limcorporation
Subscribe Newsletter

5 Fakta Unik Burung Merpati, Pernah Jadi Pahlawan di Perang Dunia

Burung merpati atau juga dikenal dengan burung dara adalah famili dari Columbidae ataupun burung berparuh. Burung ini asalnya dari ordo Columbiformes yang mencakup hampir 300 spesies kerabat pekicau.

Baca Juga :

Merpati ialah burung yang dikenal setia kepada pasangannya, oleh karena itu juga, merpati sering dijadikan salah satu bagian dari rangkaian acara pernikahan. Ingin tahu fakta unik lain soal burung merpati? Yuk intip ulasannya dibawah.

Sangat setia pada pasanganannya

Cerita mengenai merpati adalah burung yang setia merupakan fakta atau hal yang benar. Mereka kawin sekali seumur hidupnya dengan 1 pasangan saja. Tampilannya mungkin biasa saja, namun sebenarnya merpati mempunyai kemampuan luar biasa.

Kotorannya pernah berharga

Di abad ke-16 hingga ke-18, warga Eropa banyka yang menganggap kotoran Merpati Guano sebagai pupuk yang amat berharga serta dianggap lebih bagus dari pupuk kandang. Bahkan konon katanya, kotoran burung ini dijaga para tentara bersenjata supaya tak dicuri orang.

Tergolong burung yang kuat

Tak heran kalau merpati dijadikan hewan balap ataupun pengirim pesan sampai sekarang, pasalnya merpati dapat terbang dengan kecepatan hingga 110 km/jam. Kecepatan tersebut didukung oleh otot dadanya yang begitu kuat.

Habitat awalnya adalah pantai

Habitat awal burung merpati mulanya berada di pesisir pantai. Namun sekarang, kita dapat menemukannya dengan gampang hampir di seluruh wilayah di Dunia.

Banyaknya penyebaran burung merpati tersebut dikarenakan oleh melonjaknya populasi. Salah satu faktornya yakni maraknya budidaya yang dilakukan manusia.

Paranet banyak digunakan sebagai atap atau kandang hewan ternak. Anda butuh paranet berkualitas dengan harga bersahabat? Cek harga terbarunya disini.

Pahlawan dalam Perang Dunia I dan II

Cerita 1 : Selama perang dunia I, seekor Merpati bernama Cher Ami berhasil menyelamatkan para tentara Perancis serta membawa pesan melintasi garis musuh. Padahalah, Merpati Cher Ami telah tertembak di bagian dada serta kaki. Bahkan, ia kehilangan sebagian besar kakinya untuk tempat meletakkan pesan. Walaupun begitu, ia tetap melanjutkan penerbangan sekitar 25 menit dan berusaha menghindari pecahan peluru serta gas beracun guna mengirim pesan kembali ke rumah. Berkat usahanya, burung Merpati Cher Ami diberikan anugerahi medali Perancis 'Croix de Guerre'.

Cerita 2 : Kisah merpati pemberani lain bernama GI Joe, mampu menyelamatkan hampir 1000 nyawa tentara dalam perang dunia II. Waktu itu pasukan Inggris menetapkan posisi di dalam kota Italia yang bakal dibom oleh pesawat sekutu. Sayangnya semua peralatan komunikasi telah diturunkan, sehingga satu-satunya alat komunikasi tersisa hanya dengan Merpati pos. Merpati GI Joe pun diutus guna menghentikan serangan tersebut dengan mengirimkan pesan ke markas sekutu. Merpati GI Joe pun berangkat terbang sekitar 20 mil dalam waktu hanya 20 menit. Akhirnya, bencana kehancuran bisa terhindarkan dalam 5 menit terakhir. Setelah peristiwa tersebut, merpati GI Joe langsung dianugrahi medali 'Dickin'.

5 Fakta Unik Burung Merpati, Pernah Jadi Pahlawan di Perang Dunia 5 Fakta Unik Burung Merpati, Pernah Jadi Pahlawan di Perang Dunia Reviewed by Pak Tani on Oktober 18, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk