limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

Mengenal Lebih Dekat Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat


Tanaman hias kumis kucing tumbuh pendek seperti semak-semak, serta mempunyai bunga berwarna putih, merah mudah, ataupun ungu, serta mempunyai benang sari yang menjuntai keluar dari kelopak bunganya sehingga berbentuk seperti kumis kucing.

Baca Juga :

Orthosiphon aristatus ataupun dikenal dengan nama kumis kucing termasuk tanaman dari famili Lamiaceae atau Labiatae. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa fakta unik soal tanaman kumis kucing yang Anda perlu ketahui.

Asal Usul Nama

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat serta kegunaan yang cukup banyak. Tak heran jika namanya memang dari Bahasa Indonesia.

Tanaman hias unik ini diberi nama kumis kucing, karena memang pada di sekeliling bunganya sekilas terlihat seperti kumis kucing yang panjang serta berwarna putih.

Hal tersebut membuat tanaman ini nampak lucu serta menggemaskan. Cocok dipelihara di dalam ataupun teras rumah.

Morfologi Tanaman

Batang dari tanaman kumis kucing berbentuk seperti segi empat dengan mempunyai permukaan yang hampir semuanya berbulu.

Meski begitu, bulu yang dimiliki tanaman kumis kucing tak terlalu lebat. Ada yang pendek, tapi ada pula yang tak mempunyai sama sekali.

Bentuk dari daun tanaman ini dapat dibilang ke dalam kategori tunggal. Mereka mempunyai bermacam bentuk, mulai dari oval, lonjong, sampai dengan belah ketupat.

Ciri dari bunga tanaman kumis kucing, ialah bentuk bunga tandan yang ada di bagian cabang dari tanaman tersebut.

Tanaman kumis kucing mempunyai kelopak yang dapat mengeluarkan kelenjar, berurat, serta pangkalnya terdapat bulu-bulu yang pendek.

Tempat Tumbuh

Kumis kucing banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia serta Brunei Darussalam serta di beberapa wilayah tropis Australia.
Butuh polybag untuk budidaya tanaman kumis kucing? Klik disini untuk cek harga.
Zat Terkandung

Kandungan kumis kucing antara lain mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus guna menurunkan kadar asam urat, fosfat, serta oksalat dalam tubuh.

Manfaat Untuk Kesehatan

1. Mengobati Gangguan Ginjal
2. Meredakan Batuk
3. Mengurangi Gatal Karena Alergi
4. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih
5. Membantu Proses Detoksifikasi
6. Mengobati Gusi Bengkak
7. Mengontrol Kadar Gula Darah
8. Anti Jamur
9. Atasi Rematik
10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Membuat Minuman dari Kumis Kucing

Untuk cara pertama dapat dengan menyiapkan 4-5 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih daun kumis kucing ini. Lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Jika sudah, air rebusan ini siap dikonsumsi sehari 3 kali.

Untuk cara yang kedua dapat dengan menyiapkan 50 gram daun kumis kucing. Kemudian daun ini dicuci serta diblender dengan air 150 ml. Saring airnya, kemudian diberi tambahan madu serta siap dikonsumsi. (Editor: A)
Mengenal Lebih Dekat Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat Mengenal Lebih Dekat Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat Reviewed by Pak Tani on Februari 05, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk