Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh!


Echinacea namanya, jenis tanaman bunga herbal yang sudah dimanfaatkan selama lebih dari 400 tahun untuk mengobati berbagai kondisi penyakit. Adapun jenis spesies dari Echinacea yang sering dimanfaatkan diantaranya yaitu Echinacea pallida, Echinacea angustifolia, dan Echinacea purpurea.

Zat yang terkandung dalam Echinacea Purpurea ini dikenal bisa membantu menghalangi infeksi penyakit pada bagian atas ataupun bawah sistem pernapasan. Karena varietas tanaman bunga herbal ini terdapat kandungan alkamida, asam kafein, glycoprotein, polysakarida, dan kandungan yang sangat baik untuk aktivitas antiinflamatori, serta stimulus imun. Dan juga jenis tanaman ini sangat baik untuk memperbaiki sistem imun, serta mengurangi gejala flu, infeksi, dan batuk. Khusus untuk Anda berikut ini sedikit ulasan tentang manfaat tanaman Echinacea.

Menurunkan Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Kandungan tanaman ini sebagai antidepresan yang sudah dibuktikan oleh Institut Budapest untuk Experimental Medicine. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan pada orang dewasa menurun setelah konsumsi selama tujuh hari. Akan tetapi, untuk mengobati kecemasan ADD atau ADHD hanya bisa memakai varietas tanaman Echinacea angustifolia.
Baca Juga: Yuk Intip Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol, Penasaran?
Memperbaiki Imunitas Tubuh

Menurut studi, manfaat utama tanaman herbal satu ini adalah menurunkan radang dan risiko penyakit menular. Kandungan dalam tanaman ini bermanfaat sebagai peningkat imunitas tubuh. Dengan semakin baiknya imunitas tubuh, orang tersebut akan lebih mudah menangkal berbagai serangan penyakit, terutama penyakit menular.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Connecticut membuktikan bahwa konsumsi Echinacea dapat menurunkan infeksi flu hingga 58 persen. Bahkan, Echinacea tak hanya mampu menurunkan kemungkinan tertular flu, namun juga durasi pilek dapat dikurangi hingga setengah hari.

Memiliki Efek Antiinflamasi

Berbagai bentuk peradangan terbukti dapat ditekan, bahkan diperlambat kondisinya dengan cara mengkonsumsi ekstrak dari tanaman Echinacea. Hal ini dibuktikan lewat penelitian oleh University of British Columbia. Bukan hanya itu, ekstrak dari tanaman Echinacea ini juga bermanfaat untuk mengobati keluhan uveitis. Uveitis adalah kondisi peradangan pada mata yang menyebabkannya jadi merah.

Berdasarkan laporan kesehatan yang diutarakan oleh National Institute of Health mengenai tanaman Echinacea. Untuk memperoleh manfaatnya Anda bisa mengkonsumsi teh herbal yang dengan kandungan Echinacea.
Baca Juga: Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?
Lawan Infeksi Bakteri dan Parasit

Tanaman herbal ini banyak diambil ekstraknya dan digunakan sebagai krim obat untuk mengatasi berbagai infeksi. Salah satu infeksi yang dapat diatasi, yakni infeksi vagina yang dapat diturunkan hingga 16 persen. Hal ini dikarenakan sifat dari tanaman Echinacea yang dapat menghambat perkembangan jamur Candida albicans.

Atasi Gangguan Penyakit Kulit

Tanaman ini memiliki kemampuan menghambat perkembangan dan pertumbuhan dari bakteri P. acnes yang memang dapat menimbulkan radang, seperti jerawat pada wajah.

Dalam ekstrak tanaman Echinacea ini mampu menekan penguraian kolagen akibat radikal bebas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar ahli, ekstrak tanaman Echinacea sangat bermanfaat mengatasi radang kulit, menyembuhkan luka, dan mengatasi gigitan serangga.
Baca Juga: Tak Banyak Orang Tau, Khasiat Susu & Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!
Turunkan Risiko Penyakit Kanker

Salah satu kandungan berharga dari tanaman Echinacea adalah phytochemical yang bermanfaat sebagai agen pencegah tumor. Dan hasil penelitian yang telah dirilis oleh National Institute of Health membuktikan bahwa sejauh ini kandungan phytochemical hanya ditemukan pada tanaman Echinacea.

Selain bermanfaat sebagai agen yang memerangi tumor, kandungan pada ekstrak Echinacea dapat mengatasi penyakit kanker. Oleh karena itu, pengobatan alami untuk terapi kanker kini sedang banyak menggunakan ekstrak tanaman Echinacea.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
Aktivitas Antioksidan

Pada ekstrak tanaman Echinacea ini ditemukan aktivitas antioksidan sangat tinggi yang mengandung senyawa alkamides dan cichoric acid. Kedua senyawa ini dikatakan merupakan senyawa khas yang ditemukan pada tanaman Echinacea. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang kuat pada tanaman ini terdapat pada ekstrak akar dari Echinacea. Dan berkaitan erat dengan kandungan cichoric acid dan phenolic.

Kandungan senyawa cichoric acid ini lebih efektif dan efisien sebagai agen antioksidan jika dibandingkan dengan senyawa flavonoid dan rosmarinic acid. Senyawa flavonoid sendiri adalah senyawa antioksidan yang sudah dikenal lama bermanfaat mengatasi radikal bebas.

Walaupun senyawa alkamides yang terkandung belum terbukti sebagai agen antioksidan, keberadaannya bisa meningkatkan aktivitas dari cichoric acid. Dengan semakin meningkatnya aktivitas cichoric acid, kemampuan antioksidan akan semakin meningkat dari tanaman Echinacea.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai “Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh!” dapat berguna dan bermanfaat.
Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh! Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh! Reviewed by Gardener on April 02, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.