Mengulik Khasiat dari 8 Tanaman Rempah Untuk Obat Alami! Mau Tau?


Rumah akan tampak asri saat ditanami banyak tumbuhan baik di bagian pekarangan ataupun dalam ruangan. Misalnya buah-buahan, tanaman berdaun, sampai bunga bisa dijadikan pilihan. Ya, mungkin saja tak banyak disadari, dari sekian banyak tumbuhan yang hidup di pekarangan ada tanaman herbal yang berguna sebagai obat alami.

Pengertian tanaman herbal sendiri yaitu tumbuhan berupa daun, bunga, atau lainnya yang mengandung zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit. Sering sekali tanaman ini disebut sebagai tanaman obat keluarga sangat beragam jenisnya. Khasiat dan manfaat dari tanaman ini juga sangat beragam, mulai dari menyembuhkan flu hingga penyakit serius lainnya.

Sesudah dipetik atau dipanen, tumbuhan-tumbuhan obat herbal tersebut kemudian diolah sedemikian rupa untuk digunakan. Dengan demikian, yuk mulai cari tanaman herbal tersebut di pekarangan Anda! Siapa tahu ada banyak tanaman yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat keluarga. Nah, apa saja ya? Ayo simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

8 TANAMAN OBAT HERBAL DARI REMPAH-REMPAH

Rempah-rempah adalah bahan dasar dari obat tradisional ala Indonesia atau sering disebut jamu. Berbagai tanaman herbal alias tanaman toga ini juga sering berada di halaman atau kebun mungil rumahan. Dan sering sekali dijadikan bumbu masakan, ini dia beberapa khasiat dari 8 nama tanaman rempah yang bisa dikembangkan sendiri di rumah:
Baca Juga: Ternyata Tanaman Bunga dan Daun Ini Berguna Untuk Obat Alami Loh!
1. Kunyit


Kunyit atau sering disebut turmeric dalam bahasa Inggris. Sering dijadikan pewarna alami untuk nasi tumpeng atau nasi kuning, rempah kunyit ini sering dijadikan pewarna alami untuk nasi tumpeng atau nasi kuning. Rasa serta aroma kunyit di dalam makanan begitu khas, begitu juga saat ia dijadikan bahan membuat jamu siap minum. Cukup banyak manfaat dari tanaman herbal satu ini, diantaranya:
* Menghilangkan bau badan;
* Membunuh virus;
* Menurunkan tekanan darah yang tinggi
* Menyembuhkan radang gusi;
* Membantu mengembalikan siklus menstruasi
* Mengurangi rasa gatal;
* Meredakan demam.

Mengonsumsi rempah kunyit yang sudah dihaluskan dan kemudian rebus dengan air untuk merasakan manfaatnya yang maksimal.

2. Kencur


Kencur juga merupakan tanaman herbal yang sering diubah menjadi jamu. Si mbok jamu menyajikan kencur dalam bentuk minuman dengan campuran air beras. Untuk rasanya sendiri sungguh nikmat dan menghangatkan. Tentunya beberapa di antara kalian sering mengonsumsinya kan? Benar, khasiat dan manfaat dari rempah tanaman herbal ini banyak sekali ternyata, beberapa di antaranya ialah:
* Sakit kepala
* Masuk angin
* Batuk dan flu
* Sakit perut karena mulas dan diare
* Keseleo dengan mengompreskan kencur tumbuk
* Membersihkan darah kotor
* Mencegah batu ginjal.

3. Kayu Manis


Jenis rempah lain yang umumnya bisa dikembangkan di rumah serta dipanen sendiri yaitu kayu manis. Mencampurkan tanaman herbal satu ini sebagai bumbu masakan bisa menambah aroma yang menggugah selera. Kayu manis juga sering dipakai untuk campuran minuman seperti wedang dan juga teh manis. Dicampur madu tentu akan membuat minuman dengan kayu manis jadi lebih terasa sedap.

