8 Buah yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Dijamin Aman!

Sejatinya, tubuh manusia membutuhkan nutrisi dari makanan seperti sayur dan buah setiap harinya. Selain kaya serat, buah banyak mengandung vitamin dan mineral. Bicara soal buah, tahukah kamu bahwa sebagian buah dapat dimakan dengan kulitnya?

Baca Juga :

Ya, hal tersebut memang benar adanya, seperti contoh buah apel dan anggur. Yang jelas sebelum dikonsumsi, buah-buah tersebut perlu dibersihkan dahulu. Berikut daftar buah yang bisa dimakan dengan kulitnya.

1. Apel

Buah apel sebaiknya memang dimakan dengan kulitnya karena di bagian tersebut, ada banyak serat yang penting untuk sistem pencernaan. Yang menarik, kandungan serat dan vitamin pada kulit apel ternyata lebih banyak dibanding daging buahnya.

2. Pir

Buah pir kaya akan nutrisi berharga dan bagian kulitnya menyimpan setengah dari serat makanan. Kulit buah pir mengandung fitonutrien antioksidan dan anti-inflamasi yang mencegah peradangan.

3. Stroberi

Stroberi memang lazimnya dimakan seluruh bagian buahnya, kecuali tangkai dan daun di atasnya. Buah berwarna merah ini mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, mangan, folat, dan potasium.

4. Anggur

Buah ini memang banyak dikonsumsi dengan kulitnya, dan hanya menyisakan bijinya saja karena memang tidak bisa dimakan. Kulit anggur sendiri mempunyai semua fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak manusia.

Musim kemarau, tanaman jadi lebih mudah layu dan berisiko mati. Cepat berikan peneduh supaya tetap aman! Untuk urusan peneduh tanaman, percayakan saja pada paranet! Cek harganya disini.

5. Sawo

Meski banyak yang memilih mengupas kulitnya, sebenarnya sawo sangat aman dimakan dengan kulitnya, kamu hanya perlu mencucinya dahulu dengan air mengalir. Kulit sawo sendiri mengandung vitamin A, serat dan antioksidan.

6. Belimbing

Memiliki tekstur buah yang halus, kulit belimbing tentu aman untuk dimakan dan justru mengandung serat tambahan yang baik untuk pencernaan. Belimbing sendiri termasuk salah satu buah rendah kalori dan kaya vitamin C.

7. Kiwi

Meski berbulu halus, kiwi sebenarnya aman dikonsumsi bersama kulitnya, dengan catatan buah sudah dibilas air bersih. Kiwi mengandung sejumlah nutrisi penting, salah satunya serat yang ternyata 50% berada di bagian kulitnya.

8. Kurma

Buah kurma itu seperti anggur, kulitnya lunak jadi bisa langsung di makan dan menyisakan bijinya saja. Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini punya segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Referensi :

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/siti-anisah-2/buah-yang-bisa-dimakan-dengan-kulitnya-c1c2?page=all

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/7-buah-dan-sayuran-yang-bisa-dikonsumsi-tanpa-mengupas-kulitnya

8 Buah yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Dijamin Aman! 8 Buah yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya, Dijamin Aman! Reviewed by Pak Tani on Oktober 07, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.