Subscribe Newsletter

Fakta Unik Sorgum, Si Pengganti Gandum yang Kaya Manfaat

Di pertengahan tahun 2022, Pemerintah Indonesia sedang gencar mengembangkan sorgum sebagai bahan pangan nasional. Dapat dikatakan sorgum menjadi tanaman yang paling layak menggantikan gandum yang sampai kini belum dapat dibudidayakan massal di Indonesia.

Baca Juga :

Sorgum sendiri merupakan tanaman bijian-bijian yang gampang tumbuh di negara tropis, seperti Indonesia. Selain beberapa fakta diatas, berikut beberapa fakta unik lain soal sorgum yang perlu kamu ketahui.

1. Asal Usul Sorgum

Sorgum adalah tanaman tropis yang berasal dari Afrika Timur, dan dataran tinggi Ethiopia dianggap sebagai pusat utama domestikasi sorgum. Tanaman sorgum sudah lama dikenal sebagai penghasil bahan pangan serta banyak dibudidayakan di daerah kering di beberapa negara di Afrika.

2. Nama Sorgum di Beberapa Wilayah

Tanaman sorgum ternyata memiliki nama umum yang beragam di beberapa wilayah, yaitu sorgum di Amerika Serikat serta Australia, durra di Afrika, jowar di India, bachanta di Ethiopia, serta cantel di Jawa.

3. Negara Penghasil Sorgum Terbesar di Dunia

Sorgum ditanam di lebih dari 66 negara, dan Amerika Serikat menjadi penghasil sorgum terbesar di dunia. Namun di Amerika Serikat, 46% sorgum yang ditanam digunakan sebagai pakan ternak. Beberapa negara lain yang menjadi produsen besar dari sorgum adalah Argentina, China, India, Nigeria, dan beberapa negara Afrika Timur, Yaman, dan Australia.

Karung plastik cocok digunakan untuk pengemasan panen beras, biji-bijian, dan lain-lain. Jika anda mencari karung plastik berkualitas, klik disini untuk cek harga karung beras di toko kami!

4. Kandungan yang Ada Pada Sorgum

Biji sorgum mengandung 3 jenis karbohidrat penting yakni pati, gula terlarut, serta serat. Kandungan gula terlarut terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa, serta maltosa. Selain itu, sorgum juga mengandung serat tak larut air atau serat kasar serta serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% hingga 7,9% dan 1,1% hingga 1,23%.

5. Manfaat Sorgum Bagi Kesehatan

Melihat kandungan nutrisi yang beragam, sorgum dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk mengatasi serta mencegah timbulnya penyakit tertentu. Beberapa manfaat tersebut antara lain :

  • Menjaga kadar kolesterol
  • Menurunkan berat badan berlebih
  • Menjaga kadar gula darah
  • Meredakan radang atau bengkak
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker
  • Mengatasi penyakit Celiac

6. Punya Potensi Bisnis Besar di Indonesia

Tanaman sorgum ternyata mempunyai potensi cukup besar di Indonesia. Namun sayang, tanaman ini belum banyak yang meliriknya. Padahal, Indonesia adalah salah satu negara dengan kondisi wilayah yang cocok untuk budidaya sorgum.

Hal ini dikarenakan sorgum merupakan tanaman yang gampang dibudidayakan dan cocok di iklim tropis seperti Indonesia, sorgum juga kuat akan serangan hama, proses budidayanya pun hampir serupa dengan budidaya jagung.

Permasalahan utama dari sedikitnya minat budidaya sorgum di Indonesia ialah kurangnya pasar yang mau menjual produk olahannya, seperti tepung sorgum. Sehingga banyak petani yang kebingungan menjual hasil panennya. Dalam hal ini, peran pemerintah tentu sangat dibutuhkan.

Selain bijinya yang dapat digunakan sebagai bahan tepung atau yang lainnya, beberapa bagian tanaman sorgum juga bermanfaat. Daunnya dapat dijadikan pakan ternak, sedangkan batang pohonnya bisa menjadi bahan pengganti kayu guna bahan mebel.

Referensi :

https://money.kompas.com/read/2022/08/14/163908226/mengenal-tanaman-sorgum-pengganti-gandum-asal-afrika-idaman-jokowi?page=all

http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2016/11/nenis.pdf

https://sorghumgrowers.com/2011/07/21/ten-things-you-may-not-know-about-sorghum/

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-sorgum/

https://tantrum.suara.com/read/2022/08/07/210100/potensi-bisnis-pertanian-sorgum-di-indonesia-belum-banyak-dilirik

Fakta Unik Sorgum, Si Pengganti Gandum yang Kaya Manfaat Fakta Unik Sorgum, Si Pengganti Gandum yang Kaya Manfaat Reviewed by Pak Tani on September 03, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk