esensial, termasuk fosfat, yang penting untuk penyerapan kalsium. Sementara untuk susu sapi mentah atau perahan mempunyai banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber kalsium terbaik.

Susu ini merupakan sumber vitamin, khususnya vitamin B12, yang merupakan vitamin penting yang sulit ditemukan dari sumber-sumber non-daging. Dan juga berisi enzim IgG (Immunoglobulin), vitamin A, B, dan C.

Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa susu sapi perah juga mengandung enzim dan antibodi yang benar-benar membuat susu kurang rentan pada bakteri. Lipase juga hadir yang membantu pencernaan lemak. Untuk manfaat yang lainnya yaitu susu sapi mengandung CLA (conjugated linoleic acid) atau asam linoleat terkonjugasi, yang sudah diamati untuk melawan kanker.


Keunggulan Susu Kedelai

Khasiat untuk kesehatan dari susu kedelai memang tak terbantahkan. Akan tetapi, banyak orang yang peduli tentang perbandingan susu kedelai diukur dengan susu sapi. Kandungan susu kedelai yang tinggi akan protein, dan sebab terbuat dari kacang juga mengandung serat yang jauh lebih tinggi dari susu sapi.

Khasiat terbesar dari susu kedelai merupakan isoflavon, yang merupakan bahan kimia mirip yang dengan hormon estrogen. Isoflavon terhubung ke masalah kesehatan dan bertanggung jawab untuk mencegah banyak kanker, penyakit jantung, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI
Susu kedelai tidak bebas lemak, sebab susu kedelai mempunyai 2% lemak lebih sedikit dari susu sapi, tetapi tak mengandung kolesterol jahat. Sebab susu kedelai terbuat dari kacang, susu ini berisi sekitar 9 kali lebih sedikit lemak jenuh jika dibandingkan dengan susu sapi. Bukan hanya itu, susu kedelai mempunyai 10 kali lebih banyak asam lemak ketimbang susu sapi, yang merupakan lemak sehat dan bebas kolestrol

Tak hanya itu susu kedelai bisa mengurangi kolesterol jahat LDL, sedangkan susu sapi meningkatkan kadar kolesterol LDL. Dan susu kedelai menyediakan perlindungan tambahan untuk hati dengan phytochemical yang berlimpah. Mengandung 4 kali lebih banyak jumlah thiamin (vitamin B1) dan hampir 2 kali jumlah niasin (vitamin B3) jika dibandingkan dengan susu sapi dan juga berisi lebih banyak magnesium, tembaga dan mangan dari susu sapi.

Dan juga mengandung 42 kali jumlah mangan sama halnya dengan susu sapi. Kandungan mangan ini dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Orang yang mengalami anemia membutuhkan mangan untuk penyimpanan besi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang minum dua gelas susu kedelai setiap hari 70% lebih rendah terserang kanker prostat. Akan tetapi tak ada temuan yang sama tentang orang yang minum susu sapi.

Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih susu apa yang baik dan cocok untuk dikonsumsi, semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda.

Bagi Anda yang suka bertanam, Anda bisa tanam kedelai sendiri. Dan jangan lupa lihat kondisi lahannya, jika di lahan yang Anda tanami kurang air dan selalu kering untuk mengatasinya Anda bisa memasang Mulsa Plastik pada bedengannya. Untuk mulsa plastik sendiri harganya cukup terjangkau, dan sudah banyak dijual di toko pertanian ataupun di internet.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai “Pahami Sebelum Memutuskan! Ini Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai” dapat berguna dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pahami Sebelum Memutuskan! Ini Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai"

Posting Komentar