5 Rekomendasi Pakan untuk Jangkrik Ternak, Bikin Cepat Besar!

Ternak jangkrik dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan relatif mudah dilakukan. Jika ternak jangkrik dilakukan dalam skala besar, biasanya bertujuan untuk bisnis pakan hewan peliharaan. Pasalnya, beberapa hewan seperti burung, reptil, serta ikan hias suka memakan jangkrik.

Baca Juga :

Dalam budidaya atau ternak jangkrik, salah satu hal yang perlu diperhatikan tentu saja pemilihan pakan untuk jangkrik. Dengan pemilihan pakan yang tepat, jangkrik yang dibudidayakan dapat mempunyai ukuran ideal dengan nutrisi yang terpenuhi. Berikut 5 pakan terbaik untuk jangkrik ternak.

1. Pur Ayam

Pakan pertama yang disarankan adalah pur ayam. Selain menjadi sumber protein yang tinggi, pur ayam juga mengandung karbohidrat yang baik untuk jangkrik. Pur ayam sendiri adalah pakan ayam yang terbuat dari campuran dedak, bekatul, bungkil, tepung ikan, dan beberapa bahan tambahan. Sebelum diberikan, pur harus dihaluskan lebih dulu agar lebih gampang dicerna jangkrik.

2. Buah-buahan

Jangkrik adalah serangga omnivora, sehingga buah-buahan pun dapat dijadikan pakan. Buah-buahan seperti pepaya, pisang, dan apel bisa diberikan sebagai sumber vitamin dan air. Pastikan buah-buahan dicuci dahulu sebelum diberikan kepada jangkrik.

3. Sayur-sayuran

Jenis pakan lain yang dapat diberikan untuk jangkrik adalah sayuran yang mengandung banyak air. Dengan memberikan sayuran pada jangkrik, maka kebutuhan air pun terpenuhi.

Untuk anakan jangkrik, Anda bisa memberi sayuran bertekstur lunak seperti sawi putih yang sudah terbebas dari pestisida. Wortel juga dapat diberikan sebagai sumber air dan vitamin A.

Waring hitam cocok digunakan sebagai pembatas kandang atau pagar kebun, karena harganya lebih ekonomis namun tetap kuat digunakan. Butuh waring hitam? Klik disini sekarang!

4. Batang Pohon Pisang

Batang pisang atau gedebok pisang ialah salah satu pakan jangkrik yang bagus. Jenis pakan ini tak hanya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun juga kebutuhan air jangkrik.

Pilih batang pisang yang belum busuk dan masih segar. Pasalnya, gedebok pisang yang masih segar biasanya mengandung tidak lebih dari 50% air.

5. Daun dan Batang Pohon Pepaya

Anda punya pohon pepaya di sekitar rumah? Manfaatkan saja daun dan batang pohonnya untuk pakan jangkrik! Caranya adalah rendam dahulu daun pepaya selama 10 menit lalu tiriskan. Lanjut, berikan kepada jangkrik dalam kondisi tidak terlalu basah dan tak terlalu kering.

Untuk batang pepaya, Anda cukup memberikan pakan ini 10 hari menjelang jangkrik dipanen. Pakan tersebut mengandung serat tinggi namun kadar airnya rendah. Komposisi kandungan tersebut membuat jangkrik tetap lincah dan tak mudah mati saat dipanen.

Referensi :

https://tirto.id/cara-budidaya-jangkrik-bagi-pemula-upaya-ternak-satwa-harapan-gpob

https://berita.99.co/makanan-jangkrik/

5 Rekomendasi Pakan untuk Jangkrik Ternak, Bikin Cepat Besar! 5 Rekomendasi Pakan untuk Jangkrik Ternak, Bikin Cepat Besar! Reviewed by Pak Tani on Maret 09, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.