Tak Banyak Orang Tau! Ternyata, Ini Manfaat Lain dari Tanaman Hias

Apasih fungsi tanaman hias itu? Mungkin sebagian besar orang menjawab, fungsi tanaman hias pastinya digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah. Memang, jawabannya sama sekali tidak salah. Namun, tentunya tak selalu tentang estetika dan tampilan ruangan, sebab masih terdapat berbagai manfaat lain dari tanaman hias yang jarang sekali kita ketahui. Sebetulnya apa saja manfaat lain dari tanaman hias? Mari, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Menghilangkan Partikel Beracun dari Udara


Bukan hanya mampu menyegarkan mata, tetapi tanaman hias juga mampu menyegarkan pernapasan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa english ivy, bunga krisan, peace lily, dan berbagai spesies tanaman hias lainnya terbukti sangat ampuh menghilangkan partikel polutan dari udara.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat menyaring dan menghilangkan partikel polutan udara atau bahan kimia yang mengakibatkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan alergi.

2. Mengurangi Debu dalam Ruangan


Ketika musim kemarau yang kering, membuat debu cenderung lebih mudah bertebaran. Untuk solusinya yaitu menggunakan tanaman indoor yang bisa melepaskan 95%-97% air yang dikandungnya ke udara. Sebab kadar air ini akan menciptakan kelembaban yang mampu menangkap dan menyerap debu dalam ruangan.

Terlebih lagi komposisi air dari tanaman hias tentu saja menyeimbangkan tingkat kelembaban udara, terutama di tengah teriknya musim kemarau. Bisa dikatakan bahwa tanaman hias merupakan air purifier sekaligus air humidifier yang alami dan ekonomis.


3. Mengusir Nyamuk


Pada wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia, nyamuk tentunya sudah menjadi teman sehari-hari kita. Umumnya, senjata utama untuk membasmi teman menyebalkan satu ini yaitu menggunakan spray pembasmi nyamuk. Namun sangat disayangkan, kebanyakan spray pembasmi nyamuk masih mengandung bahan kimia berbahaya yang kurang baik untuk kesehatan keluarga.

Oleh sebab itu, daripada memakai spray pembasmi nyamuk, kenapa tak coba menanam tanaman pengusir nyamuk yang sudah jelas kealamiannya? Caranya cukup dengan memajang tanaman seperti selasih dan geranium yang dibenci nyamuk, rumah akan terbebas dari gangguan serangga penghisap darah ini.

4. Menurunkan Tingkat Kebisingan


Tak banyak yang tahu jika tanaman mampu membiasakan gelombang suara ke dalam ruangan. Mungkin saja ini merupakan hal baru bagi sebagian besar orang. Contoh tanaman indoor yang mampu menurunkan tingkat kebisingan dengan cara menyerap gelombang suara yaitu tanaman rubber plants dan weeping fig. Dengan memelihara tanaman berdaun lebar ini di dalam rumah, Anda akan merasakan ketenangan dari hiruk pikuk kota di luar sana.

5. Menetralisir Bau Tak Sedap


Bau tak sedap di rumah pastinya sesekali Anda rasakan. Misalnya saja bau dari makanan busuk, dari kamar mandi, ataupun dari hewan peliharaan. Jika dibandingkan dengan menggunakan pengharum ruangan berbahan kimia, jauh lebih baik jika Anda memanfaatkan parfum alami dari tanaman.

Contohnya, Anda bisa menempatkan tanaman hias seperti lidah mertua, bunga mawar, dan peace lily untuk menjaga udara tetap segar dan wangi. Tanaman jenis ini sama efektifnya dengan penyegar ruangan manapun, tanpa bahan kimia apa pun.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak


Susah tidur atau insomnia sering Anda alami? Ingat, jangan langsung minum obat tidur! Tak hanya bisa mengakibatkan ketergantungan, konsumsi obat berlebihan juga sangat tidak baik untuk tubuhmu.

Oleh sebab itu, bisa Anda coba menempatkan tanaman seperti lavender atau bunga melati di dalam kamar. Aroma dari tanaman berbunga ini mampu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, serta mengurangi kecemasan, stres, dan rasa sakit yang biasa mengganggu tidur. Adanya tanaman ini di dalam kamar, bisa dipastikan tidur Anda akan lelap seperti bayi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Jenis tanaman hias seperti devil’s ivy sudah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Berdasarkan studi ilmiah, salah satu bangunan kantor di India yang terdapat lebih dari 1.200 tanaman devil’s ivy merupakan bangunan paling sehat. Bila dibandingkan dengan pekerja di bangunan lain, karyawan kantor Parharpur menunjukkan tingkat penyakit harian yang jauh lebih rendah.

Mnurut penelitian, dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan juga bisa membantu Anda meningkatkan kelembapan absolut serta membantu mencegah tersebarnya virus flu.

8. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi


Kadar CO2 yang berlebihan di dalam ruangan bisa membuat Anda mudah lelah, letih, dan lesu. Dengan kondisi tersebut pasti sangat mengganggu kelancaran aktivitas dan menurunkan tingkat produktivitas Anda. Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan, CO2 akan terserap dan tergantikan oleh O2 yang diperlukan tubuh, membuat Anda bisa kembali fokus melanjutkan apapun pekerjaannya.

Sebuah studi oleh The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris, bahwa siswa yang menghadiri kelas dengan tanaman indoor menunjukkan 70% hasil belajar yang lebih baik. Jadi sudah terbukti bahwa keberadaan tanaman di dalam ruangan bisa secara efektif meningkatkan fokus belajar siswa.

9. Meredakan Flu & Batuk


Penyakit flu dan batuk bisa disembuhkan dengan tanaman hias jenis eucalyptus. Sebab eucalyptus bisa berfungsi sebagai dekongestan alami yang mempunyai efek melegakan. Batuk berdahak, pilek, hidung mampet pun akan kembali lega jika menghirup aruma dari eucalyptus ini. Ada beberapa hasil penelitian juga menyebutkan bahwa kombinasi khusus eucalyptus, ekstrak jeruk nipis, dan pinus bisa digunakan untuk membantu mengatasi bronkitis.

10. Menjaga Kesehatan Mental


Sebab tanaman mempunyai bentuk yang begitu cantik, ditambah warna hijaunya yang alami, serta aroma segar langsung dari alam akan memancarkan getaran positif bagi kehidupan kita. Hal ini menjadi alasan mengapa sekedar melihat atau menghirup aroma tanaman di meja kerja dinilai mampu memelihara kondisi mental manusia dari desakan kesibukan sehari-hari.

11. Mengurangi Stress


Untuk tanaman yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat yang sudah diketahui sejak dahulu. Akan tetapi, sudahkah Anda tahu jika lidah buaya mampu menjadi air purifier alami lho! Sebab tanaman ini bisa membantu membersihkan udara dari kandungan formaldehida dan benzena. Selain itu tanaman lidah buaya ini juga cocok diletakan dalam ruangan untuk menambah kecantikan dan estetika, sekaligus mengurangi stres akibat pekerjaan atau penatnya hidup.

12. Memberikan Kesan Classy


Tak hanya memberikan efek positif untuk kesehatan dan kebahagiaan penghuninya, tetapi manfaat tanaman bunga lainnya sendiri juga memberikan efek elegan pada ruangan. Adapun salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan adalah sirih gading. Supaya tampil lebih menawan letakan pada gelas kaca dan berisi air. Tanaman ini menjadi pilihan terbaik sebab tergolong cukup mudah untuk dirawat, walaupun pada media tanam seadanya.
Tak Banyak Orang Tau! Ternyata, Ini Manfaat Lain dari Tanaman Hias Tak Banyak Orang Tau! Ternyata, Ini Manfaat Lain dari Tanaman Hias Reviewed by Yoyon Oke on Januari 15, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.