limcorporation
Subscribe Newsletter

Menengok Fakta Unik Kolang-kaling yang Nikmat dan Berkhasiat

Kolang-kaling atau buah atep adalah biji dari buah aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Kolang-kaling dalam bahasa Belanda disebut glibbertjes yang secara harafiah artinya 'benda-benda licin kecil'. Selain fakta tersebut, berikut fakta unik lain soal kolang-kaling.

Baca Juga :

1. Ciri Fisik

Seperti yang dijelaskan diatas, kolang-kaling merupakan salah satu buah yang berasal dari pohon aren, dimana pohonnya dapat tumbuh subur di negara negara beriklim tropis, seperti Indonesia serta Malaysia.

Kolang-kaling mempunyai diameter sekitar 5 cm dan berwarna putih pucat, sedangkah kulit buahnya yang matang berwarna kuning. Tiap buahnya dapat menghasilkan 2-3 biji.

2. Tahap Pembuatan

Guna membuat kolang-kaling, biasanya orang-orang membakar buah arennya dahulu sampai hangus, kemudian diambil bijinya dan direbus selama beberapa jam. Biji yang selesai direbus tadi selanjutnya dipipihkan dengan alat tertentu dan direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari agar terfermentasikan.

Saat melakukan pembibitan pohon aren atau pohon lain, paranet sangat dibutuhkan sebagai jaring peneduh di lokasi tersebut agar bibit tetap terjaga. Jika anda butuh paranet, klik disini sekarang!

3. Kandungan dan Manfaat

Kolang-kaling punya kadar air cukup tinggi mencapai 93,8% dalam tiap 100 gram nya. Kolang-kaling juga punya 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, kadar abu berkisar 1 gram, serta serat kasar 0,95 gram.

Kandungan mineral yang juga ada pada kolang-kaling seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh serta memperlancar proses metabolisme tubuh. Kolang-kaling juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sesudah mengonsumsinya, sehingga cocok dikonsumsi sebagai pembantu diet.

4. Beragam Olahan

Umumnya kolang-kaling dikonsumsi langsung dengan cara direbus bersama beberapa rempah ataupun dicampurkan ke es buah. Kolang-kaling sendiri sering banyak dijumpai di bulan puasa atau Ramadan sebagai menu berbuka puasa.

Beragam olahan kolang-kaling yang enak dan bisa dinikmati antara lain; es krim kolang-kaling, es blewah kolang-kaling, es kolang-kaling markisa, manisan kolang-kaling, sop buah kolang-kaling, kolak kolang-kaling, wedang kolang-kaling, dan puding kolang-kaling.

Menengok Fakta Unik Kolang-kaling yang Nikmat dan Berkhasiat Menengok Fakta Unik Kolang-kaling yang Nikmat dan Berkhasiat Reviewed by Pak Tani on April 27, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk