Subscribe Newsletter

Mengenal Bagian-bagian Pohon Pisang dan Pemanfaatannya

Pohon pisang ialah salah satu jenis pohon yang hidup di wilayah tropis. Pohon ini umumnya mempunyai tinggi sampai 2 meteran dengan daun yang lebar serta buah yang manis.

Buahnya dengan warna kuning dan hijau ini memang sangat populer di dunia. Pohon pisang sendiri mempunyai batang yang lunak serta tidak berkayu. Pohon pisang dapat dibudidayakan dengan cara ditanam umbinya.

Baca Juga :

Hampir semua bagian pohon pisang mulai dari buah hingga batangnya, ternyata dapat dimanfaatkan oleh manusia. Ingin tahu lebih dalam soal bagian-bagian pohon pisang beserta manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Bagian Buah

Selain dijadikan sebagai sumber vitamin serta mineral, sebagai buah segar, pisang juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk olahan yang nikmat, seperti: pisang sale, tepung pisang, sari buah, dan keripik.

Selain itu, buah pisang juga bisa diolahan menjadi kue modern maupun tradisional, seperti contoh: cake, nagasari, sarikaya, kolak, pisang goreng, pisang bakar dan lain sebagainya.

2. Bagian Bunga

Bunga pisang atau yang lebih dikenal dengan jantung pisang (karena bentuknya seperti jantung) ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat masakan sayur, sebab mempunyai kandungan protein serta vitamin. Selain dibuat sayur, jantung pisang juga dapat diolah menjadi manisan atau acar.

3. Bagian Daun

Daun pisang umumnya dimanfaatkan menjadi pembungkus makanan oleh masyarakat pedesaan. Daun pisang yang masih muda rata-rata punya harganya yang cukup mahal, dan umum digunakan untuk membungkus kue tradisional.

Untuk daun yang tua biasanya setelah dicacah, akan digunakan untuk pakan ternak seperti kambing, sapi atau kerbau, sebab daun pisang mengandung unsur yang diperlukan oleh hewan ternak. Selain itu, daun pisang bisa juga dimanfaatkan menjadi bahan pupuk kompos.

Agar budidaya pisang di kebun anda sukses panen, maka buah perlu diberi brongsong agar terlindungi dari hama dan penyakit. Anda butuh bronsong pisang? Klik disini untuk cek harga terbarunya!

4. Bagian Batang

Batang pisang atau gedebok pisang banyak dimanfaatkan masyarakat karena mengandung banyak serat. Umumnya sesudah dikelupas, tiap lembarnya dapat dimanfaatkan menjadi pembungkus untuk bibit tanaman sayuran, serta dapat dikeringkan dan digunakan untuk tali pada pengolahan tembakau, atau dapat juga digunakan untuk bahan kompos seperti daun pisang.

5. Bagian Bonggol (Umbi)

Bonggol pisang merupakan umbi batang pisang yang berada dibagian bawah. Di beberapa daerah di Indonesia, bonggol batang pisang muda banyak dimanfaatkan untuk olahan sayur, serta keripik bonggol pisang.

Mengenal Bagian-bagian Pohon Pisang dan Pemanfaatannya Mengenal Bagian-bagian Pohon Pisang dan Pemanfaatannya Reviewed by Pak Tani on Juni 25, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk