Kenapa Daun Pisang Sering Dipakai untuk Membungkus Makanan?

Daun pisang kerap dimanfaatkan manusia untuk berbagai hal. Dengan ukurannya yang lebar, anda mungkin banyak melihat daun pisang dipakai sebagai alas ataupun bungkus makanan. 

Umumnya daun pisang dipakai guna membungkus makanan seperti lontong, lemper, pepes, lemang, hingga bongko.

Makanan-makanan tersebut biasanya diolah dengan cara direbus, dikukus, hingga dipanggang. Bahkan di Indonesia sendiri, tempe mentah pun kerap kali dibungkus dengan daun pisang.

Baca Juga :

Selain dipakai untuk membungkus, daun pisang juga kerap dijadikan alas makanan seperti nasi krawu, nasi gudeg, nasi liwet, pecel sayur, dan lain-lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, kenapa daun pisang sering digunakan sebagai alas atau pembungkus makanan? Berikut beberapa alasannya.

Serbaguna

Selain sebagai alas dan pembungkus nasi, daun pisang juga dapat digunakan untuk membungkus aneka lauk pauk serta kue-kue tradisional. Tak hanya lebih alami, namun juga dapat memberikan aroma khas pada makanan yang dibungkus.

Menambah Aroma Khas

Menjadikan daun pisang sebagai tempat makanan ataupun pembungkus makanan membuat makanan menjadi lebih wangi serta mempunyai bau enak tersendiri. Tak jarang pula rumah makan khas tradisional menjadikan daun pisang sebagai alas tempat makanan utamanya.

Lebih Hemat

Jika dibandingkan dengan alat pembungkus lainnya, pembungkus dengan menggunakan daun pisang tentu lebih hemat. Selain itu, hal ini juga bisa menghemat penggunaan piring dan wadah lainnya.

Daun pisang sendiri juga mudah ditemukan. Apalagi jika anda mempunyai pohon pisang, anda bisa memetik langsung daun pisangnya.

Bahan Organik

Daun pisang termasuk salah satu pembungkus makanan berbahan organik karena berasal dari pohon pisang, serta jika nantinya dibuang, daun pisang dapat mudah diurai oleh organisme dalam tanah. Jika dibandingkan dengan plastik yang susah terurai, bahkan awet sampai puluhan tahun.

Untuk anda yang sedang membudidayakan pisang, jangan lupa beri perlindungan dengan brongsong buah. Jika anda membutuhkan brongsong pisang, klik disini untuk cek harganya di toko kami!

Aman Digunakan

Selain karena beberapa faktor diatas, ternyata secara ilmiah daun pisang memang baik digunakan untuk pembungkus ataupun alas makanan.

Dilansir dari sebuah situs, daun pisang mengandung antioksidan serta polifenol yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Daun pisang juga mempunyai sifat antibakteria yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik guna menghindari keracunan makanan.

Bahkan saat kita tidak sengaja memakan secuil daun pisang yang menjadi alas atau bungkus makanan, hal itu tetap aman saja karena daun pisang tak mengandung zat yang membahayakan tubuh.

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-5-manfaat-daun-pisang-untuk-kesehatan

https://www.boladeli.id/id/bola-inspirasi/4-manfaat-membungkus-makanan-dengan-daun-pisang

https://www.suaramerdeka.com/gaya-hidup/pr-044098742/ini-alasan-daun-pisang-cocok-dijadikan-bungkus-makanan?page=all

Kenapa Daun Pisang Sering Dipakai untuk Membungkus Makanan? Kenapa Daun Pisang Sering Dipakai untuk Membungkus Makanan? Reviewed by Pak Tani on Februari 04, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.