Budidaya Rumput Laut, Salah Satu Bisnis yang Menjanjikan

Indonesia adalah negara maritim. Negara ini memiliki sumber daya perikanan serta kelautan yang begitu besar, sehingga Indonesia kerap disebut sebagai salah satu sumber daya kelautan terbesar di dunia.

Baca Juga :

Salah satu hasil kekayaan laut di Indonesia adalah rumput laut. Di pertengahan 2022, harga rumput laut kering berkisar Rp27 ribu per kg. Bagi anda yang tinggal di wilayah pesisir pantai, hal tersebut merupakan peluang bagus.

Anda dapat memulai bisnis budidaya rumput laut lebih mudah. Tak hanya permintaan pasar yang tinggi, keuntungan budidaya rumput laut lainnya ialah penyerapan tenaga kerja yang tak memandang perbedaan usia dan gender.

Budidaya rumput laut sendiri tidaklah sulit serta tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk anda yang berminat membudidayakan rumput laut, berikut beberapa cara yang bisa diikuti.

1. Pemilihan Lokasi

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menentukan lokasi budidaya, antara lain :

  • Pastikan perairan cukup tenang
  • Kedalaman tidak kurang dari 70 cm ketika surut rendah serta tak lebih dari 200 cm ketika pasang
  • Lokasi terlindung dari ombak serta angin kencang
  • Lokasi mempunyai sediaan rumput alami
  • Lokasi didukung dasar perairan bersifat substrat  atau berlumpur atau sedikit berpasir

2. Uji Penanaman

Tahap ini wajib dilakukan guna menguji potensi lokasi terpilih, supaya anda tak mengalami kerugian di masa mendatang. Menguji lokasi penanaman dikerjakan dengan metode jaring serta tali.

Tali yang dipakai yakni tali monofilamen yang diikatkan pada 2 tiang pancang (patok) dengan jarak 10-12 meter. Sedangkan uji penanaman metode jaring, pilih jenis monofilament berukuran 5×2,5 m yang juga diikatkan pada tiang pancang.

3. Memilih Metode Budidaya

Membudidayakan rumput laut sendiri bisa anda lakukan dengan 3 macam metode, tinggal sesuaikan saja dengan posisi tanaman dan dasar perairan. 3 metode tersebut antara lain :

  1. Metode Dasar, yakni metode pembudidayaan rumput laut memakai bibit diikat dan ditebarkan ke dasar perairan.
  2. Metode Lepas Dasar, ialah metode pembudidayaan rumput laut yang dikerjakan dengan cara mengikatkan bibit pada rentangan tali nilon.
  3. Metode Apung, yakni rekayasa dari metode lepas dasar.

4. Pemilihan dan Pengumpulan Bibit

Bibit rumput laut dapat dikumpulkan dari pembibitan langsung. Pengumpulan bibit pun bisa dilakukan dengan beberapa teknik seperti penyebaran spontan dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Teknik pengumpulan bibit lainnya yakni dengan cara direndam air laut berkonsentrasi 1,030 g/cm3 selama 25 menit. Berikut ciri-ciri bibit rumput laut yang unggul dan berkualitas, antara lain :

  • Tak mengelupas
  • Warna lebih cerah
  • Tak terlihat bercak-bercak pada batangnya
  • Rimbun dan mempunyai banyak cabang
  • Dikumpulkan langsung dari lokasi perairan
  • Berusia sekitar 25-35 hari

5. Cara Menanam Bibit

Ketika pengangkutan dari habitat asli, bibit rumput laut wajib terendam air. Kebanyakan petani memakai box kotak stirofoam guna mengangkut bibit dari habitatnya.

Anda bisa menyusun bibit rumput laut secara berlapis serta berselang antara pangkal tallus serta ujung tallus. Beri lapisan kain yang telah dibasahi air laut di antara lapisan satu dengan lainnya.

Anda juga perlu memastikan bahwa bibit terhindar dari air hujan supaya proses pertumbuhan serta panen rumput laut lancar. Berikut cara menanam bibit rumput laut dengan benar, antara lain :

  1. Siapkan tali guna menggantungkan bibit, kemudian ikat bibit tersebut pada tali penggantung.
  2. Panjangkan tali berisikan ikatan rumput tadi, lalu posisikan sekitar 30 cm di dasar perairan.
  3. Jarak ideal guna rentangan tali yakni sekitar 20-30 cm.

Waring ikan adalah waring hitam yang biasa digunakan untuk pagar kolam perikanan. Anda butuh waring ikan? Beli saja di toko kami! Klik disini untuk cek harganya.

6. Perawatan Rumput Laut

Supaya pertumbuhan rumput laut lancar, anda wajib merawatnya serajin mungkin. Langkah-langkah merawat rumput laut dengan benar, antara lain:

  1. Bersihkan rumput laut dari hama yang ada di sekitarnya, dan pastikan tak ada tanda-tanda terserang penyakit.
  2. Hama yang wajib disingkirkan adalah teripang, ikan baronang, bulu babi, larva bulu babi, serta ikan herbivora lainnya.
  3. Pastikan selalu ada sinar matahari yang masuk ke dalam perairan.
  4. Pastikan juga tali penggantung bersih dari tumbuhan liar serta sampah.
  5. Periksa tali penggantung yang telah terlihat rentan, dan ganti jika diperlukan.

7. Panen Rumput Laut

Masa pemanenan tergantung dari tujuan budidaya. Jika tujuannya guna pembibitan, maka anda dapat memanen rumput laut pada usia 25-35 hari.

Sementara itu, jika produksi rumput laut tinggi dan ditujukan untuk produksi besar, umur paling tepat yakni sesudah 45 hari.

Pemanenan rumput laut dikerjakan dengan cara mengangkat seluruh tanaman dan tali penggantungnya. Rumput laut yang telah dipanen dapat langsung dikeringkan dengan cara dijemur di bawah matahari.

Agar tidak kotor, gantungkan tanamannya pada kayu supaya tak menyentuh pasir. Waktu penjemuran bisa 3-4 hari kalau cuaca sedang cerah.

Referensi :

https://berita.99.co/cara-budidaya-rumput-laut/

https://agrozine.id/cara-budidaya-rumput-laut-sampai-panen/

Budidaya Rumput Laut, Salah Satu Bisnis yang Menjanjikan Budidaya Rumput Laut, Salah Satu Bisnis yang Menjanjikan Reviewed by Pak Tani on Februari 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.