Cara Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan, Agar Tetap Tumbuh Sehat

Banyak yang mengira jika tanaman hias hanya bermasalah ketika musim kemarau. Faktanya, musim hujan berkepanjangan ternyata juga berisiko pada eksistensi tanaman hias di dalam ataupun juga di halaman rumah. Air yang berkelimpahan ketika musim hujan, seringkali menunda waktu kamu untuk mengurus tanaman.


Padahal, tak semua tanaman dapat bertahan dengan curah hujan tinggi, salah satunya tanaman hias. Lalu bagaimana cara mengatasinya, adakah panduan cara merawat tanaman hias ketika musim hujan dengan benar, selain dengan Greenhouse dan naungan Paranet? Berikut penjelasannya.

1. Pemupukan
Kamu harus perhatikan betul dalam hal pemberian pupuk, memberi pupuk pada tanaman hias ketika musim hujan memiliki cara ataupun trik tersendiri.

Pupuk dibenamkan di dalam tanah sekitar 5 – 15 cm ke dalam media tanam, dengan cara ini pupuk bakal terserap dengan baik oleh tanaman hias. Jangan letakkan pupuk pada permukaan tanah sebab bakal segera tersapu angin ataupun air ketika hujan datang.

2. Penyiraman
Untuk penyiraman cukup dikerjakan satu kali sehari di pagi ataupun sore hari, untuk tanaman dalam ruangan apabila kondisi senantiasa mendung dan berlangsung sampai beberapa minggu, kamu juga dapat memberi bantuan pencahayaan dengan menyinari lampu khusus untuk tanaman.

3. Perhatikan Tanah
Memperbaiki sifat tanah dan porositasnya, harus secara teratur dan jangan pernah lupa menyiangi dan menggemburkan tanah. Untuk tanaman hias yang ada di taman harus di pastikan memiliki jalan tempat air mengalir supaya tak menggenang di sekitarnya.

Hal itu berlaku juga untuk tanaman hias di dalam pot, sebab ketika musim hujan tanah bakal menyerap banyak air sehingga air tanah banyak menggenangi bagian akar tanaman.

4. Media Tanam
Untuk menghindari pembusukan yang sering terjadi pada bagian akar dan batang sebaiknya kurangi media tanam pada tiap tanaman hias ketika musim hujan tiba.

Daun-daun tanaman hias dipangkas supaya dapat mengurangi kelembaban di dalam tanaman hias. Jika terlalu lembab ditambah intensitas air yang terlalu banyak, tanaman hias dikhawatirkan bakal cepat busuk dan mati. 
Cara Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan, Agar Tetap Tumbuh Sehat Cara Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan, Agar Tetap Tumbuh Sehat Reviewed by Gardener on Oktober 20, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Judul
dari telah membeli
Beli juga!