limcorporation
Subscribe Newsletter

5 Tips Merawat Pohon Mangga Supaya Cepat Berbuah, Penasaran?

Mangga adalah salah satu buah yang asalnya dari negara India. Tanaman populer ini kemudian menyebar luas ke wilayah Asia Tenggara termasuk juga Malaysia serta Indonesia.

Ketenaran mangga di Indonesia salah satunya ditandai dengan makin banyaknya orang yang menanam mangga sendiri. Tetapi menanam pohon mangga di rumah sendiri bukan pekerjaan yang bisa dibilang gampang.

Baca Juga :

Diperlukan beberapa hal yang harus dikerjakan supaya pohon mangga tumbuh subur serta cepat berbuah. Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara supaya pohon mangga cepat berbuah, simak penjelasan berikut.

1. Pemangkasan/Pemotongan

Tips merawat pohon mangga supaya cepat berbuah yang pertama yakni melakukan pemangkasan. Pemangkasan dapat menjadi tips pertama untuk membuat pohon mangga kamu cepat berbuah.

Kamu dapat memangkas cabang serta ranting yang telah tak produktif, cabang serta ranting yang terjangkit penyakit, ranting-ranting yang bersilangan dan tumbuh terlalu rapat.

Fungsi pemangkasan ialah untuk membuat penggunaan energi dari proses fotosintesis menjadi lebih efisien, maka kandungan karbohidrat pohon mangga bakal meningkat.

2. Pemberian Nutrisi

Tips merawat pohon mangga supaya cepat berbuah yang berikutnya ialah pemberian nutrisi. Nutrisi yang diperlukan pohon mangga yakni fosfor serta protein tinggi yang dapat merangsang pembentukan bunga. Kamu juga bisa memakai pupuk organik/anorganik.

Contoh pupuk organik yakni tepung tulang, tepung ikan, tepung darah, serta minyak ikan. Kamu juga dapat menyiram air cucian ikan serta hewan laut lain ke pohon mangga sebab kandungan protein di dalamnya lumayan tinggi.

3. Penyiraman

Untuk kamu yang baru saja melakukan penanaman pohon mangga, lebih baik penyiraman dikerjakan tiap minggu, sebab akar pohonnya belum terbentuk dengan sempurna, kecuali kalau kondisi cuaca tengah musim hujan.

Kamu harus melakukannya hingga pohon mangga berumur 8 minggu. Tak hanya itu, kamu juga perlu meletakkan ataupun menanam pohon mangga di tempat yang cukup cahaya matahari.

Paranet sering digunakan sebagai peneduh tanaman karena lebih murah dan praktis dipasang. Cek harga terbaru paranet disini.

4. Penyayatan

Maksud dari penyayatan sendiri yakni memberikan sayatan ataupun sedikit luka pada batang pohon mangga. Memang apa tujuannya?

Dengan pemberian luka pada batang pohon, proses distribusi hasil fotosintesis daun menuju akar bakal melambat. Dengan begitu karbohidrat bakal menumpuk di bagian cabang serta daun.

Kamu dapat membuat sayatan 10-20 cm pada batang pohon secara melingkar dengan maksud mengeluarkan getah pohon sebanyak mungkin. Sesudah disayat, kelupas batang pohon hingga kambiumnya hilang.

5. Basmi Hama dan Penyakit

Ketika musim hujan, umumnya pohon mangga cenderung lebih gampang terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu kesehatan pohon mangga harus diperhatikan, sebab hama bisa menghambat pertumbuhannya.

Kamu dapat memakai insektisida serta fungisida. Lalu hilangkan gulma serta buang tangkai yang ada benalunya, sebab benalu bisa menghambat penyaluran nutrisi.

5 Tips Merawat Pohon Mangga Supaya Cepat Berbuah, Penasaran? 5 Tips Merawat Pohon Mangga Supaya Cepat Berbuah, Penasaran? Reviewed by Pak Tani on September 22, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk