limcorporation
Subscribe Newsletter

6 Negara dengan Teknologi Hidroponik Terbaik di Dunia, Indonesia Masuk?


Hidroponik artinya budidaya tanaman yang memanfaatkan air serta tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam ataupun soilles. Hidroponik sendiri berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang artinya air serta ponos yang artinya daya. Sistem ini pula dikenal sebagai soilless culture ataupun budidaya tanaman tanpa tanah.

Baca Juga :

Bertanam dengan teknik hidroponik dalam dunia pertanian bukan termasuk hal yang baru. Banyak negara-negara selain Indonesia yang menggunakan teknik ini guna budidaya mereka. Ingin tahu negara mana saja yang menjadi negara dengan teknologi hidroponik terbaik di dunia? Simak penjelasan berikut.

Belanda

Selama bertahun-tahun, teknologi hidroponik sudah berkembang guna memenuhi berbagai kebutuhan di semua dunia. Beberapa negara, seperti Belanda, yang diakui dunia memproduksi beberapa produk terbaik tanaman hidroponik dengan teknologi tinggi yang digunakan secara luas baik di dalam negeri serta wilayah eropa.

Berbagai macam Bunga hidroponik di Belanda diproduksi masal serta kemudian diterbangkan di semua dunia guna memenuhi permintaan global. Fasilitas Hidroponik Belanda ialah bangunan terbesar di dunia, Industri perumahan amat penting untuk negara yang luar biasa ini.

Perancis

Jauh ke selatan, di Perancis, dinamika yang sama sedang bekerja. Fasilitas penelitian yang disponsori pemerintah melakukan berbagai eksperimen dengan budidaya hidroponik.

Petani di daerah sekitarnya berlaku hidroponik guna produksi tanaman serta kemudian peternakan ini dibandingkan dengan peternakan tanah tradisional guna tumbuh spektrum tanaman.

Teknik hidroponik secara konsisten mengungguli pengolahan tanah dengan pertumbuhan yang lebih cepat, hasil yang lebih tinggi serta lebih baik kualitas produk.

Kualitas tanaman dijaga serta diawasi dengan ketat keseluruhan kualitas makanan di Perancis sehingga punya reputasi yang amat baik. Teknik hidroponik yang mendapatkan bantuan antara masyarakat serta petani.

Inggris

Inggris menawarkan contoh lain dari pemerintah bekerja sama dengan petani. Salah satu prestasi yang paling signifikan dalam teknologi hidroponik berasal dari Inggris dekade lalu - penemuan NFT (Nutrient Film Technique) - yang pertama dari Teknik hidroponik.

Budidaya air mengacu pada budidaya tanaman tanpa media tanah (yaitu, tak ada kerikil, perlit, lumut, chip kayu ataupun Rockwool). Dengan menghilangkan media tanah, amat berkurangya masalah dalam hal pengelolaan media tanam. perubahan nutrisi serta pH lebih mudah dikendalikan.

Australia

Jauh di tanah tandus lain sulit guna menumbuhkan di sebagian besar wilayah, hidroponik sekali lagi mempercepat sebagai sarana penting guna produksi tanaman. Australia sudah menempatkan teknologi hidroponik guna bekerja selama beberapa dekade.

Hari ini hasil hidroponik mereka diekspor ke negara-negara Pacific Rim tetangga mereka di utara, serta Jepang, di mana selada hidroponik Australia digunakan guna garnishing McDonald Big Mac.

Australia sudah benar-benar terfokus pada negara-negara tetangga Rim Pasifik mereka, yang hanya terjadi guna menjadi pasar yang tumbuh tercepat guna menghasilkan hidroponik serta teknologi di dunia saat ini. Sebuah tanaman favorit untuk petani Australia ialah stroberi, yang kini banyak ditanam dalam teknik hidroponik.

Kanada

Sangat menakjubkan guna berpikir bahwa banyak Canadian California supermarket dengan tomat tumbuh ketika California menghasilkan sepertiga dari hasil di Amerika Serikat, serta Amerika Serikat menghasilkan minyak ketiga pasokan pangan dunia.

Kanada ialah pemasok penting dari sayuran hidroponik ke Amerika Serikat. Meskipun demikian, banyak dari tomat musim dingin, mentimun serta paprika manis yang tersedia di supermarket Amerika ditanam secara hidroponik di Kanada.

Jepang

Jepang ialah negara canggih dalam hal teknologi. Teknologi canggih tersebut tak hanya dalam menciptakan robot serta otomotif saja namun pula dalam hal pertanian. Salah satu contohnya ialah budidaya hidroponik di Jepang yang menggunakan Teknik canggih. Kebanyakan pertanian hidroponik Jepang menggunakan teknologi LED.

Hal itu dikarenakan pertaniannya dilakukan di dalam gedung sehingga minim sinar matahari. LED itulah yang bisa menggantikan sinar matahari serta bisa membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu, teknologi LED ini bisa menghasilkan sayuran 100x lebih banyak dibanding proses penanaman secara konvensional biasa.

Bagaimana dengan Indonesia?

Sayangnya, Indonesia masih belum masuk dalam daftar ini. Namun saat ini, sudah banyak orang yang mencoba membudidayakan tanaman mereka dengan sistem hidroponik. Sistem tanam hidroponik memang belum begitu populer di Indonesia. Karena bagi orang Indonesia, beberapa sistem tanam hidroponik cukup sulit serta membutuhkan biaya besar.

Sehingga dipilihlah beberapa saja dari sistem tersebut. Setidaknya ada 6 sistem tanam hidroponik yang sering dipraktekkan orang Indonesia untuk kebun hidroponik mereka. Sistem tanam tersebut antara lain Wick System, Water Culture, Ebb and Flow, Drips System, NFT / Nutrient Film Technique, serta Aeroponik. (Editor: A)
6 Negara dengan Teknologi Hidroponik Terbaik di Dunia, Indonesia Masuk? 6 Negara dengan Teknologi Hidroponik Terbaik di Dunia, Indonesia Masuk? Reviewed by Yoyon Oke on Januari 28, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk