limcorporation
Subscribe Newsletter

6 Fakta Unik dari Cempedak, Buah yang Punya Harum Semerbak

Cempedak merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia yang cukup populer. Jika dilihat sekilas, fisik dan rasa buah ini mirip dengan nangka, hal itu wajar saja sebab cempedak masih berkerabat dan satu genus dengan nangka.

Baca Juga :

Cempedak bisa kamu jumpai dengan mudah di wilayah Asia Tenggara seperti di Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, serta sebagian dari Kepulauan Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Maluku dan Papua. Selain beberapa fakta diatas, berikut fakta lain dari cempedak.

1. Nama lain cempedak di berbagai daerah

Di beberapa wilayah di negara Indonesia, cempedak punya nama lain seperti nongko cino (Jawa), nangka beurit (Sunda), tiwadak (Banjar), cubadak hutan (Minangkabau). Dalam bahasa Inggris sendiri, cempedak dikenal dengan nama Chempedak ataupun Champedak.

2. Fisik luar dan dalam cempedak

Kebanyakan buah ini punya bentuk fisik bulat panjang dengan warna kehijauan, kekuningan, dan juga kecoklatan. Kulit cempedak tak setebal kulit buah nangka, cempedak juga punya tekstur yang kasar, tapi tak sekasar nangka.

Daging buahnya cukup tipis serta lebih berserat. Layaknya nangka, biji cempedak pula dapat kamu makan dengan aman sesudah direbus.

Plastik uv banyak digunakan sebagai penutup grenhouse karena punya kandungan khusus yang dapat menjaga suhu dalam ruangan dengan baik. Cek harga terbaru plastik uv disini.

3. Cara membedakan cempedak dengan nangka

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah cempedak memang punya bentuk yang mirip seperti nangka. Mulai dari fisik kulit, daging sampai rasa juga punya kemiripan dengan nangka.

Namun tetap saja, terdapat beberapa bagian yang membedakan antara cempedak dengan nangka, seperti contoh aromanya yang lebih semerbak dan kuat. Aroma dari buah cempedak sama kuatnya dengan buah durian.

4. Cempedak punya manfaat yang luar biasa

Buah ini punya kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga mampu menyehatkan mata kita. Cempedak pula mengandung vitamin C yang tingkat kandungannya diatas buah nangka.

Selain itu, cempedak juga mengandung serat pangan yang punya manfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menekan resiko kolesterol dalam darah.

Paranet biasa digunakan untuk kebun dan taman sebagai pelindung tempat dari teriknya cahaya matahari, paranet dapat juga digunakan pada kolam, kandang, garasi, dan juga pekarangan rumah. Butuh paranet murah? Klik disini sekarang!

5. Wilayah yang baik untuk menanam cempedak

Walaupun disebut buah khas Indonesia, ternyata cempedak tak dapat tumbuh di tempat sembarangan. Buah ini hanya dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai 1000 mdpl.

6. Pemanfaatan dan pengolahan cempedak

Pemanfaatan utama cempedak yakni pada buahnya yang dapat dikonsumsi baik secara langsung dalam keadaan segar maupun diolah menjadi makanan.

Buah yang matang bisa diolah jadi cempedak goreng seperti pisang goreng, dibuat menjadi selai, ataupun sebagai campuran kolak. Sedangkan untuk buah yang muda bisa dimasak menjadi sayur.

Untuk bijinya sendiri bisa kamu masak serta konsumsi dengan aman. Daun muda dari cempedak juga banyak dimanfaatkan sebagai sayuran.

6 Fakta Unik dari Cempedak, Buah yang Punya Harum Semerbak 6 Fakta Unik dari Cempedak, Buah yang Punya Harum Semerbak Reviewed by Pak Tani on November 23, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk