limcorporation
Lihat Info Terbaru Hari Ini

6 Fakta Unik Burung Walet, Si Kecil Tropis yang Punya Sarang Mahal


Burung walet merupakan hewan terbang yang punya bentuk sayap runcing, ekor panjang dengan dominan tubuh warna hitam. Sebagian orang, umumnya orang Asia pasti tak asing lagi dengan burung walet ini.

Burung yang biasa hidup di wilayah tropis ini hanya dapat dijumpai di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Thailand Vietnam, serta negara-negara Asia Tenggara lain.

Baca Juga :

Hal tersebut diakibatkan burung walet cuma dapat hidup dengan kondisi wilayah dengan curah hujan tinggi, makanya mereka hanya dapat hidup di tempat beriklim tropis.

Burung walet mempunyai nama latin yaitu Apodidae. Ngomong-ngomong soal walet, berikut beberapa fakta unik burung walet yang bakal menambah wawasan kamu. Simak yuk!

Tidak Dapat Mematuk

Burung ini tak dapat mematuk walaupun mempunyai paruh. kalau mau makan, burung yang satu ini biasanya langsung menyambar makanan seperti serangga yang sedang terbang.

Bahan Dasar Sarangnya


Fakta burung walet selanjutnya ialah burung yang satu ini membuat sarang menggunakan air liurnya. Tanpa ada campuran bahan apapun, jadi 100% murni dari air liur walet saja.

Biasanya burung walet membangun sarangnya di langit-langit gua ataupun langit-langit gedung tinggi untuk menghindari ancaman predator yang dapat merusak sarang tersebut.

Punya Sayap yang Kuat

Meski tubuhnya tak terlalu besar, namun sayapnya begitu kuat, sehingga hewan yang satu ini bisa terbang dalam radius yang sangat jauh. Sayap walet berbentuk yang runcing dan bisa terbentang hingga 18 cm.
Cari paranet murah untuk kandang sarang walet? Cek harganya disini.
Mati Jika Lama Dikurung

Burung walet bakal mati kalau terlalu lama dikurung. Untuk itu, sebagai seorang peternak tak disarankan untuk tak terlalu lama mengurung hewan tersebut di dalam kandang.

Walet harus sering-sering dikeluarkan untuk menghirup udara segar. Idealnya, burung walet hanya dapat bertahan hidup 5 ataupun 6 hari sesudah dikurung.

Memiliki Kaki yang Lemah

Berbeda dengan sayapnya yang sangat kuat, justru kaki burung walet sangat lemah sehingga tak dapat menopang tubuhnya sendiri.

Dengan kondisi kaki yang seperti ini membuat burung walet tak dapat bertengger di pohon ataupun kabel listrik dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, untuk menangkap serangga walet tak menggunakan kakinya namun menyambar seperti serangga terbang yang sedang lewat.

Seputar Sarang Walet

Sarang walet tidak hanya sebagai tempat menyimpan telur saja, namun juga dapat diolah menjadi makanan ataupun minuman yang menyehatkan tubuh manusia.

Sarang burung walet mengandung sejuta manfaat serta sudah banyak dibuktikan berdasarkan hasil penelitian.

Tapi tahukah kamu? Harga sarang burung walet itu sangat mahal sekali. Makin bagus kualitasnya, tentu bakal makin mahal harganya.

Karena mahalnya sarang walet, membuat orang berniat untuk membudidayakannya hingga menjualnya baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. (Editor: A)
6 Fakta Unik Burung Walet, Si Kecil Tropis yang Punya Sarang Mahal 6 Fakta Unik Burung Walet, Si Kecil Tropis yang Punya Sarang Mahal Reviewed by Pak Tani on Februari 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

dari telah membeli
Rating Pembeli :

Cek Produk