Unik, Ikan Ini Punya Daging Berwarna Biru! Bagaimana Bisa?

Tahukah kamu apa itu ikan lingcod? Nama lingcod mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Lingcod adalah ikan laut yang mempunyai wujud menyeramkan dengan warna tubuh dominan abu-abu kebiruan. Walaupun penampilannya terkesan menyeramkan, ikan lingcod tak berbahaya bagi manusia dan aman dikonsumsi.

Baca Juga :

Ikan ini rata-rata punya panjang sekitar 152 cm dan berat bobot sekitar 59 kg. Ikan lingcod ialah adalah salah satu ikan yang ganas dan mudah ditemukan di Samudra Pasifik Utara, terutama di perairan Alaska, Washington, California, Oregon, dan British Columbia.

Lingcod merupakan ikan yang gemar memangsa ikan-ikan kecil, gurita, cumi-cumi, dan kepiting. Ikan ini punya kepala dan mulut besar yang dilengkapi dengan 18 gigi tajam. Uniknya lagi, lingcod punya kemampuan regenerasi gigi yang luar biasa. Ikan lingcod dapat kehilangan dan mengganti hingga 20 gigi per hari.

Keramba ikan adalah tempat budidaya ikan skala besar yang biasa dilakukan di tambak/laut. Jika anda ingin membudidayakan ikan dengan keramba, tentu membutuhkan jaring keramba. Butuh jaring PE untuk keramba? Klik disini sekarang!

Ikan lingcod adalah salah satu spesies ikan yang paling tidak biasa atau unik di dunia, hal itu karena ikan ini punya daging berwarna biru dan hanya sedikit orang yang beruntung bisa merasakannya.

Namun faktanya, hanya sekitar 20% ikan lingcod di dunia yang mempunyai daging berwarna biru, sisanya mempunyai daging berwarna putih biasa. Ikan lingcod yang lebih tua cenderung punya daging yang lebih biru daripada yang lebih muda.

Bagaimana daging ikan lingcod bisa berwarna biru?

Warna biru pada daging lingcod disebabkan oleh pigmen empedu yang disebut biliverdin. Biliverdin adalah produk sampingan dari pemecahan hemoglobin dalam sel darah merah.

Pada kebanyakan ikan, biliverdin dikeluarkan dari tubuh melalui empedu, namun pada lingcod, biliverdin terikat pada protein dalam daging dan membuatnya berwarna biru. Warna biru pada daging lingcod sendiri tidak berbahaya dan tak mempengaruhi rasa atau teksturnya. Hanya saja warna biru akan menghilang ketika daging sudah dimasak.

Baik yang berwarna putih atau biru, daging lingcod tetap aman untuk dimakan dan merupakan sumber protein yang baik. Rata-rata orang yang pernah merasakan daging lingcod mengatakan bahwa rasanya sangat lezat menyerupai rasa ikan kod atau halibut.

Referensi :

https://techno.okezone.com/read/2023/04/12/56/2797519/mengenal-lingcod-ikan-unik-yang-memiliki-daging-bewarna-biru?page=all

Unik, Ikan Ini Punya Daging Berwarna Biru! Bagaimana Bisa? Unik, Ikan Ini Punya Daging Berwarna Biru! Bagaimana Bisa? Reviewed by Pak Tani on Maret 02, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.