sobat!

4 Cara Simple Membedakan Nangka dengan Cempedak, Awas Keliru!


Indonesia adalah negara yang kaya bakal buah-buahan tropisnya yang segar serta enak. Di antaranya ada buah nangka serta cempedak.

Kedua buah ini tentu menjadi buah kesukaan banyak warga sebab rasanya yang begitu manis serta aromanya yang harum.

Dari segi rasa, aroma, serta bentuk buah nangka maupun cempedak hampir terasa sama. Kedua buah itu pula menjadi buah yang khas di Indonesia.

Baca Juga :

Nangka bisa dijumpai dengan mudah di banyak wilayah, sedangkan cempedak hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah saja seperti Kalimantan, Irian serta Sulawesi.

Ngomong soal nangka serta cempedak, meski keduanya nampak cukup serupa, keduanya tentu ialah buah yang berbeda. Apa saja perbedaan tersebut? Cek dibawah!

Duri, Kulit dan Daun

Kulit pada nangka memiliki duri yang cukup tajam. Ketika telah matang pun, warnanya tetap hijau. Namun, tekstur daun nangka lebih halus serta bersih.

Sedangkan, kulit cempedak memiliki duri yang cenderung tumpul. Bahkan nampak seperti titik-titik saja.

Ketika telah matang, kulit cempedak bakal berubah warna menjadi kuning. Tak hanya itu, daun cempedak lumayan kasar serta terdapat bulu-bulu.

Bentuk Fisik

Dari segi bentuk, nangka serta cempedak hampir nampak sama, yakni lonjong. Namun, bentuk lonjong pada nangka lebih beraturan.

Berbeda dengan bentuk lonjong pada cempedak yang lumayan berlekuk-lekuk serta tak beraturan.

Tak hanya itu, ukuran nangka lebih beragam, mulai dari yang kecil hingga amat besar. Sedangkan, cempedak umumnya berukuran lebih kecil dibanding dengan nangka.

Aroma Buah

Kedua buah ini pula memiliki karakter aroma yang berbeda. Aroma pada nangka cenderung lembut serta manis. Jadi, aromanya tidak menyengat saat tercium.

Sedangkan, aroma cempedak cukup kuat serta menyengat seperti durian. Bahkan, aroma cempedak bisa tercium sebelum dibelah.

Tekstur Daging
Atas Nangka, Bawah Cempedak
Bentuk buah nangka lebih ramping, memanjang, serta berwarna kuning. Tekstur dagingnya pun lebih besar, padat serta berserat dibanding buah cempedak. 

Sedangkan, cempedak memiliki tekstur serta warna daging seperti durian, buahnya lebih lembek dan kecil. Teksturnya lebih lembut serta lumer di mulut. Warnanya pun cenderung kuning muda serta cerah. (Editor: A)
4 Cara Simple Membedakan Nangka dengan Cempedak, Awas Keliru! 4 Cara Simple Membedakan Nangka dengan Cempedak, Awas Keliru! Reviewed by Gardener on Januari 30, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

dari telah membeli
Rating Pembeli :
Beli juga!

Chat
Now