Cara Membuat Kompos Organik dari Batang Pisang, Yuk Coba!

Pisang merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Secara umum, budidaya pisang di Indonesia lebih diarahkan untuk diambil buah serta daunnya. Batang pisang atau yang sering disebut gedebog, banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak saja.

Baca Juga :

Padahal, semua bagian pohon pisang bisa dimanfaatkan termasuk gedebog, salah satunya sebagai media tanam untuk pertumbuhan tanaman. Berikut cara membuat pupuk kompos dengan batang pisang supaya tanaman tumbuh subur serta kualitas tanah meningkat.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan :

  • Batang pisang
  • Gula merah 200 gram
  • EM4
  • Ember (bak plastik)
  • Kantong plastik
  • Sabit (parang)
  • Tali rafia

Sebelum terkena penyakit dan hama berbahaya, segera bungkus buah pisang Anda di kebun dengan brongsong buah! Cek harganya disini.

Cara membuat kompos organik dari batang pisang :

  1. Ambil beberapa batang pisang, siapkan ember plastik dan parang atau sabit. Lanjut, cacah kecil-kecil batang pisang dengan parang. Lalu masukkan ke dalam ember atau bak plastik hingga penuh.
  2. Larutkan gula merah 200 gram ke dalam 1 liter air.
  3. Kemudian masukkan 1 tutup botol EM4 ke dalam larutan gula merah. Aduk sampai kedua bahan tercampur merata.
  4. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan EM4 serta gula merah ke cacahan batang pisang, lakukan sambil mengaduk perlahan agar merata.
  5. Lanjut, masukkan cacahan batang pisang ke dalam plastik hitam. Hentak-hentakkan plastik supaya semua bagian plastik terisi. Lalu ikat plastik dengan tali rafia. Pastikan tak ada udara di dalam plastik.
  6. Simpan plastik ke dalam ruang gelap kurang lebih 2-4 minggu untuk proses fermentasi.
  7. Setelah fermentasi selesai, cacahan batang pisang bakal mengalami perubahan warna dan bentuk. Dan akhirnya, Anda dapat menggunakan kompos organik ini pada tanaman kesayangan.

Kompos batang pisang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman. Beberapa manfaat kompos organik ini antara lain; meningkatkan kesuburan tanah, memperkuat tanaman, meningkatkan hasil panen, dan menjaga kesehatan tanah.

Selain itu, batang pisang mengandung beberapa unsur penting seperti nitrogen dan kalium. Membuat kompos organik dari batang pisang ialah cara yang mudah serta ramah lingkungan dalam rangka mendaur ulang limbah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Referensi :

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/20/165300076/kandungan-batang-pisang-dan-cara-mengolahnya-jadi-media-tanam?page=all

Cara Membuat Kompos Organik dari Batang Pisang, Yuk Coba! Cara Membuat Kompos Organik dari Batang Pisang, Yuk Coba! Reviewed by Pak Tani on Februari 03, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.