Mau Buka Usaha Kedai Kopi? Coba Pahami 5 Persiapan Jitu Ini


Usaha kedai kopi saat ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Terdapat berbagai macam kedai, mulai dari kedai dengan kopi sachet sampai kopi mahal buatan para barista, semuanya menjadi pasar empuk pecinta kopi. Anda juga yang tak bisa hidup tanpa seduhan kopi setiap harinya, akhirnya tertarik juga untuk membuka kedai kopi sendiri.

Selama Anda mempunyai niatan yang kuat dan modal yang cukup, punya kedai kopi sendiri bukan lagi mimpi. Tetapi, apa saja ya yang harus dipersiapkan? Pahami 5 persiapan berikut supaya bisnis kedai kopimu bisa berjalan lancar.

1. Menentukan Target Konsumen

Dalam menentukan target konsumen jangan sampai Anda melakukan secara asal-asalan. Sebab, merekalah yang akan menjadi pemanis dalam bisnis kedai kopimu alias sebagai pemberi untung! Untuk itu cari tahu dulu, kira-kira target pasar mana yang akan Anda bidik?

Apakah para mahasiswa yang suka kopi dengan harga terjangkau namun tetap asik buat nongkrong? Atau mungkin para pekerja kantoran yang biasa meeting dengan klien di kafe? Jika Anda sudah menentukan target konsumen, barulah bisa menentukan konsep kedai kopimu, dan juga menentukan lokasi beserta harganya.

2. Memilih Konsep Kedai Kopi yang Unik

Harus pertimbangan secara matang sebelum menentukan konsep kedai kopi yang akan Anda buka. Sebab nantinya, konsep tersebut akan menjadi identitas dari kedai kopimu. Apabila tak mempunyai konsep yang unik, jangan berharap mampu bersaing dengan kedai kopi lain yang jumlahnya seabrek.

Apalagi, jika Anda berencana membukanya di kota besar. Salah satu contoh kedai kopi yang bisa bertahan lama yaitu kedai kopi yang dibubuhi dengan semangat nasionalisme. Contohnya nih, Anda membuka kedai kopi tubruk sederhana dan lebih merakyat. Yang disajikan di sini juga kopi lokal jadi membuat cita rasa Indonesia semakin kental. Nah, konsep seperti inilah yang akan lebih bertahan lama sebab ada keunikan yang dijual.

3. Pandai-pandai Mencari Lokasi

Apabila sudah menentukan konsep dan target konsumen, saatnya mempertimbangkan lokasi kedai kopi. Apa Anda memilih lokasi di pinggir jalan dengan biaya sewa yang cukup mahal? Atau memilih lokasi yang sedikit nyempil dengan harga sewa yang cukup murah?

Jika Anda memutuskan untuk memilih di pinggir jalan besar, maka akan memengaruhi harga kopi. Sebab tarif sewa yang mahal, maka harga segelas kopi yang dijual akan ikutan mahal. Namun beda cerita jika membukanya di tempat dengan sewa yang murah. Anda juga bisa menjualnya dengan harga murah juga.

Baca Juga:


Sebetulnya, kedai kopi yang dibuka jauh dari hiruk pikuk sekalipun tetap bisa ramai pengunjung lho. Asalkan Anda pandai mengemas konsep kedai kopimu sebagai destinasi wisata. Contohnya saja, membukanya di atas bukit dengan pemandangan yang indah. Dengan demikian, para pelanggan akan ada pengalaman tersendiri ketika datang ke kedai kopimu yang tak ditemukan di tempat lain.

Umumnya ada beberapa tempat duduk untuk para pelanggan kedai kopi dibiarkan terbuka tanpa dinding, hanya diberi bagian atap saja. Tujuannya agar biaya pembuatannya lebih murah, namun terkadang para pelanggan ada yang tidak suka. Alasannya juga beragam, salah satunya yaitu panas karena terkena sinar matahari. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir ini suhunya cukup tinggi yaitu sekitar 33°C-35°C.


Nah, untuk mengatasinya yaitu dengan pemberian jaring paranet di bagian dindingnya agar sinar matahari yang mengenai tempat duduk pelanggan bisa lebih teduh. Sebab fungsi utama paranet disini yaitu untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk. Berikut contoh pemberian paranet pada kedai kopi.


4. Memilih Penyedia Bahan Baku Kopi

Dalam membuka kedai kopi cukup besar tantangannya. Sebab sudah banyak penikmat kopi yang tahu betul seluk-beluk kopi, Anda tak bisa sembarangan memilih bahan baku kopi. Karena pelanggan akan memilih kedai kopi yang menawarkan kopi terbaik, sebaiknya Anda lebih selektif.

Carilah jenis kopi yang sesuai dengan konsep kedai kopi yang akan Anda usung. Jika sudah menemukannya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa penyedia bahan baku yang bisa dipilih.

Bila ada dua produsen kopi yang sama-sama berkualitas, jangan gampang tergoda pada produsen yang menawarkan harga paling murah, pertimbangkan juga ongkos kirimnya. Dan jangan-jangan malah lebih mahal dari harga kopi dari produsen yang satunya lagi?



5. Persiapkan Modal

Mempersiapkan modal merupakan hal yang paling vital sebelum membuka kedai kopi sendiri. Kembali lagi pada konsep kedai kopi yang akan diusung. Tetapi, bila Anda memilih konsep sederhana, modalnya tak terlalu banyak kok.

Apabila mempunyai modal sekitar Rp 5 juta-Rp 10 juta, Anda bisa membeli peralatan seperti mesin penyeduh kopi, grinder, peralatan saji, saringan, dan lainnya. Kemudian bagaimana dengan furnitur dan dekorasi ruangan? Anda bisa menyiapkan modal sesuai dengan konsep yang dipilih. Bisa menghabiskan mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Dan modal ini belum termasuk sewa tempat yang berbeda-beda di setiap lokasi. Dengan demikian, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp 5 juta sampai puluhan juta untuk menyewa tempat selama satu tahun.

Dengan modal segitu, kira-kira mampu meraup keuntungan berapa, ya? Hal inilah yang sulit untuk dipastikan sebelum usia bisnismu mencapai satu tahun. Untuk gambaran, bila Anda menjual satu gelas kopi dengan harga Rp 15 ribu, laba kotor per harimu mencapai Rp 1,5 juta. Dengan catatan mampu menjual 100 gelas kopi setiap harinya.

Sudah cukup jelas bukan 5 persiapan membuka kedai kopi sendiri yang bisa Anda lakukan ini? Asalkan ada niat, kreativitas, serta modal, niscaya bisnis kedai kopimu akan sukses.

Demikian pembahasan artikel tentang “Mau Buka Usaha Kedai Kopi? Coba Pahami 5 Persiapan Jitu Ini”, semoga bermanfaat.

Kami Lim Corporation menyediakan dan melayani pemesanan serta pembelian Plastik Pertanian & Perkebunan, dengan harga murah dan bahan yang berkualitas. Info lebih lanjut mengenai produk silakan hubungi admin kami pada hari dan jam kerja via:
Phone: 031–8830487
SMS/CALL/WA: 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3
Mau Buka Usaha Kedai Kopi? Coba Pahami 5 Persiapan Jitu Ini Mau Buka Usaha Kedai Kopi? Coba Pahami 5 Persiapan Jitu Ini Reviewed by Yoyon Oke on November 18, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.