Ada banyak sekali kandungan baik yang terdapat dalam kayu manis. Diantaranya yaitu anti inflamasi, anti infeksi, anti mikroba, antioksidan, polifenol, zat besi, kalsium, dan juga mangan. Karena adanya kandungan tersebut, kayu manis bisa bermanfaat sebagai obat tradisional keluarga untuk:
* Mencegah sakit jantung;
* Mencegah kanker;
* Mengurangi peradangan (sendi dan lainnya);
* Meringankan perut kembung;
* Mengurangi rasa nyeri akibat rematik;
* Mengobati infeksi saluran pernafasan.
Baca Juga: Mengenal Echinacea Purpurea, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Untuk Tubuh!
4. Jintan Hitam


Sobat petani, pernah dengar soal habbatusauda? Obat herbal ini disebut-sebut dipakai oleh Nabi Muhammad SAW untuk pengobatan di zaman dulu. Habbatusauda sendiri dikenal sebagai jintan hitam di Indonesia. Adapun manfaat dari tanaman herbal jintan hitam antara lain adalah:
* Pereda nyeri
* Sebagai anti bakteri, anti radang, maag, hipertensi, anti bakteri, virus, dan jamur
* Mencegah gangguan imun
* Obat diabetes, kanker usus besar, anomali pada saluran pencernaan, alergi, dan juga asma.

Umumnya di pasaran obat alami dan herbal ini dijual dalam bentuk kapsul. Di dalam kapsul tersebut berisi butiran jintan hitam dan juga minyak. Untuk rasanya memang sedikit aneh dan membekas, tetapi khasiatnya luar biasa baik. Oleh karena itu, menanam jintan hitam dan mengolahnya untuk dikonsumsi akan sangat baik deh untuk kesehatanmu!

5. Kapulaga


Biasanya rempah kapulaga ini dimanfaatkan sebagai bumbu masak untuk makanan timur tengah. Bukan hanya itu ternyata manfaatnya. Buah, batang, sampai akar dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk membuat obat herbal keluarga yang alami.

Kapulaga disebut-sebut mempunyai manfaat diuretik yaitu, melancarkan keluarnya air seni sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Pada sisi lain, tanaman herbal kapulaga bagian biji dimanfaatkan untuk mengatasi:
* Hipertensi karena bisa melancarkan sirkulasi darah;
* Susah buang air besar dan diare;
* Gangguan pencernaan.

6. Jahe


Menghangatkan diri di tengah udara dingin seperti sekarang ini bisa dikerjakan dengan mengonsumsi minuman jahe hangat. Di Indonesia sendiri, jahe banyak dibudidayakan dengan berbagai macam jenis. Bahkan menumbuhkan tanaman herbal ini di halaman rumah juga bisa dilaksanakan.

Beberapa jenis jahe tersebut antara lain jahe kuning, jahe merah, dan juga jahe gajah. Bukan hanya menghangatkan tubuh, jahe juga mempunyai manfaat untuk kesehatan seperti:
* Meringankan nyeri perut ketika menstruasi;
* Mengatasi sakit perut, diare, muntah, dan mual ketika hamil
* Meredakan nyeri dada, sakit punggung bawah, dan nyeri otot
* Mengobati masalah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas.
Baca Juga: Tips Membuat & Menyimpan Minuman Empon-Empon yang Baik dan Benar, Mau Tau?
7. Temulawak


Temulawak mempunyai bentuk seperti kunyit tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Tanaman herbal yang satu ini sering diubah menjadi obat penambah nafsu makan untuk anak-anak. Nama lain dari tumbuhan ini sendiri yaitu curcuma. Beberapa manfaat lain dari temulawak ialah:
* Mengatasi pegal badan
* Obat masalah perut seperti maag, kembung, dan diare
* Membantu pencegahan penggumpalan
* Anti radang
* Obat sakit kuning.
Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI
8. Lengkuas


Siapa sangka lengkuas atau biasa disebut laos juga tergolong dalam tanaman obat rumahan? Salah satu jenis umbi-umbian yang tergolong rempah ini umumnya dipakai sebagai bumbu memasak. Adapun beberapa manfaat tanaman herbal lengkuas antara lain:
* Menurunkan demam
* Meningkatkan jumlah sperma
* Memperlancar pencernaan
* Menyembuhkan sakit perut serta muntah
* Menurunkan kolesterol
* Mencegah kanker dan tumor

Untuk Anda yang ingin menanam dan membudidayakan tanaman herbal di atas, cukup sediakan lahan yang cukup di rumah. Tak ada lahan yang terlalu besar? Anda bisa kok menanam dan berkebun di atas lahan seluas 1 meter persegi. Gimana caranya? Anda bisa dengan menyiapkan Polybag, harga polybag sendiri tak begitu mahal. Sudah banyak tersedia di toko pertanian dan juga di toko-toko online lainnya.
Mengulik Khasiat dari 8 Tanaman Rempah Untuk Obat Alami! Mau Tau? Mengulik Khasiat dari 8 Tanaman Rempah Untuk Obat Alami! Mau Tau? Reviewed by Yoyon Oke on Oktober 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.