Cara Membuat dan Merawat Bonsai Serut, Gampang Banget!

Mulai bosan dengan tanaman hias yang konvensional dan ingin membuat taman hunian Anda tampil berbeda? Mungkin Anda bisa beralih dari tanaman hias biasa ke tanaman bonsai. Mengingat harga dari tanaman bonsai lumayan mahal, jadi tak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri.

Adapun jenis tanaman bonsai yang bisa Anda coba buat sendiri yaitu tanaman bonsai serut. Arti dari bonsai serut yaitu tanaman bonsai yang mempunyai dedaunan berwarna kehijauan serta batang dahan dan bonggol yang berwarna keputihan. Dan pohonnya mempunyai daun berukuran kecil serta buah yang berukuran sangat kecil berwarna kehijauan dan juga bisa berbunga.

Karakter Bonsai Serut

Bonsai serut adalah jenis tanaman yang menggugurkan daun atau meranggas. Memang beberapa vegetasi mempunyai karakter meranggas atau menggugurkan semua daunnya pada saat tertentu, umumnya pada musim kemarau. Aktivitas tersebut juga terjadi pada bonsai serut dan tujuannya yaitu mengurangi kebutuhan air.

Dengan demikian, apabila suatu saat bonsai serut milik Anda yang sehat dan subur tiba-tiba kehilangan daunnya, jangan khawatir sebab hal ini sangatlah alami. Apabila iklim di sekitarnya sudah bersahabat, perlahan pucuk-pucuk daun segar akan mulai tumbuh lagi. Keunggulan dari tanaman bonsai serut lainnya yaitu usia tanaman yang bisa mencapai hingga ratusan tahun selama Anda melakukan perawatan dengan baik dan benar. Dan jika semakin tua usia dari bonsai yang Anda punya, maka semakin mahal juga harganya di pasaran. Penasaran kan dengan langkah-angkah membuat bonsai serut, berikut ini penjelasannya khusus untuk Anda.


1. Memilih dan Mempersiapkan Bonggol atau Bakalan dari Bonsai Serut


Sebetulnya bonggol atau bakalan dari pohon bonsai serut bisa Anda peroleh dengan gampang di tempat penjualan benih tanaman, dengan begitu Anda sudah bisa memperoleh bakalan bonsai serut yang baik. Terdapat beberapa cara yang harus Anda kerjakan sebelum menanam bakalan bonsai serut.

Tahap awal pangkaslah seluruh daun pada bonggol dengan gunting khusus dan juga akar yang berlebihan pada bakalan bonsai untuk mengontrol pertumbuhan akar dari bonsai serut milik Anda nantinya. Selanjutnya cuci akar dari bonggol bonsai serut sampai bersih dengan air kemudian akar dari bonggol bonsai diolesi perangsang pertumbuhan akar secara merata.

2. Persiapkan Media Tanam yang Baik untuk Bonsai Serut


Untuk media tanam yang Anda perlukan guna menanam bonsai serut tak sama dengan tanaman hias pada umumnya. Supaya tanaman bonsai tumbuh dengan baik, Anda harus mempersiapkan media tanam khusus. Adapun komposisi media tanam yang dianjurkan untuk menanam pohon bonsai serut yaitu dengan mencampur tanah gunung, tanah humus, dan juga pupuk kandang dengan perbandingan komposisi rata 1:1:1. Dengan komposisi media tanam seperti ini akan membantu bonsai serut bertumbuh dengan baik tanpa kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi dan unsur hara pada media tanam.

3. Proses Adaptasi Bonggol Bonsai Serut


Apabila media tanam dan juga bonggol sudah siap, langkah selanjutnya tanam bonggol bonsai serut ini pada wadah seperti pot besar yang sudah terisi media tanam tadi. Anda harus memberikan waktu untuk bonggol ini tumbuh dan beradaptasi dengan media tanam yang baru sebelum bisa Anda bentuk dengan kawat stainless steel.

Sesudah akar perlahan mulai tumbuh dan umur dari bakalan bonsai serut ini sudah cukup dewasa Anda bisa mulai melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu membentuk tanaman bonsai.

4. Membentuk Bonsai Serut dengan Kawat Lilit Stainless Steel


Membentuk bonsai serut yang sudah dewasa, Anda membutuhkan kawat lilit dari bahan stainless steel atau kawat lainnya asalkan kawat yang digunakan tak mudah putus dan berkarat. Untuk ukuran dari kawat yang dipakai minimal berdiameter 3mm.

Lilitkan kawat mulai dari bagian bonggol sampai ke bagian dahannya untuk membentuk bonsai serut. Bentuk pola lilitan kawat sesuai keinginan Anda dan lakukan proses ini dengan sangat hati-hati supaya dahan dari bonsai serut yang sedang Anda bentuk tidak patah. Kemudian berikan waktu yang cukup untuk bonsai serut supaya bisa tumbuh dan mulai terbentuk sesuai dengan pola yang sudah Anda bentuk menggunakan kawat.

Setelah proses ini hingga akhirnya lilitan kawat tersebut dilepas secara perlahan, ada proses perawatan bonsai harus Anda perhatikan. Nah berikut ini cara perawatan tanaman bonsai serut yang wajib Anda ketahui.

A. Cahaya Matahari yang Cukup


Bonsai serut ini sama seperti bonsai beringin dan bonsai yang lainnya. Dari awal proses penanaman dan pembentukan, Anda bisa meletakkan bonsai di tempat yang tak terkena sinar matahari secara langsung tetapi cukup untuk berfotosintesis atau bisa juga memakai peneduh seperti jaring paranet. Jika tanaman bonsai sudah cukup dewasa dan kuat, Anda bisa meletakkannya di area yang terkena sinar matahari langsung.

B. Sirami Secara Rutin


Sama halnya dengan tanaman hias pada umumnya, tanaman bonsai serut juga perlu disirami secara rutin. Lakukan penyiraman pada bonsai serut sekali sehari dengan jumlah secukupnya. Dan pastikan media tanam bonsai serut tetap lembap serta tidak terlalu basah.

C. Pemupukan Bonsai Serut


Agar bisa memenuhi nutrisi dari bonsai serut, Anda harus memberikan pupuk pada tanaman bonsai serut. Perhatikan dalam pemberian pupuk sebab tanaman bonsai sangat sensitif dengan nutrisi yang terlalu berlebihan.

D. Pemangkasan


Bukan hanya itu, perawatan khusus dari bonsai serut yaitu pemangkasan daun. Pemangkasan daun ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan daun supaya bisa tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.

E. Perlindungan terhadap Hama


Selain tanaman biasa yang terserang hama, tetapi selama menanam bonsai serut Anda juga mungkin akan menghadapi masalah hama dan juga penyakit tanaman. Maka dari itu, selalu sedia pestisida dalam perlengkapan outdoor dan taman. Hama yang umumnya menyerang bonsai serut yaitu kutu daun yang bisa memicu pertumbuhan cendawan jelaga.

Apabila terdapat cendawan jelaga yang menutupi pucuk daun bonsai serut maka akan mengakibatkan daun bonsai berubah menjadi hitam. Oleh karena itu, lakukan penanganan dengan menyemprotkan penyiram tanaman yang berisi insektisida dan juga fungisida secara berkala. Nah itulah beberapa langkah-langkah menanam dan merawat bonsai serut yang bisa Anda coba dan kreasikan sendiri dirumah.
Cara Membuat dan Merawat Bonsai Serut, Gampang Banget! Cara Membuat dan Merawat Bonsai Serut, Gampang Banget! Reviewed by Yoyon Oke on Januari 30, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.