Subscribe Newsletter

7 Cara Membuat Buah Mentah Jadi Cepat Matang, Yuk Catat!

Buah-buahan adalah sumber mineral serta vitamin yang penting untuk tubuh. Namun, mengetahui tingkat kematangan buah sendiri terbilang susah-susah gampang.

Tak jarang saat kita membeli buah, entah di pasar tradisional ataupun pasar swalayan, kondisinya masih belum layak dimakan, belum masak atau matang.

Tapi kamu tak perlu khawatir, terdapat beberapa cara guna membuat buah mentah ataupun setengah matang tadi menjadi matang sempurna.

Baca Juga :

Perlu digaris bawahi, tentu saja bukan berarti kamu bisa seenaknya memetik atau membeli buah yang belum matang lalu sengaja menerapkan cara-cara berikut.

Buah yang matang di pohon pastinya punya kualitas lebih baik. Tak perlu berlama-lama, berikut cara mudah membantu buah mentah jadi cepat matang.

1. Beri daun lamtoro

Jika kamu punya pisang atau mangga yang masih mentah, coba masukkan ke dalam kantong plastik lalu beri beberapa daun lamtoro (petai cina). Daun lamtoro diketahui mengandung zat etilen yang tinggi. Etilen sendiri adalah zat pematang yang biasa ada pada tanaman.

2. Masukkan ke dalam beras

Ingin buah mangga mentah jadi matang sempurna? Letakkan saja mangga di dalam wadah berisi beras penuh, kemudian cek tiap 6-12 jam sekali. Atau jika tak ingin repot, cek saja dalam waktu 24 jam.

3. Masukkan ke dalam biji popcorn

Kamu dapat menyimpan buah yang masih mentah ke dalam wadah berisi biji popcorn. Hal tersebut akan membuat gas etilen bekerja lebih maksimal.

Agar buah terlindungi dari segala ancaman sepeti hama, penyakit, cuaca tak menentu, maka perlu diberi brongsong buah. Anda butuh brongsong buah? Klik disini untuk cek harganya!

4. Bungkus dengan paper bag

Simpan buah mentah dalam paper bag, lalu diamkan. Kamu dapat menambahkan buah apel atau pisang ke dalam paper bag berisi buah mentah tadi. Kandungannya dapat membantu mempercepat matangnya buah.

5. Bungkus dengan koran bekas

Kalau kamu punya tomat mentah dan ingin segera mematangkannya, cobalah bungkus dengan koran bekas lalu letakkan di rak dengan suhu ruangan.

6. Bungkus dengan kain linen

Bungkus setiap buah dengan kain linen, kemudian taruh dalam wadah dan diamkan. Pastikan buah tak bersentuhan satu sama lain agar tak merusak teksturnya

7. Bungkus dengan kain serbet

Selain dengan kain nilen, kamu bisa mematangkan buah mentah dengan menaruhnya dalam mangkok, lalu membungkusnya dengan kain serbet bersih. Tempatkan dalam suhu ruangan dan tunggu selama beberapa hari.

Referensi :

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/06/29/298/1915883/3-tips-bikin-buah-lebih-cepat-matang

https://www.idntimes.com/food/recipe/prila-arofani/cara-membuat-buah-mentah-jadi-cepat-matang?page=all

https://www.merdeka.com/sehat/begini-cara-alami-dan-lawas-untuk-buat-buah-lebih-cepat-matang.html

7 Cara Membuat Buah Mentah Jadi Cepat Matang, Yuk Catat! 7 Cara Membuat Buah Mentah Jadi Cepat Matang, Yuk Catat! Reviewed by Pak Tani on Januari 07, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk