limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

Ingin Budidaya Bunga Krisan di Polybag? Ini Cara Mudahnya!


Menanam bunga krisan dalam polybag bisa dipraktikkan secara langsung sebab proses yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan hal yang harus diperhatikan dalam budidaya bunga ini yaitu proses perawatannya. Untuk pecinta bunga krisan dan masih pemula, jangan ragu untuk mencobanya. Mari langsung saja simak penjelasan cara budidaya bunga krisan dalam polybag di bawah ini.

Jenis tanaman hias bunga yang hadir dengan begitu indah salah satunya yakni bunga krisan. Tak hanya sekedar indah saja tetapi warna serta bentuk fisik yang dihadirkannya mampu membuat pecinta bunga terpikat. Bunga krisan ini, umumnya selalu hadir dalam dekorasi bunga dan selalu ada dalam rangkaian hiasan bunga. Sebab itulah bunga krisan sangat dibutuhkan sebagai penunjang hiasan interior dan juga eksterior.

Tanaman bunga ini sangat mudah dijumpai dimana saja dan bila Anda menginginkannya, Anda juga bisa menemukannya dengan mudah. Tetapi, akan lebih menarik dan menantang ketika Anda menanamnya sendiri. Apabila hasil proses menanam yang Anda lakukan berbunga dengan sempurna maka akan ada kepuasan tersendiri yang membuat Anda lebih sayang terhadap bunga Anda tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara untuk menanamnya.


Persediaan Yang Diperlukan

- Siapkan wadah polybag yang berukuran sedang dan perhatikan bagian polybag harus memiliki lubang supaya proses drainase bisa berjalan baik.
- Menyiapkan media tanam yaitu tanah yang dicampur dengan media lainnya seperti serbuk dari sabut kelapa dan gambut serta arang sekam dengan perbandingan 4:4:1. Anda juga bisa memakai campuran tanah dan sekam padi saja.


Proses Penanaman Bunga Krisan

Penanaman bunga krisan menggunakan polybag ini, lebih baik tak dikerjakan dengan ketinggian yang melebihi 5cm. Akan lebih efektif jika di dalam 1 polybag Anda menanam bibit sebanyak 5–6 saja. Tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya penghambatan pada pertumbuhan bunga dan juga supaya nantinya bunga bisa menghasilkan bentuk fisik yang lebih baik. Untuk teknik penanamannya, pada bibit pertama bisa diletakkan pada bagian tengah media dan yang lainnya bisa diletakkan mengelilingi biji yang berada di tengah dengan arah miring.

Proses Perawatan Bunga Krisan

1. Teknik Penyiraman
Proses penyiraman bunga krisan yang baik yaitu dengan menggunakan cara manual dan dapat juga dengan bantuan alat yang umum dipakai pada proses irigasi. Harus diperhatikan untuk kualitas kebersihan air dan usahakan menyiram pada media dan batang serta akarnya saja jadi jangan sampai terkena bagian daunnya.

Selain cara diatas, bisa juga dengan merendam polybag didalam air dengan ketinggian 5cm – 10cm. Kerjakan proses perendaman selama beberapa menit dan hal ini bertujuan agar kepiler air serta pupuk bisa berpindah ke atas. Metode irigasi tetes juga bisa diaplikasikan dengan menyambungkan selang pada polybag jadi air bisa menetes secara otomatis pada media.


2. Teknik Pemupukan
Supaya pertumbuhan tanaman bunga krisan ini bisa berjalan dengan sempurna maka pemberian pupuk sangat dibutuhkan. Untuk pemupukan Anda bisa memakai jenis pupuk yang mempunyai nilai ekonomis dan memiliki beberapa kandungan unsur sebagai berikut:
- MnSO4,4 H2O
- KNO4
- Kritalon Hijau
- Borak

3. Teknik Penyinaran
Wajib juga Anda perhatikan proses penyinaran, sebab proses inilah yang menunjang pertumbuhan tanaman bunga krisan Anda. Teknik penyinaran yang baik yakni dikerjakan selama 14 – 16 jam setiap harinya. Bisa juga dengan menggunakan lampu pijar yang mempunyai intensitas cahaya minimal sekitar 70 lux, dan harus dikerjakan sejak awal sampai kemudian tunas lateral bunga muncul setinggi 2cm – 3cm.

4. Teknik Pinching
Pinching merupakan teknik perawatan yang bisa dikerjakan untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga krisan yakni dengan membuang bagian pucuk terminal yang tumbuh dari bibit asalnya dan untuk bisa merangsang pertumbuhan tunas lateralnya yang ada pada bagian ketiak daunnya bisa dikerjakan dengan menggunakan tehnik ini.

5. Teknik Disbudding
Proses Disbudding ini juga merupakan salah satu teknik perawatan pada bunga krisan dengan cara membuang bagian bakal bunga yang tak sesuai dengan harapan. Tujuannya yaitu untuk membentuk bunga yang lebih baik dan sempurna.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui dari cara menanam bunga krisan dalam polybag. Dan ternyata teknik dalam pembudidayaan bunga cantik ini tidaklah serumit yang dibayangkan, asalkan niat dan mau meluangkan waktu maka Anda juga bisa menghasilkan bunga bunga krisan yang cantik.
Ingin Budidaya Bunga Krisan di Polybag? Ini Cara Mudahnya! Ingin Budidaya Bunga Krisan di Polybag? Ini Cara Mudahnya! Reviewed by Yoyon Oke on Maret 02, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk