Jenis-jenis Anggrek yang Sedang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Bunga anggrek ialah salah satu jenis tanaman hias yang menempati posisi teratas sebagai tanaman hias terpopuler terutana di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa anggrek mempunyai berbagai jenis dengan bunga yang berbeda-beda? Ya, anggrek pula terkenal dengan jenisnya yang banyak terdiri dari ribuan jenis dengan ciri, keunikan, serta pesona yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga :

Nama latin anggrek ialah Orchidaceae, tumbuhan berbunga yang mempunyai jenis paling banyak. Berbagai jenis anggrek tersebar di seluruh dunia. Sebagian besar bunga anggrek berada di Brazil serta Indonesia. Di Indonesia, berbagai jenis bunga anggrek pula dapat ditemukan dengan gampang, sebab Indonesia mempunyai banyak hutan hujan tropis di mana tempat ini ialah tempat hidup bunga anggrek.


Cattleya
Kembang yang dibudiday bakal pada tahun 1824 oleh William Cattley ini dikenal dengan Queen of Orchid. Sebutan tersebut diilhami oleh keindahan serta kecantikan bunganya. Cattleya tumbuh menumpang pada pohon lain, ataupun lebih sering dikenal dengan epifit. Apabila daunnya berbentuk lebar serta pendek, maka tanaman ini bakal sering berbunga. Sebaliknya, bila daunnya sempit serta panjang, kembang ini bakal jarang berbunga.


Vanda
Tanaman berbunga cantik ini pertama kali ditemukan oleh William Roxburgh pada tahun 1795. Terkenal dengan sebutan Vanda, kembang ini sebenarnya mempunyai nama panjang Vanda tesselata roxb yang diberikan oleh W. Jones. Vanda ialah salah satu jenis monopodial di mana batang utamanya terus tumbuh ke atas tanpa batas. Untuk media pertumbuhannya, kembang ini dapat tumbuh di tanah ataupun menempel pada pohon lain.


Bulan
Ciri khas dari pemilik nama Latin Phalaenopsis amabilis ini ialah kelopak bunganya yang lebar, anggun, serta berwarna putih. Selain itu, kembang ini mempunyai daun yang berwarna hijau tua dengan bentuk bulat memanjang. Kecantikan mahkotanya inilah yang menjadikan anggrek bulan populer di Indonesia. Selain itu, sewaktu mekar, kembang ini mempunyai aroma yang wangi semerbak.


Dendrobium
Salah satu tanaman anggrek yang rajin berbunga ini mempunyai banyak varian warna serta aroma yang khas. Cara pertumbuhan dendrobium epifit, yaitu menumpang pada pohon lain, tetapi tak merugikan media yang ditumpanginya. Perawatan dari bunga ini relatif lebih gampang dibanding dengan jenis lainnya. Selain gampang perawatannya, dendrobium populer dipelihara oleh warga Indonesia sebab rajin berbunga serta tahan lama.


Laelia
Anggrek Laelia ialah macam anggrek selanjutnya yang mempunyai tampilan cantik serta elegan. Ciri khas anggrek laelia ialah bentuk petal ataupun kelopaknya yang agak menggulung, membuat anggrek jenis ini nampak lebih ramping dari anggrek jenis lainnya. Serta hal ini jugalah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari anggrek laelia. Anggrek jenis ini tentu cocok untuk mempercantik halaman ataupun kebun bunga Anda.


Oncidium
Anggrek oncidium ialah macam anggrek tercantik lainnya yang mempunyai kelopak berwarna cerah. Macam anggrek oncidium berukuran tak terlalu besar, dengan warna yang sangat mencolok serta menggugah perhatian. Bunga anggrek oncidium biasanya mempunyai pola belang berwarna kontras dengan latarnya. Warna yang bertabrakan inilah yang membuat anggrek oncidium menjadi unik, cantik serta memikat.
Jenis-jenis Anggrek yang Sedang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu? Jenis-jenis Anggrek yang Sedang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu? Reviewed by Gardener on Oktober 27, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Judul
dari telah membeli
Beli juga!