Subscribe Newsletter

Mengupas Fakta Unik Blewah, Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Blewah atau garbis merupakan buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar khususnya di Asia Tenggara, selain timun suri serta kolang-kaling. Buah ini punya rasa manis serta kaya dengan air. Ingin tahu fakta menarik lain dari buah blewah? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga :

1. Sering diolah menjadi minuman segar

Buah blewah biasanya populer diolah menjadi minuman takjil untuk menu buka puasa di bulan Ramadan. Buah blewah juga mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Masih satu keluarga dengan melon

Blewah adalah buah kultivar, sama seperti melon. Buah ini mempunyai nama latin Cucumis melo var. cantalupensis, yang mana kata 'Cucumis melo' diambil dari bahasa latin buah melon. Selain melon, blewah juga masih satu keluarga dengan labu dan mentimun.

3. Awal penemuan yang misterius

Hingga saat ini, tempat dimana asal tumbuhan blewah pertama kali ditemukan. Ada beberapa sumber yang mengatakan blewah berasal dari wilayah Persia (Iran), dan beberapa sumber lain mengatakan dari wilayah Amerika. Namun banyak sumber yang menyebutkan blewah berasal dari wilayah Asia Tenggara, karena disana blewah banyak dijumpai.

Blewah sangat baik dibudidayakan dalam greenhouse, karena greenhouse banyak menggunakan plastik uv sebagai atap maupun dindingnya. Anda butuh plastik uv? Klik disini untuk cek harga terbaru plastik uv di toko kami.

4. Manfaat baik buah blewah

Kandungan gizi yang ada pada buah blewah antara lain vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serat, antioksidan, beta karoten, kalium, serta magnesium. Oleh karena itu, buah ini punya manfaat yang baik untuk tubuh, antara lain :

  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Melancarkan pencernaan
  • Rendah kalori dan baik untuk asupan diet
  • Mencegah kanker
  • Menurunkan tekanan darah

5. Jenis blewah yang banyak disukai

Blewah kretek menjadi jenis yang paling banyak digemari karena selain manis, blewah jenis ini mengeluarkan wangi buah yang begitu khas dan harum baunya. Peringkat kedua ada blewah bisma, yang mana harga relatif murah dan punya rasa tak terlalu manis, sehingga sering dijadikan bahan pelengkap untuk minuman es segar.

Mengupas Fakta Unik Blewah, Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa Mengupas Fakta Unik Blewah, Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa Reviewed by Pak Tani on April 02, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk