15 Tanaman Hias yang Trending di Tahun 2020, Menambah Wawasan!


Halo, salam sejahtera untuk semua! Kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai artikel Tanaman Hias yang Sedang Populer di Tahun 2020! Mau tau apa saja tanaman hias tersebut, langsung saja kita simak penjelasannya.

Karena minimnya ruang hijau di daerah perkotaan sering sekali membuat mata tak segar. Oleh karena itu, tak jarang orang merawat tanaman hias di dalam ruangan. Baik itu di rumah ataupun di kantor. Dan ditambah lagi gaya hidup go-green belakangan ini menjadi populer, membuat berkebun ikut menjadi tren.

Jika ingin merawat dan mengoleksi tanaman hias, tapi bingung harus membeli tanaman jenis apa, lebih baik Anda membeli tanaman hias yang sedang populer. Sama halnya dengan tren fashion, tanaman juga punya tren setiap tahunnya yang berganti-ganti.

Untuk tren tanaman hias di tahun 2020 sendiri sebetulnya tak jauh berbeda dengan tahun 2019. Hanya saja, ada sejumlah tanaman yang belum begitu booming sebelumnya, dan sekarang dicari-cari banyak orang. Tanaman hias apa saja sih yang paling laris di tahun ini? Pertanyaan tersebut muncul bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui, tanaman hias sekarang ini adalah salah satu komoditas yang diperjualbelikan secara luas di pasaran.

Berkat perkembangan teknologi melalui berbagai kanal media sosial membuat tren pemakaian tanaman hias di rumah juga semakin meningkat. Dulu, mungkin tanaman hias hanya dilirik segelintir orang, tapi sekarang banyak yang berburu tanaman hias untuk mempercantik ruangan rumah, kamar kost, dll.

Dari tahun ke tahun, tren tanaman hias yang digemari bisa berubah-ubah tak tentu arah. Jadi sangat penting rasanya untuk terus memperbarui informasi mengenai tanaman hias yang sedang ngetren sekarang ini sebagai referensi. Nah, berikut beberapa jenis tanaman hias yang sedang populer di tahun 2020 yang mungkin ingin Anda miliki.

15 Tanaman Hias yang Sedang Trend di Tahun 2020


1. Philodendron Micans
Philodendron adalah tanaman yang mempunyai banyak spesies. Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, membuat Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman. Spesies Micans sendiri, memiliki warna daunnya hijau ke arah marun.


2. Maranta Red Prayer Plant
Tanaman hias yang sudah populer sejak tahun 2019 lalu. Para ahli tanaman, termasuk pehobi, mengatakan maranta sekarang semakin populer di tahun 2020 sebab keunikan tanamannya.

Warna hijau tua pada daunnya dengan garis-garis nadi berwarna merah di tengah daunnya. Jenis tanaman hias indoor ini cocok disimpan di bingkai jendela, bingkai di atas perapian, atau rak-rak yang perlu elemen dekorasi.


3. Opuntia Monacantha Variegata
Dikenal dengan nama Sukulen Pelangi ini adalah salah satu tanaman yang masih anggota keluarga kaktus. Faktor yang membuatnya unik yaitu warna hijau dari tanaman ini yang sangat muda. Warna tunasnya kemerahan menyerupai bintil, yang menambah keeksotisannya.


Baca Juga :
Penasaran dengan Tanaman Hias yang Viral Tahun Ini? Yuk Baca!
Mengintip Tujuan Perkembangan Teknologi Pertanian Modern di Indonesia
Negara-negara dengan Sistem Pertanian Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

4. Monstera
Tanaman Monstera ini memiliki arti yang abnormal, tak heran jika tanaman ini diberi nama tersebut. Bunga ini di Indonesia lagi hits dan memiliki nama yang sangat unik yaitu Janda Bolong. Monstera ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 sampai 130 meter loh!


5. Hoya
Asal tanaman hoya ini yaitu dari Asia Timur, tekstur dari tanaman ini lah yang membuatnya menjadi unik dan populer. Apabila dilihat sepintas, hoya tak seperti tanaman sungguhan sebab mempunyai daun yang berkilau seperti dilapisi lilin.


6. Epiphyllum Chrysocardium
Epiphyllum Chrysocardium ini dikenal dengan nama Selenicereus Chrysocardium, merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga kaktus ini mempunyai bentuk yang panjang, melengkung, dan pipih. Bahkan mampu menghasilkan bunga besar berwarna putih dengan benang sari emas.


7. Crocodile Fern
Jenis tanaman dengan nama Latin Microsorum Musifolium ini merupakan tanaman pakis, akan tetapi dari jenis yang sangat eksotis. Sebagai tanaman hias yang sedang populer, Crocodile Fern sangat banyak digemari sebab mudah beradaptasi dengan cuaca dan perawatannya juga tak sulit. Ciri khasnya yaitu mempunyai daun yang berkilau, teksturnya cukup tebal seperti kulit aligator.


8. Cryptanthus Red
Karena bentuk yang seperti bintang dan warna merah mencoloknya, yang membuat tanaman ini banyak dicari orang. Tetapi Anda yang mau merawat tanaman ini harus memastikan bahwa cahaya yang didapatkannya akan maksimal. Bila ditempatkan di ruang minim cahaya, warna yang dikeluarkan akan pudar.


9. Calathea Cynthia
Tanaman jenis Calathea banyak dikenal karena coraknya yang cantik dan indah. Jenis tanaman Calathea sebetulnya ada banyak. Akan tetapi untuk jenis satu ini, umumnya disebut sebagai Calathea mutasi. Sebab, terdapat perpaduan hijau muda dan merah muda pada daunnya.


10. Calathea Black Lipstick
Calathea Black Lipstick ini masih satu anggota dengan Calathea Cynthia, namun jenis Calathea yang satu ini lebih unik lagi. Warna hijau gelap keunguan pada daunnya, terdapat corak garis berwarna merah muda yang menyerupai coretan lipstik.


11. Begonia
Memang baru-baru ini, tanaman Begonia populer di Indonesia. Tanaman dengan daun asimetris dan corak polkadot ini mulai dilirik oleh pecinta tanaman hias di Indonesia, sebab semakin banyaknya komunitas pecinta Begonia di luar negeri.


12. Aglonema
Sebagian besar dari Anda mungkin lebih mengenal tanaman ini dengan nama Sri Rejeki. Tanaman yang memiliki perpaduan warna merah muda pada sisi daunnya ini memang sudah terkenal sebagai tanaman yang paling cocok untuk siapa saja.


13. Lidah Mertua
Lidah mertua memiliki nama latin Sansaveira, bunganya tak hanya cantik, tetapi juga menyimpan segudang manfaat. Tanaman ini mampu membersihkan sirkulasi udara di dalam rumah, udara di dalam rumah bisa menjadi lebih bersih. Ditambah lagi, lidah mertua termasuk tanaman hias yang tahan banting sebab bisa bertahan hidup dalam kondisi apapun.


14. Lidah Buaya
Aloe vera atau lidah buaya sering dianggap sebagai tanaman obat, karena khasiat lidah buaya untuk kesehatan sangatlah banyak. Tetapi nyatanya, tanaman lidah buaya juga gampang untuk dibudidayakan di dalam rumah dan dijadikan tanaman hias. Tak mudah mati meskipun tidak disiram berhari-hari, cocok untuk Anda yang suka tanaman minim perawatan!


15. Anggrek Mutiara Hitam
Tanaman bunga anggrek selalu menjadi idola sebab dari sekian banyak jenisnya yang beragam hampir semuanya mempunyai tampilan yang sangat cantik. Akan tetapi, tanaman anggrek yang sedang populer sekarang ini adalah anggrek mutiara hitam atau black jewel orchid.

Nah, sebelum memelihara tanaman hias, ketahui dulu hal berikut ini!

Memelihara tanaman hias memang banyak manfaatnya. Akan tetapi tetap saja, Anda harus memerhatikan sejumlah hal saat memelihara makhluk hidup. Bagi para pemula, lebih baik untuk mengetahui dulu kondisi cuaca di sekitar rumah sebelum memilih jenis tanaman.

Semisal curah hujan lebih tinggi di daerah rumah Anda, maka Anda jangan memelihara tanaman yang cepat busuk bila terlalu sering terkena air. Dan apabila Anda adalah orang yang sibuk dan tak sempat merawat tanaman, maka pilihlah tanaman yang minim perawatan.

Yups, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Kembali penulis mengingatkan jangan lupa untuk share, agar artikel ini bermanfaat bagi semua orang, Sekian dan Terima kasih.

15 Tanaman Hias yang Trending di Tahun 2020, Menambah Wawasan! 15 Tanaman Hias yang Trending di Tahun 2020, Menambah Wawasan! Reviewed by Yoyon Oke on Oktober 13, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.