Subscribe Newsletter

4 Kebun Raya Terpopuler di Indonesia, Pusat Koleksi Tumbuhan!

Kebun raya ialah sebuah lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang difungsikan untuk keperluan koleksi, penelitian, serta konservasi. Namun tak hanya untuk penelitian, tempat ini dapat menjadi sarana wisata serta edukasi.

Baca Juga :

Di Indonesia, terdapat banyak sekali kebun raya yang dapat anda jadikan destinasi liburan serta serta sarana edukasi. Berikut beberapa rekomendasi kebun raya terpopuler di Indonesia dan bisa dikunjungi.

1. Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 43253.

Di kebun raya ini, terdapat beberapa taman yang punya berbagai tumbuhan menarik yang hidup didalamnya. Seperti contoh Taman Sakura, Taman Lumut serta Taman Rhododendron.

Kebun Raya Cibodas punya fasilitas yang cukup mumpuni, mulai dari lahan parkir luas sampai fasilitas camping ground sekitar 200 tenda.

2. Kebun Raya Bedugul, Bali

Lokasi : Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. 82191.

Kebun Raya Bedugul atau lebih dikenal Kebun Raya Eka Karya Bali adalah kebun raya yang dibangun atas inisiatif bangsa Indonesia di tahun 1959.

Awalnya kebun raya ini cuma diperuntukkan bagi tumbuh-tumbuhan runjung, sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang punya runjung sebagai organ pembawa biji.

Kebun raya yang berada pada ketinggian 1250-1450 mdpl ini, kini menjadi kawasan konservasi ex-situ untuk tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia.

Ketimbang pot plastik, polybag sering digunakan untuk media/wadah tanam karena lebih praktis dan murah. Butuh polybag? Cek harganya disini!

3. Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur

Lokasi : Jl. Raya Surabaya - Malang No.Km. 65, Sembung Lor, Parerejo, Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. 67163.

Kebun Raya Purwodadi menyimpan setidaknya 2000 jenis tumbuhan dengan total spesies mencapai 11.000 yang menempati lahan seluas 85 hektar. Berada di ketinggian 300 mdpl, menjadikan cuaca di sekitar kebun raya ini terasa nyaman dan sejuk.

Kebun Raya Purwodadi menjadi salah satu lokasi wisata favorit para keluarga di Jawa Timur, sebab terdapat fasilitas lengkap seperti tempat piknik, outbond hingga sarana olahraga.

4. Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. 16122.

Kebun Raya Bogor menjadi kebun raya terpopuler di Indonesia. Kebun raya ini punya luas mencapai 87 hektar serta mempunyai sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Di awal tahun 1800, seorang negarawan berkebangsaan Inggris yakni Thomas Stamford Raffles tertarik guna mengembangkan halaman Istana Kepresidenan Bogor menjadi sebuah kebun yang indah dan luas.

Sesuai dengan 5 pilar Kebun Raya di Indonesia yakni konservasi, edukasi, penelitian, wisata alam, dan jasa lingkungan, di sini anda dapat melihat pohon dan tumbuhan yang dijaga dengan baik, seperti bunga bangkai dengan tinggi hampir 2 meter atau pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara. 

Referensi :

https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/kebun-raya-di-indonesia-acc/46002

https://sijori.id/read/mengenal-4-kebun-raya-di-indonesia

4 Kebun Raya Terpopuler di Indonesia, Pusat Koleksi Tumbuhan! 4 Kebun Raya Terpopuler di Indonesia, Pusat Koleksi Tumbuhan! Reviewed by Pak Tani on Januari 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk