Kupas Tuntas Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Jagung adalah salah satu makanan yang sehat dan banyak disukai. Salah satu kandungan terbanyak pada jagung adalah serat. Jagung juga kaya akan vitamin B9 (folat).

Tak hanya itu, jagung juga mengandung vitamin B1, vitamin C, protein, magnesium serta potassium. Jagung dapat diolah dengan banyak cara, salah satunya direbus.

Baca Juga :

Tekstur jagung berubah lebih lembut dengan rasa manis ketika direbus. Jagung rebus juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh karena kandungannya yang melimpah. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasannya.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu cara untuk menjaga berat badan agar tetap ideal yakni dengan mengatur asupan makanan. Jagung rebus diketahui menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu diet. Manfaat tersebut muncul dikarenakan jagung mengandung kalori rendah namun seratnya tinggi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kombinasi asam lemak yang optimal di dalam jagung rebus memungkinkan asam lemak omega 3 mampu menyingkirkan kolesterol jahat serta menggantikannya di tempat pengikatan.

Hal ini bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Sebab kandungan tersebut bisa mencegah penyumbatan di arteri, sehingga tekanan darah akan makin terkontrol.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Jagung rebus ternyata juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dalam bentuk senyawa lutein serta zeaxanthin.

Kedua senyawa tersebut diketahui mampu mencegah degenerasi makula yang sering menimpa orang tua. Selain itu, jagung rebus juga kaya vitamin C, vitamin E, tembaga, serta zinc yang mampu memelihara kesehatan mata dengan baik.

Waring sayur adalah sak khusus panen sayur dan buah yang terbuat dari bahan plastik berkualitas. Anda butuh waring sayur? Klik disini untuk cek harganya!

4. Memelihara Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang ada pada jagung rebus dapat mencegah proses penuaan kulit. Selain itu, kandungan mineral serta vitamin yang ada juga dapat membantu kulit makin terlihat cerah. Tak hanya itu, jagung rebus juga mengandung vitamin E yang dapat mencegah jerawat pada wajah.

5. Mencegah Diabetes

Kandungan vitamin B yang ada dalam jagung rebus dapat mengatur metabolisme protein, lipid, karbohidrat, serta fitokimia yang mengatur pelepasan insulin.

Jagung mempunyai indeks glikemik sebesar 58, dan menjadikannya makanan super bagi penderita diabetes. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya mampu membantu mengendalikan diabetes.

Referensi :

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-jagung-rebus

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6290e18e33a12/8-manfaat-jagung-rebus-salah-satunya-bisa-cegah-kanker-usus

Kupas Tuntas Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan Tubuh Kupas Tuntas Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Pak Tani on Februari 25, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.