Subscribe Newsletter

Punya Kantong Semar di Rumah? Yuk, Rawat dengan Benar!

Kantong semar (nepenthes) adalah tumbuhan karnivora yang kini kian terancam akibat perdagangan liar. Tumbuhan ini menarik perhatian banyak orang karena bentuknya dan cara tumbuhan ini memperoleh makanan terbilang sangat unik.

Awalnya kantong semar cuma sebatas tanaman hutan yang tumbuh di daerah tandus. Namun kini keberadaannya naik pamor dan menjadi tanaman hias eksotik dan mulai diburu kolektor.

Baca Juga :

Bukannya dengan akar yang menyerap nutrisi dari tanah, kantong semar justru menyerap nutrisi dari serangga yang terjebak di kantongnya. Serangga-serangga tersebut dihancurkan oleh semacam senyawa menyerupai asam lambung, lalu dihisap sari-sarinya.

Hal itu pula yang menyebabkan kantong semar mampu bertahan di wilayah yang tergolong tandus. Kantong semar sendiri ditemukan mulai dari Madagaskar di bagian barat hingga Kaledonia di sebelah timur. Di utara, tumbuhan ini ditemukan di Cina Selatan serta di selatan berada di Australia.

Jenis terbanyaknya ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Jika anda mempunyai tanaman hias kantong semar di rumah, rawatlah dengan baik agar tetap tumbuh sehat dan hidup. Berikut tips-tips merawat kantong semar.

1. Media Tanam

Di habitat aslinya, kantong semar hidup di lingkungan tanah yang terbilang minim nutrisi. Oleh karena itu, kantong semar pun memangsa serangga guna memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Sehingga akan lebih baik jika media tanam mengikuti karakteristik tanah habitat yang ditumbuhi kantong semar. Contoh, media tanam dapat dicampur dengan lumut gambut, perlit, dan pasir silika. Campuran bahan tersebut berguna untuk menjaga media tanam tetap bertekstur kasar.

2. Sinar Matahari

Tumbuhan unik ini memerlukan sinar matahari cukup untuk dapat hidup dengan baik. Sehingga anda wajib menempatkan kantong semar di tempat yang tak secara langsung terkena sinar matahari.

Namun sebelum memelihara kantong semar, anda perlu mengetahui jenisnya dahulu. Sebab spesies kantong semar ada yang tumbuh di lingkungan tinggi intensitas sinar matahari serta udara lembap pegunungan.

Jika lingkungan sekitar rumahmu terbilang panas, agar tanaman hias milikmu tak mudah layu, beri saja naungan paranet atau jaring peneduh. Butuh paranet? Beli saja disini!

3. Kelembapan Udara

Kantong semar memang tumbuh baik di lingkungan yang tinggi kelembapan seperti contoh di pegunungan. Meski begitu, kantong semar juga dapat menyesuaikan diri di lingkungan yang kelembapan udaranya rendah. Untuk tingkat kelembaban udara yang ideal biasanya 60% ke atas.  

4. Penyiraman

Seperti kebanyakan tanaman, kantong semar juga menjadi tumbuhan yang memerlukan air cukup. Seperti contoh spesies Nepenthes alata, yang mana banyak tumbuh di dataran rendah dekat rawa.

Akar kantong semar cenderung lebih ideal di tempat yang basah ketimbang kering. Namun ketika cuaca panas sendiri tak perlu sampai banyak air. Kalau terlalu banyak air, apalagi sampai tergenang dapat mengakibatkan akarnya berubah busuk.

5. Pemberian Nutrisi

Pemberian nutrisi untuk kantong semar bisa dilakukan dengan memasukkan makanan yang sering dikonsumsi. Jadi bagian kantongnya bisa anda beri serangga, contohnya lalat dan hewan-hewan kecil lainnya.

Referensi :

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/12/12/merawat-kantong-semar-tanaman-karnivor-yang-terancam-karena-perdagangan-liar

https://idea.grid.id/read/092401521/jangan-letakan-di-tempat-yang-terkena-sinar-matahari-langsung-ketahui-dulu-cara-merawat-kantong-semar?page=all

https://gaya.tempo.co/read/1555833/5-kiat-merawat-tumbuhan-karnivora-kantong-semar-untuk-tanaman-hias

Punya Kantong Semar di Rumah? Yuk, Rawat dengan Benar! Punya Kantong Semar di Rumah? Yuk, Rawat dengan Benar! Reviewed by Pak Tani on Desember 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk