Wajib Tau, Ini 6 Jenis Makanan yang Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh!

Seiring adanya berita tentang virus yang kian menyebar di mana-mana membuat sebagian besar masyarakat mulai mencari tau berbagai informasi. Sarana pencegahan dari penularan virus bebahaya bisa dilaksanakan dengan menghindari kerumunan orang banyak, mengurangi aktivitas di luar rumah, selalu menjaga kebersihan, dan yang paling penting yaitu mengatur pola makan sehat.

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh semua orang sebagai upaya meningkatkan imunitas dan mencegah penularan virus yaitu pemilihan makanan. Berikut ini merupakan rangkuman mengenai makanan bisa mencegah dari penularan virus.

1. Ikan Berlemak


Kandungan yang ada dalam lemak ikan lebih berkhasiat, sehat dan aman, jika dibandingkan dengan lemak dari hewan lain serta nutrisi pada ikan sangat baik bagi tubuh dalam melawan penyakit. Bukan hanya itu, asam lemak yang terkandung seperti omega 3, omega 6, dan omega 9 mampu membantu mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan radang, dan autoimum.

Dari kutipan website hellosehat.com, menjelaskan bahwa American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk konsumsi ikan berlemak sekitar 2 porsi dalam satu minggu, dengan porsi sekali makan sekitar 80 gram. Berikut ini beberapa jenis ikan berlemak yang bisa Anda coba konsumsi sebagai upaya pencegahan virus, seperti salmon, sarden, mackerel, herring, dan tuna.

2. Sayur Bayam


Jenis makanan bisa cegah penularan virus berikutnya yaitu sayur bayam. Kandungan vitamin pada bayam yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten ini mampu membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh melawan virus jahat.

Untuk lebih lengkapnya, dikutip dari alodokter.com, vitamin yang terkandung dalam sayur bayam, yakni seperti vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. Serta di dalam sayur bayam ada juga mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium.

Tak hanya itu saja sayur bayam juga mempunyai kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, serta kalori dan lemak yang sedikit. Dengan demikian, teratur mengonsumsi sayur bayam akan membantu Anda dan keluarga dalam meningkatkan sistem imun sebagai pencegahan penularan virus.

Baca Juga:
Mengenal Lebih Dekat Ikan Buntal, Ikan Mahal Tapi Beracun
Bunga Saffron, Rempah Termahal di Dunia yang Belum Banyak Orang Tau!
Longyam! Budidaya Ikan dan Ayam Sekaligus, Iniloh Cara Jitunya

3. Jahe


Untuk jenis makanan yang bisa mencegah dari penularan virus selanjutnya berasal dari jenis rempah-rempah, yakni jahe. Sebab kandungan alami dari jahe sudah lama dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dan bahkan bisa meredakan sakit kronis serta menurunkan kolesterol. Apalagi sejak Chairul Anwar Nidom, seorang peneliti dari Universitas Airlangga Surabaya yang berhasil menemukan penangkal virus yang ampuh

Curcumin yang terkandung pada jahe ini juga bisa ditemukan pada temulawak dan kunyit, yang dipercaya sebagai bahan yang mampu menangkal virus. Jahe yang juga mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin, berperan penting dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

4. Bawang Putih


Selain jahe, adapun bahan dapur yang mampu mencegah penularan virus, bahan dapur tersebut yaitu bawang putih. Bukan hanya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan imun, bawang putih ini juga baik dalam menurunkan tekanan darah untuk memperlambat pengerasan pembuluh darah. Adanya senyawa aliicin yang membuat aroma khas yang terkesan aneh dari bawang putih, dan ternyata sangat bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya.

Tanaman bawang putih mempunyai khasiat antibakteri dan antivirus yang mampu memperkuat imunitas tubuh. Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, seng, fosfor, potassium, serta kalsium. Dari berbagai senyawa tersebut bisa membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh. Mungkin bisa Anda coba untuk makan bawang putih mentah kecil sebelum tidur sebagai upaya pencegahan dan efeknya akan bekerja selama Anda tidur.

5. Sayur Brokoli


Sayuran brokoli ini ternyata mampu mencegah penularan virus, sebab sayur brokoli ini kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E, serta mineral dan antioksidan yang mampu melawan sumber penyakit. Kandungan antioksidan dari sayur brokoli mampu membantu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh supaya tetap kuat.

Dengan mengonsumsi sayur brokoli terbukti mampu mengurangi stres oksidatif. Arti dari stress oksidatif yaitu kondisi ketika jumlah radikal bebas di tubuh melebihi kapasitas. Dan akibatnya sel-sel tubuh mengalami oksidasi lebih tinggi dan menimbulkan kerusakan.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
6. Buah Sitrus


Jenis makanan terakhir untuk mencegah penularan virus yaitu buah sitrus yang bisa Anda coba bersama keluarga. Untuk jenis buah yang tinggi akan vitamin C, buah sitrus bisa membantu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit.

Adapun beberapa jenis buah yang termasuk dalam jenis buah sitrus yaitu seperti lemon, anggur, jeruk nipis, jeruk mandarin, dan grapefruit. Cobalah mulai konsumsi berbagai jenis buah sitrus ini secara berselang dan berkala supaya tak bosan dengan rasa yang sama.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa mencegah dari penularan virus yang bisa Anda mulai konsumsi bersama keluarga, untuk upaya pencegahan dan menjaga kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Wajib Anda Tau, 6 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh!” dapat berguna dan bermanfaat.
Wajib Tau, Ini 6 Jenis Makanan yang Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh! Wajib Tau, Ini 6 Jenis Makanan yang Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh! Reviewed by Yoyon Oke on Oktober 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.