Subscribe Newsletter

Susu Sapi atau Susu Kambing, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Susu merupakan cairan putih yang disekresi oleh kelenjar mammae atau ambing yang ada pada binatang mamalia betina seperti sapi, kambing, unta, domba, atau juga kerbau.

Susu menjadi salah satu bahan makanan yang bergizi tinggi sebab di dalam susu segar mengandung berbagai zat seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, hingga vitamin. Susu sapi mungkin lebih dikenal daripada susu kambing.

Baca Juga :

Walaupun sama-sama bermanfaat bagi kesehatan, namun keduanya punya banyak perbedaan. Untuk mengetahui perbedaannya lebih jauh, silahkan simak penjelasan berikut.

Kandungan Susu Sapi

Secangkir susu sapi mengandung kalori serta lemak lebih rendah ketimbang susu kambing, yakni 149 kalori dan juga 8 gram. Tak hanya itu, lemak jenuh dalam susu sapi juga lebih rendah ketimbang susu kambing. Kandungan vitamin B12 pada susu sapi adalah 18% serta asam folat 3%.

Itu sebabnya susu sapi memang banyak digunakan sebagai susu formula kalau ibu tidak menyusui bayi. Selain itu, kandungan selenium serta riboflavin (vitamin B2) dalam susu sapi juga diketahui lebih banyak ketimbang susu kambing.

Kandungan Susu Kambing

Secangkir susu kambing mempunyai kandungan 168 kalori lebih banyak serta lemak 10 gram. Kalsium susu kambing pula lebih tinggi. Tetapi, kandungan vitamin B12 pada susu kambing hanya 2,8% atau bisa dibilang jauh lebih rendah daripada susu sapi.

Sedangkan vitamin C dalam susu kambing sedikit lebih besar. Kandungan vitamin C yang ada dalam susu kambing mampu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Selain vitamin C, susu kambing juga kaya akan kandungan vitamin A, magnesium, serta potasium.

Perbedaan Rasa dan Visual

Saat masih segar, rasa susu sapi serta susu kambing dapat dibilang 50:50 atau hampir mirip, ini karena komposisi kandungan keduanya memang serupa. Namun, cita rasa akhirnya bisa sangat berbeda ketika sudah diolah.

Susu kambing sendiri secara tampilan nampak lebih putih dibandingkan susu sapi. Hal ini dikarenakan kambing mampu mengubah karoten dalam makanan menjadi vitamin A dan menjadikan susu yang dihasilkan jadi lebih putih.

Plastik UV sering digunakan untuk atap kandang ternak karena bisa mengatur suhu udara dengan baik. Butuh plastik UV murah? Klik disini untuk cek harganya!

Mana yang Lebih Menyehatkan?

Sebenarnya, baik susu sapi maupun susu kambing sama-sama mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing punya jumlah vitamin A, potasium, riboflavin, kalsium, serta niasin yang lebih tinggi.

Hal ini pula yang membuat susu kambing lebih gampang dicerna sebab butiran lemaknya kecil serta kandungan laktosa juga lebih sedikit rendah. Namun, walau susu kambing mungkin bermanfaat untuk orang dewasa,  penelitian mengatakan susu kambing belum tentu lebih baik dari susu sapi jika diperuntukkan ke bayi.

Sampai berumur 1 tahun, bayi hanya boleh minum ASI ataupun susu formula. Tetapi saat seorang anak punya alergi terhadap susu sapi, kemungkinan besar mereka juga tidak toleran terhadap susu kambing, atau sejenisnya. Dalam hal ini, sang anak masih bisa memperoleh manfaat serupa dari susu hewan dengan mengonsumsi susu nabati.

Referensi :

https://dispertan.semarangkota.go.id/mengenal-definisi-komposisi/

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/beda-susu-sapi-atau-susu-kambing/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200603102423-262-509328/kenali-beda-susu-sapi-dan-susu-kambing

https://mediaindonesia.com/weekend/508637/mengenal-manfaat-susu-sapi-dan-susu-kambing

Susu Sapi atau Susu Kambing, Mana yang Lebih Menyehatkan? Susu Sapi atau Susu Kambing, Mana yang Lebih Menyehatkan? Reviewed by Pak Tani on September 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk