Kalender Musim Buah di Indonesia dalam Setahun, Menakjubkan!

Indonesia dengan iklim tropisnya, diberkahi dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, termasuk berbagai jenis buah-buahan. Setiap musim menghadirkan panen buah yang berbeda, menawarkan rasa serta warna yang unik untuk dinikmati.

Musim buah di Indonesia bukan hanya tentang rasa dan warna, tetapi juga tentang tradisi dan budaya. Di berbagai daerah, terdapat tradisi panen dan festival buah yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Baca Juga :

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan istilah musim buah. Dalam setahun, selalu saja ada periode musim buah yang dapat dinikmati.

Mengamati kalender musim buah mungkin dapat menjadi cara mudah untuk mengetahui kapan saja buah-buahan ini bisa Anda nikmati dengan harga lebih terjangkau. Berikut jadwal musim buah-buahan di Indonesia.

Januari - Maret

Pada kuartal pertama atau bulan Januari hingga Maret, buah favorit masyarakat Indonesia yang biasa panen melimpah adalah durian, rambutan, salak, jambu biji, jeruk nipis, alpukat, manggis, sawo, kedondong, duku, dan belimbing. Bulan Maret juga menjadi awal musim panen dari buah sirsak. Sirsak sendiri akan terus berbuah hingga bulan Desember mendatang.

April - Juni

Selama periode bulan April sampai Juni, hanya buah kesemek dan jeruk manis yang berbuah melimpah pada periode ini. Buah lainnya yang juga panen besar adalah salak, jeruk nipis, duku, dan jeruk bali. Beberapa ada yang tetap dipanen, tapi berbuah sedikit seperti kedondong, jambu biji, dan jambu air.

Brongsong buah sangat penting digunakan untuk budidaya buah skala besar, agar buah selalu terlindungi dan tetap sehat. Butuh brongsong buah? Klik disini sekarang!

Juli - September

Terdapat kurang lebih tujuh jenis buah yang berbuah lebat pada bulan Juli sampai September. Semuanya tentu tampak menggiurkan, seperti jeruk manis, belimbing, kesemek, melon, jambu mete, jambu bol, serta mangga. Hingga bulan Desember, beberapa buah seperti jambu air, jeruk bali, jambu biji, dan kedondong masih terus berbuah, meskipun sedikit.

Oktober - Desember

Pada kuartal keempat, yakni bulan Oktober hingga Desember merupakan surganya para pecinta buah durian. Hal tersebut karena durian sudah memasuki puncak musim panen dan kualitas durian yang dihasilkan sedang pada titik terbaik. Selain durian, buah lain yang akan terus berbuah hingga periode awal, yakni manggis, rambutan, alpukat, dan sawo.

Januari - Desember

Selain beberapa buah diatas, ternyata ada buah-buahan di Indonesia yang tidak mengenal musim atau tepatnya dapat dijumpai setiap waktu dan jumlah panennya tetap stabil, antara lain buah nangka, pepaya, pisang, nanas, melon, anggur, melon dan sirsak. Buah-buahan tersebut masuk ke dalam golongan buah sepanjang tahun, bukan buah musiman.

Referensi :

https://indonesiabaik.id/infografis/kapan-musim-buah-di-indonesia

Kalender Musim Buah di Indonesia dalam Setahun, Menakjubkan! Kalender Musim Buah di Indonesia dalam Setahun, Menakjubkan! Reviewed by Pak Tani on Februari 24, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.