Apakah Tanaman Juga Tidur Seperti Makhluk Hidup Lainnya?

Mungkin, pernah terlintas dibenak anda 'apakah tanaman juga tidur? jika iya, seperti apa tidurnya?'. Jawaban singkatnya adalah iya, tanaman juga tidur seperti makhluk hidup lainnya. Akan tetapi, tidur pada tanaman berbeda dengan tidur pada manusia dan hewan.

Jika definisi tidur diartikan sebagai menutup mata, jelas tanaman tidak melakukannya karena tidak memiliki mata. Namun, jika tidur dimaksudkan sebagai mengistirahatkan tubuh, maka tanaman memang melakukannya.

Baca Juga :

Tidur pada manusia dan hewan ialah suatu proses fisiologis yang ditandai dengan penurunan kesadaran, penurunan aktivitas fisik, serta perubahan pola pernapasan dan denyut jantung. Tidur dibutuhkan untuk menjaga kesehatan serta fungsi tubuh.

Tidur pada tanaman, di sisi lain, tak ditandai dengan penurunan kesadaran atau aktivitas fisik. Tanaman tetap dapat melakukan fotosintesis dan respirasi di malam hari. Namun, tanaman mempunyai pola aktivitas yang berbeda di siang dan malam hari.

Di siang hari, tanaman membuka daunnya untuk menangkap cahaya matahari dan melakukan fotosintesis. Sedangkan malam hari, tanaman menutup daunnya untuk mengurangi penguapan air. Tanaman juga melakukan proses metabolisme lain di malam hari, seperti perbaikan sel serta pertumbuhan.

Pola aktivitas tanaman ini dipengaruhi oleh ritme sirkadian, atau siklus biologis yang terjadi dalam waktu 24 jam. Ritme sirkadian pada tanaman diatur oleh hormon auksin, yang mana diproduksi oleh tanaman dalam jumlah yang lebih banyak pada siang hari.

Musim hujan tiba, segera berikan perlindungan pada tanaman anda dengan paranet. Apa itu paranet? Berapa harganya? Klik disini untuk info lengkap.

Berikut beberapa contoh pola aktivitas tanaman di siang dan malam hari :

  • Daun : Kebanyakan daun tanaman membuka di siang hari dan menutup di malam hari. Hal tersebut untuk mengurangi penguapan air di malam hari.
  • Bunga : Beberapa bunga seperti tulip dan anggrek, akan mekar di siang hari dan layu di malam hari. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian hewan penyerbuk.
  • Buah : Beberapa tanaman buah seperti stroberi dan tomat, akan matang di malam hari. Hal ini untuk memudahkan penyerbukan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tanaman juga tidur, tetapi tidur pada tanaman berbeda dengan tidur manusia dan hewan. Tidur pada tanaman ditandai dengan perubahan pola aktivitas di siang dan malam hari, yang dipengaruhi oleh ritme sirkadian.

Selain itu, kesimpulan serupa pernah diungkapkan sejumlah peneliti berabad-abad lalu. Salah satu yang terpopuler adalah Charles Darwin (1809-1882) yang mencatat bahwa pergerakan tanaman di malam hari, daun-daun dan tangkai tampak tertidur.

Referensi :

https://www.rumahku.com/artikel/read/apakah-tanaman-tidur-seperti-makhluk-hidup-lainnya-414742

Apakah Tanaman Juga Tidur Seperti Makhluk Hidup Lainnya? Apakah Tanaman Juga Tidur Seperti Makhluk Hidup Lainnya? Reviewed by Pak Tani on Desember 02, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.