6 Fakta Unik Cumi-cumi, Invertebrata Laut Tercepat di Dunia

Cumi-cumi ialah hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang biasa hidup di laut lepas. Perlu diingat, cumi-cumi tidak termasuk spesies ikan, melainkan cephalopoda. Cephalopoda merupakan salah satu kelompok binatang lunak.

Baca Juga :

Cumi-cumi terkenal sebagai salah satu hewan yang cukup cerdas. Cumi-cumi adalah salah satu hewan yang termasuk dalam golongan invertebrata. Selain fakta di atas, berikut beberapa fakta unik lain dari cumi-cumi.

1. Invertebrata laut tercepat

Invertebrata merupakan hewan yang tidak mempunyai tulang punggung antar ruas-ruas tulang belakang. Cumi-cumi diketahui mampu berenang dengan kecepatan mencapai 40 km/jam (25 mph), sehingga menjadikan cumi-cumi sebagai invertebrata laut tercepat.

2. Mempunyai 3 organ jantung

Ternyata cumi-cumi hidup dengan 3 jantung, hal itu dapat terjadi sebab hewan ini mempunyai tubuh yang cukup kompleks. 2 jantung berukuran kecil yang ada berfungsi membantu insang bekerja, sedangkan sisanya menjadi organ pemompa darah ke seluruh tubuh.

3. Darah cumi-cumi berwarna biru

Berbeda dengan manusia yang memiliki darah berwarna merah karena punya senyawa hemoglobin di dalamnya, cumi-cumi justru punya warna darah unik yakni warna biru. Hal ini dikarenakan darah cumi-cumi mengandung senyawa tembaga yang disebut haemocyanin.

Jaring PE biasa digunakan untuk keperluan tambak pada budidaya di perairan, jaringnya kuat dan tebal sehingga tidak mudah putus. Anda butuh jaring PE? Klik disini sekarang!

4. Punya lensa kontak dalam matanya

Untuk anda yang pernah mengolah cumi mentah serta membersihkan bagian dalamnya, pasti pernah merasakan lapisan keras di bagian mata cumi-cumi. Ternyata bagian keras tersebut adalah lensa kontak yang digunakan untuk memperlancar perburuan cumi-cumi. Cara kerja lensanya mirip seperti fokus kamera ataupun teleskop.

5. Termasuk hewan karnivora

Cumi-cumi tergolong hewan karnivora sebab mempunyai kebiasaan memangsa hewan yang ukurannya lebih kecil seperti ikan, udang, atau kepiting sebagai makanan utama. Cumi-cumi sendiri adalah predator penyergap yang sering mengintai dan menangkap mangsanya dengan cepat.

6. Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan

Cumi-cumi mempunyai banyak jenis, dan salah satu jenis yang biasa dikonsumsi oleh manusia adalah Loligo pealei, yang mana banyak tersebar di perairan Laut Tengah, Asia Timur, dan pantai timur Amerika Utara. Cumi-cumi konsumsi tentu mempunyai manfaat bagi kesehatan, antara lain :

  • Berperan dalam pembentukan sel darah merah
  • Memelihara keseimbangan cairan tubuh
  • Menurunkan kolesterol
  • Menyeimbangkan tekanan darah
  • Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Cumi-cumi mengandung beragam nutrisi seperti kalori, protein, kalsium, natrium, fosfor, kalium, beta karoten, vitamin B12, serta vitamin E. Walaupun bermanfaat, anda tidak boleh mengonsumsi cumi-cumi secara berlebihan, karena bisa saja menimbulkan alergi dan efek samping berbahaya.

Referensi :

https://www.mongabay.co.id/2014/02/23/cumi-cumi-si-kecil-cerdas-dari-dalam-lautan/

https://justfunfacts.com/interesting-facts-about-squids/

https://id.wikipedia.org/wiki/Invertebrata

https://www.netralnews.com/inilah-beberapa-fakta-menarik-tentang-cumi-cumi-yang-harus-kamu-ketahui-gq9xbd/S3VoZVU0cnJQbDRvNE91NTY2Y3pmdz09

https://www.idntimes.com/science/discovery/dewi-8/5-keunikan-cumi-cumi-dari-tubuh-bercahaya-hingga-tiga-jantung-exp-c1c2?page=all

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/627c4da7ada55/ragam-manfaat-cumi-cumi-untuk-kesehatan-tubuh

6 Fakta Unik Cumi-cumi, Invertebrata Laut Tercepat di Dunia 6 Fakta Unik Cumi-cumi, Invertebrata Laut Tercepat di Dunia Reviewed by Pak Tani on Oktober 27, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.