limcorporation
Subscribe Newsletter

Kenapa Belanda Bisa Menjadi Eksportir Pertanian Terbesar Kedua di Dunia?

Belanda merupakan negara kecil yang ada di bagian barat benua Eropa. Luas negara ini sekitar 41,5 ribu km2, sedikit lebih luas kalau dibandingkan dengan provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Namun di balik adanya keterbatasan yang mereka miliki, sektor pertanian di Belanda menunjukan banyak prestasi yang luar biasa hebat. Belanda sendiri menjadi eksportir produk pertanian terbesar ke 2 di dunia sesudah Amerika Serikat.

Baca Juga :

Hal itu bisa terjadi karena sektor pertanian Belanda sukses besar dalam mempertahankan keunggulannya di pasar internasional dengan cara terus berinvestasi dan berinovasi dalam produksi pertanian.

Melihat penjelasan diatas, memang apa sajakah hasil pertanian dan perkebunan negara belanda hingga menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia? Berikut beberapa daftarnya.

Gandum

Belanda mempunyai komoditas utama negara mereka yakni gandum. Gandum merupakan sekelompok tanaman serealia yang asalnya dari suku padi-padian yang kaya karbohidrat.

Gandum umum digunakan sebagai produksi tepung terigu, pakan ternak, atau difermentasi guna menghasilkan alkohol.

Bunga

Siapa yang tidak tahu bunga tulip? Bunga tersebut menjadi bunga nasional Belanda. Keindahan bunga tulip hanya bisa dilihat pada pertengahan April hingga dengan pertengahan Mei.

Selain tulip, banyak bunga lain yang terkenal di Belanda seperti contoh bunga Daffodil dan Hyancinth. Masing-masing bunga tersebut punya waktunya sendiri untuk bersemi serta mekar. Tapi, waktu tersebut tak berlangsung lama.

Keju

Negara Belanda juga terkenal dengan kejunya, atau dalam bahasa Belanda, keju artinya Kaas. Keju terpopuler asal negara tersebut adalah Gouda serta Edam.

Keju-keju yang berasal dari Belanda umumnya memiliki rasa manis dan kebanyakan dibuat berdasarkan resep yang sudah berusia ratusan tahun.

Plastik UV sering digunakan untuk greenhouse, atap pengeringan hasil panen, atau juga untuk kandang ternak. Cek harga terbaru plastik uv disini.

Sayuran

Salah satu hasil pertanian Belanda yang juga populer adalah sayuran, seperti contoh kentang, tomat, bawang, dan mentimun.

  • Kentang. Kentang merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang mempunyai umbi batang yang bisa dimakan.
  • Tomat. Tomat adalah salah satu tumbuhan yang punya siklus hidup singkat, dan bisa tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter.
  • Mentimun. Mentimun, timun, ataupun ketimun adalah tumbuhan yang buahnya bisa dimakan. Biasanya buahnya di panen saat belum masak.

Buah-buahan

Selain sayuran, salah satu hasil pertanian dan perkebunan Belanda yang tak kalah populer adalah buah-buahan seperti contoh apel, pir, dan jeruk.

  • Apel. Buah apel umumnya punya kulit berwarna merah saat matang, tapi bisa juga kulitnya berwarna hijau dan kuning.
  • Jeruk. Jeruk merupakan buah yang mempunyai bentuk yang bulat serta kulit berwarna oranye. Daging buahnya punya rasa masam yang segar.
  • Pir. Pir ialah buah berbentuk bel dengan perpaduan rasa manis serta masam. Pir kaya akan kandungan nutrisi.

Kalau dibandingkan dengan Belanda, negeri kita tentu mempunyai sumber daya alam yang lebih mendukung di sektor pertanian. Walau kekayaan alam tersebut masihlah menjadi potensi yang belum diolah secara maksimal.

Keterlibatan peran pemerintah, sektor swasta, serta lembaga pendidikan dalam aktivitas penelitian bidang pertanian sangatlah sangat dibutuhkan, supaya di Indonesia banyak lahir penemuan mutakhir layaknya yang dihasilkan Belanda. 

Kenapa Belanda Bisa Menjadi Eksportir Pertanian Terbesar Kedua di Dunia? Kenapa Belanda Bisa Menjadi Eksportir Pertanian Terbesar Kedua di Dunia? Reviewed by Pak Tani on September 08, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk