Subscribe Newsletter

9 Jajanan Tradisional Berbahan Kelapa yang Nikmat dan Gurih

Kelapa merupakan buah yang identik dengan negara beriklim tropis. Di Indonesia sendiri, kelapa umum dikonsumsi oleh masyarakat mulai dari air, minyak, sampai dagingnya yang berwarna putih dan gurih.

Baca Juga :

Dagingnya tak cuma dikonsumsi saat masih muda, namun yang sudah tua pun banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi beragam makanan atau jajanan yang nikmat. Berikut 10 jajanan berbahan kelapa yang bisa kamu coba!

1. Wingko Babat

Selain kelapa, jajanan yang berasal dari Kota Lamongan ini terbuat dari tepung beras ketan serta gula pasir yang membuatnya bertekstur padat tapi empuk dengan rasa manis legit yang nagih!

2. Putu

Putu atau kue putu merupakan jajanan olahan kelapa, yang mana kelapa parutnya ada dalam bahan campuran dan juga menjadi bahan taburan.

3. Dadar Gulung

Jajanan ini, adonan kulitnya ialah campuran tepung terigu, santan, telur, garam, serta pewarna hijau. Cara buatnya, adonan kulit tadi digulung bersama isian parutan kelapa yang diberi gula merah cair.

4. Pancong

Pancong ialah jajanan kue tradisional khas Betawi. Pancong terbuat dari air, tepung beras, santan kelapa, serta parutan kelapa yang dimasak menggunakan cetakan setengah lingkaran.

5. Rangi

Sekilas, bentuk kue rangi mirip dengan pancong. Namun yang membedakan di antara keduanya yakni penggunaan tepung sagu pada rangi, sedangkan untuk pancong menggunakan tepung beras.

Saat musim panen buah dan sayur telah tiba, jangan lupa gunakan waring sayur sebagai sak pengepakannya. Anda butuh waring sayur? Cek harganya disini!

6. Sagon

Kue jadul yang berbahan dasar tepung beras ketan, margarin, gula, serta parutan kelapa ini banyak ditemui dalam acara besar masyarakat Jawa Tengah serta ketika momen lebaran.

7. Geplak

Geplak merupakan jajanan manis khas kota Bantul, Yogyakarta yang terbuat dari parutan kelapa serta gula pasir atau gula jawa. Geplak berbentuk bulat tak simetris dan punya warna beragam. 

8. Gemblong

Gemblong ialah jajanan tradisional dari Jawa yang kini sulit untuk dijumpai. Gemblong terbuat dari tepung beras, ketan putih, margarin, santan, serta parutan kelapa yang terlapisi dengan gula merah cair.

9. Dange

Dange adalah jajanan manis khas masyarakat Bugis yang cara masaknya dikukus, namun ada juga yang dibakar seperti wingko babat. Dange terbuat dari campuran tepung ketan hitam, gula merah, serta kelapa parut. 

Referensi :

https://fnbpreneur.id/makanan-olahan-kelapa/

https://www.merdeka.com/jatim/5-manfaat-daging-buah-kelapa-miliki-sifat-anti-bakteri-kln.html

9 Jajanan Tradisional Berbahan Kelapa yang Nikmat dan Gurih 9 Jajanan Tradisional Berbahan Kelapa yang Nikmat dan Gurih Reviewed by Pak Tani on Januari 18, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk